PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN HIRAGANA UNTUK KELAS X BAHASA DAN BUDAYA DI SMAN 1 SERIRIT

Authors

  • Ida Bagus Komang Sudarma .
  • Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd .
  • I Kadek Suartama, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v2i1.4109

Abstract

Kompetensi atau kemampuan menulis urutan penulisan, konsonan dan vokal rangkap, dan bentuk huruf Hiragana di SMA Negeri 1 Seririt adalah masih rendah. Rendahnya kompetensi tersebut diduga karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran yang berdampak pada rendahnya prestasi belajar bahasa Jepang (kriteria kelulusan minimum = 77 ). Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk media presentasi pembelajaran. Untuk menghasilkan produk media presentasi pembelajaran tersebut, digunakan pendekatan penelitian pengembangan dengan model 4D (Define-Design-Development-Dissemination). Subjek uji coba pengembangan adalah 35 orang siswa kelas X Bahasa dan Budaya tahun pelajaran 2014/2015 SMA Negeri 1 Seririt. Data dikumpulkan melalui wawancara, pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Data dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan statistik inferensial teknik uji-t. Hasil penelitian menemukan bahwa rancang bangun terbagi menjadi storyboard, purwarupa berdasar-komputer I, dan purwarupa berdasar-komputer II. Persentase kualitas produk menurut ahli media adalah = 91,5% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran = 92% dengan kualifikasi sangat baik, ahli konten = 98,3% dengan kualifikasi sangat baik, dan ahli bahasa Indonesia= 86,7% dengan kualifikasi baik. Uji coba perorangan diperoleh persentase 75,3% dengan kualifikasi baik, uji coba kelompok kecil = 80,4% dengan kualifikasi baik, dan uji coba lapangan = 80,57% dengan kualifikasi baik. Melalui uji-t diperoleh thitung = 12,47 > ttabel = 2,03, yang berarti H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media presentasi pembelajaran Hiragana berbasis multimedia efektif meningkatkan kemampuan menulis Hiragana siswa kelas X Bahasa dan Budaya.
Kata Kunci : media presentasi pembelajaran, menulis Hiragana

Students skills to draw stroke order, to write consonant and vowel cluster, to correspond the proportional form of Hiragana in SMA Negeri 1 Seririt was still low. It was suspected due to lack of utilization of instructional media which was considered could foster learning effectiveness. By that matter, learning otcomes became low (minimum marks requirement = 77). Therefore, this research was conducted with aim to produce instructional presentation media. To construct it, 4D approach (define-design-development-dissemination) was used. Participants of the developmental testing were 35 graders of class X Bahasa dan Budaya academic year 2014/2015 of SMA Negeri 1 Seririt. Data were collected by using interview, documenting, questionnaire, and test. Data thus analyzed by using quantitative descriptive, qualitative descriptive, and inferential statistic with t-test technique. The research outcomes shows that 3 types of prototype had developed, such as storyboard, computer-based prototype I, and computer-based prototype II. The quality according to media expert appraisal is 91.5% with excellent qualification, instructional design expert = 92% with excellent qualification, instructional content expert = 98.3% with excellent qualification, and Indonesian language expert = 86.7% with good qualification. Afterward, percentage from one-to-one testing = 75.3% with good qualification, small group testing = 80.04% with good qualification, and field testing = 80.57% with good qualification. From t-test, tcount = 12.47 > ttable = 2.03, that means H0 is rejected. As conclusion, the use of instructional presentation media of Hiragana significantly affects the writing skill of Hiragana of class X Bahasa dan Budaya graders.
keyword : instructional presentation media, writing Hiragana

Published

2014-10-24

How to Cite

., I. B. K. S., ., P. D. A. A. G. A., & ., I. K. S. S. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN HIRAGANA UNTUK KELAS X BAHASA DAN BUDAYA DI SMAN 1 SERIRIT. Jurnal Edutech Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v2i1.4109

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>