Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Seksual Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Ni Made Risa Arsani Arsa
  • Putu Rahayu Ujianti
  • I Gede Astawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33681

Keywords:

Buku Cerita Bergambar, Pemahaman Seksual

Abstract

Abstrak

Rendahanya pemahaman tentang pendidikan seksual bagi anak usia dini, orang tua semata, lingkungan (teman, sekolah, professional, pemerintah, dan komunitas sekitar) juga berperan dalam perkembangan pemahaman anak akan organ maupun perilaku seksual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media buku cerita bergambar pemahaman seksual yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi ahli materi dan ahli media. Uji validitas ahli materi dilakukan dengan 1 orang ahli materi dan 1 orang dosen ahli media yang memiliki keahlian di bidangnya. Metode analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar yang dikembangkan layak digunakan. Hasil validasi ahli materi masuk ke dalam kategori layak dengan jumlah rata-rata keseluruhan 4. Hasil validasi ahli media masuk ke dalam kategori sangat layak dengan jumlah rata-rata keseluruhan 4,63. Maka, buku cerita bergambar layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu meningkatkan pemahaman seksual pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak.

References

Adhimah, S. (2020). Peran orang tua. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.30762/f. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618

Agustin, M. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Asmariani. (2016). Konsep Media Pembelajaran Paud. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108. DOI: https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108

Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Astami, N. W. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Menyimak Kelompok B TK Gugus II Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 206. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18996. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18996

Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327

Dewi, N. P. D. S. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Empati Anak Kelompok B1 TK Tunas Daud Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 78–87. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18761. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18762

Dewi, Y. A. S. (2018). Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B RA Riyadlul Jannah Wrati Kejayan Pasuruan. PROCEEDING: The 3rd Annual International on Islamic International Education, 3. https://doi.org/10.31219/osf.io/equkr. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/equkr

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson And Learning Studies, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321

Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Halim, D. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216

Hamid, M. A., Permata, E., Aribowo, D., Darmawan, I. A., Nurtanto, M., & Laraswati, S. (2020). Development of cooperative learning based electric circuit kit trainer for basic electrical and electronics practice. Journal of Physics: Conference Series, 1456(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1456/1/012047. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1456/1/012047

Hapsari, R. A., & Hafidah, R. (2021). Perbandingan Pemahaman Seks Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau dari Penerapan Pendidikan Seks. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2078–2084. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1363. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1363

Hidayah, N., & Rohmatillah, R. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Islami Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembelajaran Membaca di SD/MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 27. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2668. DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2668

Hinga, I. A. T. (2019). Pencegahan kekerasan seksual pada anak melalui edukasi kesehatan reproduksi berbasis media pada murid sekolah pendidikan anak usia dini. Gemmasika, 3(1), 83–98. https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.395. DOI: https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.395

Irsyad, M. (2019). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Elementary :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 73 – 86. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1374. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1374

Kurniawati, R. T. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634. DOI: https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634

Kurniyawati, S. U., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gawai Pada Pembelajaran PPKn Kelas 3 SD/MI Di Masa Pandemi Covid-19. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 159–171. https://doi.org/10.30651/else.v5i2.7099. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v5i2.7099

Noviasri, R. (2020). Perancangan Buku Cerita Bergambar “Petualangan Anak Pesisir: Ksatria Masin” Sebagai Media Pengenalan Makanan Khas Gresik Untuk Anak-Anak. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 12(2), 34–40. https://doi.org/10.31937/ultimart.v12i2.1440. DOI: https://doi.org/10.31937/ultimart.v12i2.1440

Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 110–115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296.

Oktarina, N., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 110–115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296. DOI: https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296

Pratiwi. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak Dengan Menginsersi Budaya Lokal Dalam Tema Kegemaranku Untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(03).

Puspitasari, F. D. A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Serat Wulangreh Pupuh Pangkur Untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Kota Semarang. Journal of Javanese Learning and Teaching, 5(2), 17–25. https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601. DOI: https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601

Ratnasari, E. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Rosiyanah, R., Yufiarti, Y., & Meilani, S. M. (2020). Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 941–956. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.758. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.758

Rosvita, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Berbasis Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Rokania, VI(1), 23–34. https://doi.org/10.37728/jpr.v6i1.368.

Setiawan, I., Abdulaziz, M. F., Billiandri, B., Dharmawan, D. B., & Parista, V. S. (2020). Pencegahan Pelecehan Dan Kekerasan Pada Anak Melalui Pendampingan Pertahanan Diri Berbasis Nilai-Nilai Karakter Konservasi Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Gunungpati Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 238–244. https://doi.org/10.15294/abdimas.v24i3.21992.

Sitorus, C. J. (2019). Quo Vadis,Perlindungan Hukum Terhadap Korban Pelecehan Seksual Di Kampus. Lex Scientia Law Review, 3(1), 30–39. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/lslr/.

Soesilo, T. D. (2021). Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 47–53. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p47-53. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p47-53

Sumaryanti, L. (2020). Menumbuhkan minat baca anak MI / SD dengan media buku bergambar seri. Journal Basic Of Education, 4(2), 173–183. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2699. DOI: https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2699

Susan, S. K. (2021). Analisis Konten Buku Cerita “Aku Sayang Tubuhku” sebagai Media Pendidikan Seksual untuk Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 3(2), 93–105. https://doi.org/10.37411/jecej.v3i2.572.

Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 02(02), 141–152. https://doi.org/10.36764/jc.v2i2.157.

Vindaswari, R. F. (2018). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Berbasis Nilai-Nilai Kepedulian Bagi Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3), 148. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.661. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.661

Wajdi, F., & Arif, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak Sebagai Upaya Pemahaman Dan Menghindari Pencegahan Kekerasan Maupun Kejahatan Seksual Namun Kenyataannya. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.130. DOI: https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.130

Wicaksono, G. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Interaktif Terhadap Kemampuan Siswa Menemukan Isi Cerita. Joyful Learning Journal, 9(4), 224–229. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i4.40868. DOI: https://doi.org/10.15294/jlj.v9i4.40868

Wiranata, I. G. L. A. (2020). Penerapan Positive Parenting Dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat Kepada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 82–88. https://doi.org/10.25078/pw.v5i1.1362. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Zeptyani, & Wiarta. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 69–79. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.24740.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Arsa, N. M. R. A., Ujianti, P. R., & Astawan, I. G. (2021). Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Seksual Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 156–164. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33681

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)