PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW (THINK, TALK, WRITE) BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Gede Satya Narendra Arya ., Dra. Desak Putu Parmiti,MS ., Drs. Nyoman Wirya .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP N 3 Sawan antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think,Talk,Write) dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VIII di SMP Negeri 3 Sawan yaitu kelas VIII.A1 sampai dengan kelas VIII.A8 yang totalnya berjumlah 242 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan teknik undian. Dari hasil pengundian tersebut didapat kelas VIII A.5 dengan 35 orang siswa untuk kelas eksperimen dan kelas VIII.A7 dengan 32 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Penghitungan hasil belajar secara manual diperoleh hasil t hitung sebesar 173,25 Harga t tabel taraf signifikasi 5% adalah 1,980. Jadi harga t hitung lebih besar daripada harga t tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indoensia antara kelompok siswa belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think,Talk,Write) berbantuan multimedia interaktif dan kelompok siswa yang belajar mengunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII semester genap di SMP N 3 Sawan tahun pelajaran 2014/2015 . Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think,Talk,Write) berbantuan multimedia interaktif (26,77) lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional (19,84). Dapat disimpulkan model pembelajaran tipe TTW (Think, Talk, Write) berperngaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : TTW (Think,Talk,Write), Hasil Belajar, dan Multimedia

This study aims at finding a significant difference on the results of eight grade students’ Bahasa Indonesia learning outcomes in SMP N 3 Sawan between a group of students treated cooperative learning model TTW (Think, Talk, Write) and another group of students dealing with conventional learning models. The population was the entire class VIII of SMP Negeri 3 Sawan, namely from Class VIII.A1 to Class VIII.A8 which amounted to 242 students. The sampling is done by lottery random sampling. From the results of the draw, it was obtained that A.5 Class VIII consisting of 35 students was the experimental class and Class VIII.A7 consisting of 32 students was the control class. Data were analyzed using quantitative descriptive analysis. From the learning outcomes it was acquired that the result of t observed was 173.25. The value of t table in significance level 5% was 1.980. Therefore, the value of t observed was bigger in amount than the one in t table, so that H0 was rejected and H1 was accepted. Thus, there was a significant diversity to the Bahasa Indonesia learning results between a group of students treated interactive multimedia-assisted cooperative learning model type TTW (think, talk, write) and another group given conventional learning model on students of eighth grade second semester in SMP N 3 Sawan academic year 2014/2015. The average score of the learning results of experimental students was higher in amount (26.77) than the control class (19.84). Therefore, it could be concluded that the learning the TTW (Think, Talk, Write) learning model affects students’ learning results.
keyword : experimental, interactive multimedia, TTW method, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by:

 Crossref