Korelasi Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40193Keywords:
Pendampingan Orang tua, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Matematika adalah salah satu pelajaran yang sangat penting diajarkan kepada siswa. Namun dalam masa pandemi Covid19 ini sistem pendidikan menerapkan pembelajaran daring yang mana segala proses pembelajaran dilakukan dirumah dengan bantuan jaringan dan teknologi, sehingga peran orang tua dalam proses belajar anak dirumah sangat berpengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan yang signifikan antara pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring dengan hasil belajar Matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian expost-facto. Populasi penelitian yang digunakan sebanyak 329 orang tua siswa, sedangkan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 122 orang tua siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode non tes berupa kuesioner, studi dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan analisis uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji liniearitas. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh terdapat korelasi antara pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar Matematika dengan rxy = 0,674 dengan kontribusi sebesar 56,8% dan sisanya sebesar 43,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai rhitung>rtabel pada taraf signifikansi 5% = 0,176. Maka dari itu, H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring dengan hasil belajar Matematika siswa di kelas VI SD.
References
A’yun, Q., Prihartanti, N., & Chusniatun. (2015). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Jurnal Indigenous, 13(2), 33–40. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/indigenous.v13i2.2601.
Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.639. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639
Atmojo, S. E., Muhtarom, T., & Lukitoaji, B. D. (2020). The level of self-regulated learning and self-awareness in science learning in the covid-19 pandemic era. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 512–520. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.25544. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.25544
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871
Fauzyah, G. A. H., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh pendampingan orang tua pada pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 197–206. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081. DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.15872
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Garad, A., Al-Ansi, A. M., & Qamari, I. N. (2021). The role of e-learning infrastructure and cognitive competence in distance learning effectiveness during the covid-19 pandemic. Cakrawala Pendidikan, 40(1), 81–91. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.33474. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.33474
Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568
Hidayat, M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas IX IPS Di MAN Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p103-114. DOI: https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p103-114
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256. DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Juanda, A., Shidiq, A. S., & Nasrudin, D. (2021). Teacher Learning Management: Investigating Biology Teachers TPACK to Conduct Learning During the Covid-19 Outbreak. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 48–59. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.26499. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.26499
Koyimah, E. (2016). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN di Gugus KI Hajar Dewantara Kabupaten Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Mulyanti, B., Purnama, W., & Pawinanto, R. E. (2020). Distance learning in vocational high schools during the covid-19 pandemic in West Java province, Indonesia. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(2), 271–282. https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2.24640. DOI: https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2.24640
Ningrum, W. R. (2018). Pengaruh Peranan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129–137. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.273.2016. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.273.2016
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932. DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.
Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320. DOI: https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320
Pratiwi, P., Ardana, I. K., & Kristiantari, R. (2018). Hubungan Antara Motivasi Ekstrinsik dengan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(2), 114–121. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2932.
Putra, I. P. P. B. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2020). Determinasi Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Baca. International Journal of Elementary Education, 4(1), 26. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24330. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24330
Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Jurnal of Islamic Education, 1(1), 124–140. DOI: https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12
Rosana, D., Ramadani, M., & Dewi, K. (2017). The Instrument for Assessing the Performance of Science Process Skills Based on Nature of Science (NOS). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(3), 435–445. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.14731. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.15534
Sangsawang, T. (2020). An instructional design for online learning in vocational education according to a self-regulated learning framework for problem solving during the covid-19 crisis. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(2), 283–198. https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2.24702. DOI: https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2.24702
Sepita, F., & Suryanti. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Education Chemistry, 2(2), 102. https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5826. DOI: https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5826
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Yunita, K. S., & Afrinaldi. (2022). Peran Orang Tua Mendidik Anak Usia Dini di Jorong Sungai Kalang 2 Tiumang Dharmasraya. JOBIKOPS : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(1), 66.
Yusrizal, Lubis, B. S., Fatmawati, & Muzdalifah, D. (2020). Pengaruh Metode Visit Home dan Pola Bimbingan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Tematik, 10(3), 113–119. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jt.v10i3.22102. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8237
Yustina, Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The effects of blended learning and project-based learning on pre-service biology teachers’ creative thinking skills through online learning in the COVID-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408–420. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.