Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berbicara pada Anak Kelompok B
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.31416Keywords:
Instrumen, keterampilan bicara, pengembanganAbstract
Rendahnya kualitas penilaian keterampilan berbicara anak menyebabkan evaluasi yang dilakukan di sekolah kurang optimal dan pembelajaran keterampilan berbicara belum optimal dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian keterampilan berbicara pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan model yaitu model RDR (Research, Development, Research) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Tahapan model RDR terdiri dari 2 tahap yaitu research (studi pendahuluan), dan development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian keterampilan berbicara pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak. Lembar kuesioner dirancang berdasarkan kisi-kisi dengan jumlah pernyataan 10 butir. Jenis pernyataan yang digunakan terdiri atas pernyataan positif dan negatif. Pilihan penyataan yang diisi oleh guru menggunakan skala likert. Pengujian validitas instrumen penilaian ini dilakukan melalui uji validitas isi dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas instrumen yang dihasilkan valid berkualitas baik dan siap untuk digunakan dalam melakukan evaluasi dan penilaian keterampilan berbicara anak. Dengan adanya instrumen yang valid dan mempunyai kualitas baik, diharapkan dapat membantu penilaian yang dilakukan guna mengefisienkan pembelajaran.
References
Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961
Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331
Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) Kelas VIII semester gasal. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1449–1463.
Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi asam basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1380–1389.
Arianto, A. (2018). Model Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyinak dan Berbicara. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 48. http://dx.doi.org/10.31332/ai.v13i1.879 DOI: https://doi.org/10.31332/ai.v13i1.879
Asep, K. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (p. 401). http://repository.syekhnurjati.ac.id/3334/
Ayu, N. M. L., Tirtayani, L. A., & Abadi, I. B. G. S. (2019). Evaluasi Program PAUD Inklusi di Kota Denpasar Ditinjau dari Hasil Belajar dan Perencanaan Program Lanjutan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 57–67. http://dx.doi.org/10.23887/paud.v7i1.18747
Ayuandia, N., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2017). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE KARYAWISATA PADA ANAK KELOMPOK B LAB SCHOOL PAUD UNIB KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 2013–2015. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.2.1.33-38
Budiwanto, S. (2017). Metode Statistika: Untuk Mengolah Data Keolahragaan. Metode Statistika, 1–191.
Delvia, R., Rifma, R., Rahmi, U., & Zuleni, E. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN BERCERITA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 3(4), 1022–1030. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.230 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.230
Dewi, N. P. A. S., Tirtayani, L. A., & Suniasih, N. W. (2019). Efektivitas Program PAUD Inklusi di Kota Denpasar Ditinjau dari Aspek Konteks. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 57–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v7i1.18731 DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18747
Hamid, M. A. (2016). Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar siswa berbasis tik pada pembelajaran dasar listrik elektronika. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i1.822
Hardiani, I. N. (2017). Pengembangan instrumen penilaian sikap sosial pembelajaran IPS kelas IV SD. E-Journal Mitra Pendidikan, 1(6), 615–628. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hidayati, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Kelas V Sd Padurenan II di Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 83. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.83-95 DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.83-95
Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252–259. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959
Inteni, K. A. S., Candiasa, I. M., & Suarni, N. K. (2013). Pengembangan instrumen tes objektif pilihan ganda yang diperluas berbasis web untuk mata pelajaran TIK kelas XI SMAN di Kabupaten Karangasem. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, Vol 3(5).
Maharani, N. M. A. P., Ardana, I. K., & Putra, D. K. N. S. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 25–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v7i1.18742 DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18742
Maulida, I., Dibia, I. K., & Astawan, I. G. (2020). The Development of Social Attitude Assessment Instrument and Social Studies Learning Outcomes Grade IV on Theme of Indahnya Keragaman di Negeriku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 12. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823 DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823
Nurhafizah, N. (2018). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN BAHAN SISA Nurhafizah. Jurnal Pendidkan: Early Childhood, 2(2), 1–10. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288
Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121
Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885 DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885
Rukmana, I. S., & Suyadi, S. (2020). POLA PELAYANAN LEMBAGA PAUD INKLUSI BERBASIS ISLAM DAN PSIKOLOGI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) USIA 2-6 TAHUN. Jurnal Tunas Cendekia, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24256/tunas%20cendekia.v3i2.1531
Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan penilaian sikap dengan teknik observasi , self assessment , dan peer assessment pada pembelajaran tematik kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 45–51.
Widianti, I. A. K. S., Suarni, N. K., & Asril, N. M. (2015). Penerapan metode bercerita dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v3i1.6010
Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979 DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979