Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar

Komang Ming Kristya

Abstract


Sampai saat ini belum ada penelitian meta-analisis terbaru khususnya mengenai pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di jenjang SD. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian meta-analisis jurnal nasional untuk melihat peranan penggunaan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali peranan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di SD. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode meta-analisis. Sampel dalam penelitian berupa artikel yang telah dipublikasikan secara nasional kususnya pada jenjang SD di Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi sumber sekunder berupa artikel yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik yang digunakan adalah analisis besar atau effect size. Hasil yang didapat bervariasi mulai dari yang terkecil, yaitu 0,28; sedang, yaitu 0,64 dan 0,73; dan besar yaitu, 1,08. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SD memiliki effect size yang bervariasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dituliskan implikasi pendekatan saintifik terhadap hasil Bahasa Indonesia siswa SD adalah sangat penting untuk mempersiapkan proses pembelajaran.


References


Arafat, Y. (2018). Efektivitas Penerapan Pendekatan Saintifik Mata Kuliah Bahasa Indonesia Di Stai Al Falah Banjarbaru. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 18(1), 58–69. http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/54

Artini, N. P. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Bermediakan Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 91–100. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/18557

Asta, I. K. R., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2015). Pengaruh pendekatan saintifik dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5637

Asterhan, C. S., & Schwarz, B. B. (2016). Argumentation for Learning: Well-Trodden Paths and Unexplored Territories. Educational Psychologist, 51(2), 164–187. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00461520.2016.1155458

Bermawi, Y., & Fauziah, T. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 63–71. http://www.e-repository.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7533

Budiyanto, M. A. K., Waluyo, L., & Mokhtar, A. (2016). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran di pendidikan dasar di Malang. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 13(1), 46–51.

Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan Lks Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-BiRuNi,’ 05(1), 83–93. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.108

Faizah, U. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria, 5(1), 24–38. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p24-38

Heka, A. J. L. (2017). Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Bidang Kesehatan Dan Pendidikan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 17(01). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/16658/16175

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena.

Lavi, R., Tal, M., & Dori, Y. J. (2021). Perceptions of STEM alumni and students on developing 21st century skills through methods of teaching and learning. Studies in Educational Evaluation, 70, 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101002

Lobczowski, N. G., Allen, E. M., Firetto, C. M., A, J. A. G., & Murphy, P. K. (2020). An exploration of social regulation of learning during scientific argumentation discourse. Contemporary Educational Psychology, 63, 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101925

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898

Mulyati, Y. (2015). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD.

Ningrat, S. P., & Sumantri, M. (2019). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 145–152. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/index

Nurdiana, N., & Asiyah, S. (2020). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kupang. Al Manar: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–12. https://scholar.google.com/citations?user=dbjDItcAAAAJ&hl=id&oi=sra

Oktaviari, P. M., Kristiantari, M. R., & Ardana, I. K. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Portofolio Dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vb. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7134

Parnata, I. M. B. A., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Ditinjau Dari Karakteristik Pertanyaan Guru Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IV SDN Desa Peguyangan. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5167

Permatasari, E. A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3884

Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. . . JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(1), 59–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.112

Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. Bengkulu. Universitas Bengkulu. https://www.researchgate.net/profile/eko-risdianto/publication/332415017_analisis_pendidikan_indonesia_di_era_revolusi_industri_40/links/5cb4509b4585156cd7993519/analisis-pendidikan-indonesia-di-era-revolusi-industri-40.pdf

Rovers, S. F. E., Clarebout, G., Savelberg, H. H. C. M., & van Merriënboer, J. J. G. (2018). Improving student expectations of learning in a problem-based environment. Computers in Human Behavior, 87, 416–423. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.02.016

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kharisma Putra Utama.

Salim, A. (2014). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama islam (pai) di madrasah. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(1), 33–48. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/362

Sampson, V., & Clark, D. B. (2011). A comparison of the collaborative scientific argumentation practices of two high and two low performing groups. Research in Science Education, 41(1), 63–97. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs11165-009-9146-9

Setiawan, A., Mujianto, G., & Asihono, D. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa kelas VII dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan saintifik dalam kegiatan lesson study. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 164–180. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.7177

Sung, E. (2017). The influence of visualization tendency on problem-solving ability and learning achievement of primary school students in South Korea. Thinking Skills and Creativity, 26, 168–175. https://doi.org/doi:10.1016/j.tsc.2017.10

Suryanatha, K. A., Ganing, N. N., & Made Putra, M. P. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Menulis Pada Bahasa Indonesia. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7186

Wiratni, N. M. Y., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Pertanyaan Produktif Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis (Bahasa Indonesia) Pada Tema Cita-Citaku Siswa Kelas IV Di SDN Peguyangan. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5014

Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan saintifik untuk mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa SD. Metode Didaktik Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 13(2), 87–98. https://www.researchgate.net/profile/Aan-Yuliyanto/publication/334201041_pendekatan_saintifik_untuk_mengembangkan_karakter_disiplin_dan_tanggung_jawab_siswa_sekolah_dasar/links/5dbedad792851c818026b4d5/pendekatan-saintifik-untuk-mengembangkan-karakter-dis

Yuwono, B. (2016). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran di pendidikan dasar di Malang. In Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 46–51. https://adoc.pub/implementasi-pendekatan-saintifik-dalam-pembelajaran-di-pend.html




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v2i1.36389

Article Metrics

Abstract view : 311 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.