PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL LUTHER DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DI SMP NEGERI 5 NEGARA

Ni Kadek Tina Pirgayanti ., Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd ., Luh Putu Putrini Mahadewi, S.Pd .

Abstract


Sampai saat ini hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Negara belum memuaskan. Salah satu indikasinya adalah capaian rerata hasil belajar IPS sebesar 67 yang masih di bawah angka nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) nasional yang ditetapkan sebesar 75%. Salah satu faktor yang diduga menjadi penyebab belum memuaskan hasil belajar tersebut adalah masih relative minimnya sumber belajar multimedia yang tersedia di sekolah tersebut. Atas dasar kondisi tersebut, maka dilakukan penelitian pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dengan harapan agar hasil belajar mata pelajaran IPS lebih meningkat. Bertitik tolak dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan desain pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, (2) mengetahui kualitas produk multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPS, (3) mengetahui efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Luther. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode pencatatan dokumen,kuesioner, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pencatatan dokumen, angket, dan perangkat tes/ soal.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menemukan bahwa (1) desain pengembangan multimedia interaktif yang menghasilkan flowchart dan storyboard; (2) kualitas validitas multimedia pemebalajaran interaktif menurut review ahli isi mata pelajaran adalah 98%,review ahli desain pembelajaranadalah 88%, review ahli media pembelajaran adalah 81,25%, uji coba perorangan adalah 82%, uji coba kelompok kecil adalah 88,5%, dan uji coba lapangan adalah 99%, sehingga secara umum multimedia pembelajaran interaktif yang dihasilkan dalam penelitian ini dikategorikan baik atau valid; (3) hipotesis penelitian menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, multimedia interaktif yang dihasilkan dalam penelitian dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar IPS di SMP Negeri 5 Negara dengan perolehan thitung=16,05>ttabel = 1,993. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinyatakan valid dan efektif dalam pembelajaran mata pelajaran IPS untuk siswa kelas VIII semester genap di SMP Negeri 5 Negara, Jembrana Bali.
Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia, Model Luther, IPS

The learning outcomes of the VIII grade students at SMP Negeri 5 Negara especially in social science subject were not yet satisfactory. One of the indications that show this phenomenon was avarege of the students social science learning outcomes wich was 67 that still under the National Minimum Completeness Standard (KKM) which was 75%. One factor that suspected as the cause of this problem was the availability of multimedia learning sources which were still minimal at SMP Negeri 5 Negara. On the basis of that problem, the researcher conducted a research in developing an interactive learning multimedia in order to be able to increased students social science learning outcomes. furthemore, this research was inteded to (1) describe the design of the interactive learning multimedia development, (2) find out the quality of the social science interactive learning multimedia product, (3) recognize the efectivity of the use of the social science interactive learning multimedia for the VIII grade even semester students in the academic year 2013/2014. This research was using Luther model. Methods of data collection used in this study were document study, questionnaire, and test. The intruments of the data collection were document study, questionnaire, and test. Technigues of data analysis were descriptive qualitative analysis, descrivtive quantitative and statistic inferential analysis (t-test). The result of the study showed that (1) the disgn of the interactive multimedia develovnment which resulted in flowchart and storyboard, (2) the quality on the validity of the interactive learning multimedia accordiing to the review of the subject content expert was 98%, the review of the learning design expert was 88%, the review of the learning media expert was 81,25%, individual tryout was 82%, the small groups tryout was 88,5%, and the field tryout was 99%. Based on these result, the interactive learning multimedia was chategorized as good or valid in general, (3) Research shows that the hypothesis Ho denied and H1 received. Therefore, the interactive learning multimedia which develoved was effectively increasad the students social science learning outcomes in SMP Negeri 5 Negara with tcount = 16,05 >ttable = 1,993. According to the result of the study, it can be concluded that the interactive learning multimedia developed on this study was valid and effective to be taught to the students especially to teach social science subject for the VIII grade even semester students in SMP Negeri 5 Negara, Jembrana Bali.
keyword : Development, multimedia, Luther model, social science

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v3i1.4955

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF file view : 236 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

                 

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Berasosiasi dengan:

 

ASOSIASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by: