Model Pembelajaran Berbasis Karakter Konservasi untuk Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Fitriyan Nisa universitas ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.33618

Keywords:

Model pembelajaran, karakter konservasi, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peroses pengembangan model pembelajaran berbasis karakter konservasi dan mengetahui hasil validitas model pembelajaran berbasis karakter konservasi yang layak digunakan sebagai pedoman pembelajaran untuk anak kelompok B Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2020-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, prosedur penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yaitu: tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini diawali dengan menganalisis kebutuhan, kemudian merancang model pembelajaran berbasis karakter konservasi sehingga menjadi model pembelajaran berbasis karakter konservasi yang utuh. Penelitian ini melibatkan siswa kelompok B Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2020/2021. Data validitas uji ahli isi pembelajaran dan uji perorangan diperoleh dengan menggunakan angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian menemukan bahwa (1) hasil uji ahli isi diperoleh persentase skor 83,70% dengan kualifikasi baik, (2) persentase skor hasil uji perorangan 85.66% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dinilai layak digunakan dalam pembelajaran di TK Tunas Harapan Maju Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021.

References

Akhsanti, M. S. (2014). Pengaruh Penanaman Nilai-Nilai Konservasi Terhadap Karakter Peduli Pada Lingkungan Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 23–30. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/3718.

Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546. DOI: https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184. DOI: https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184

Anwar, R. (2014). Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2987. DOI: https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2987

Bahar, Hijrana; Mathar, T. (2015). Upaya Pelestarian Naskah Kuno di Badan Perpus dan Arsip Daerah Provinsi Sulsel--Bahar & Mathar. Khizanah Al-Hikmah, 3(1), 89–100. DOI: https://doi.org/10.24252/kah.v3i1a8

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 03(02), 67–78. DOI: https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Dewi, N. R., & Setyaningsih, N. E. (2016). Pengaruh petunjuk praktikum Berbasis Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Konservasi MAhasiswa. Indonesian Journal of Conservation, 05(01), 51–55.

Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018). Pemahaman Tentang Lingkungan Berkelanjutan. Modul, 18(2), 75. https://doi.org/10.14710/mdl.18.2.2018.75-82. DOI: https://doi.org/10.14710/mdl.18.2.2018.75-82

Elsa, F., Khairil, K., & Yunus, Y. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Metode Inkuiri Terhadap Sikap Dan Perilaku Siswa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Di SMP Negeri 6 Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(1), 28. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.232. DOI: https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.232

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73.

Iman, N., & Huda, K. (2019). Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Konservasi (Pbk) Pada Anak Usia Dini Di Lembaga Paud Al-Khair Udayana Mataram. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 43. https://doi.org/10.36312/linov.v4i2.453. DOI: https://doi.org/10.36312/linov.v4i2.453

Isya, M. A. (2017). Pengembangan model pembelajaran instruksional design dengan model Addie mata pelajaran PAI pada materi mengulangulang hafalan Surah Al Ma’un dan al Fil secara klasikal, kelompok dan individu kelas V SDN Gedongan 2 Kota Mojokerto. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 7(1), 71–80. DOI: https://doi.org/10.32616/tdb.v7i1.37

Kartijono, N. E., Rahayuningsih, M., & Abdullah, M. (2019). Pendidikan Konservasi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (Jas) Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Rekayasa, 16(2), 187–192. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v16i2.17511. DOI: https://doi.org/10.15294/rekayasa.v16i2.17511

Kawete, M., Gumolung, D., & Aloanis, A. (2022). Kawete, M., Gumolung, D., & Aloanis, A.Pengembangan Video Pembelajaran Materi Ikatan Kimia dengan Model ADDIE Sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 4(1), 63. https://doi.org/10.37033/ojce.v4i1.374. DOI: https://doi.org/10.37033/ojce.v4i1.374

Listiyani, N., Hayat, M. A., & Mandala, S. (2018). Penormaan Pengawasan Izin Lingkungan dalam Pencegahan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup dalam Eksploitasi Sumber Daya Alam. Jurnal Media Hukum, 25(2), 217–227. https://doi.org/10.18196/jmh.2018.0116.217-227. DOI: https://doi.org/10.18196/jmh.2018.0116.217-227

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898.

Mahmud, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177. DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Mahsun, A. (2013). PENDIDIKAN ISLAM DALAM ARUS GLOBALISASI: Sebuah Kajian Deskriptif Analitis. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2). https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.259-278. DOI: https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.259-278

Marwiyah, S. (2012). Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup. Falasifa, 3(1), 1–25. DOI: https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.450

Niman, E. M. (2016). Kearifan Lokal dan Upaya Pelestarian Lingkungan Alam. Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 91–106. DOI: https://doi.org/10.36928/jpkm.v11i1.139

Nisa, F., Gede Agung, A. A., & Tegeh, I. M. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Karakter Konservasi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 17. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.33633. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.33633

Pongtuluran, Y. (2015). Manajemen sumber daya alam dan lingkungan. Penerbit Andi.

Prasetyo, E., Ridlo, S., & Kartijono, N. E. (2019). A path analysis of the relation between study habit and students’ academic achievement. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(2), 297–304. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i2.7884. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i2.7884

Purnomo, P., & Sukarjo, S. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Konservasi Berbasis Karakter Untuk Menguatkan Karakter Konservasi Dan Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Perkuliahan Ilmu Pendidikan Di Pgsd Universitas Negeri Semarang. Jurnal Kreatif , 9(2), 92–104.

Putri, O. N., & Hudah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Jendela Olahraga, 4(2), 57. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005. DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005

Ridlo, S., & Irsadi, A. (2012). Pengembangan Nilai Karakter Konservasi Berbasis Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 29(2), 124062.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074. DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Rusdina, A. (2015). Membumikan Etika Lingkungan Bagi Upaya Membudayakan Pengelolaan Lingkungan yang Bertanggung Jawab. Istek, 9(2), 244–263.

Saputra, H., & Putra, A. M. A. (2021). Pengembangan framework pembelajaran kolaboratif untuk institusi pemerintah menggunakan ADDIE dan ISO 20000. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 41–54. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.36054. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.36054

Widiyastuti, R. (2020). Kebaikan akhlak dan budi pekerti. Alprin.

Widyaningsi, O., & Nugrahen, D. C. (2019). Pengembangan model pembelajaran blended learning untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 143–156. DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.12065

Wulansari, B. Y., & Sugito, S. (2016). Pengembangan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kualitas proses belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 16. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.7919. DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.7919

Downloads

Published

2022-02-20

How to Cite

Nisa, F., & Agung, A. A. G. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Karakter Konservasi untuk Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak . Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 13–21. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.33618

Issue

Section

Articles