Strategi Guru PAUD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring

Authors

  • Kadek Chesnia Feby Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.36963

Keywords:

Strategi, Professionalisme, Pembelajaran Daring, PAUD

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya dalam aspek pendidikan. Dengan adanya pandemi ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran di Indonesia yaitu pembelajaran harus dilaksanakan secara daring atau jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan konsep professionalisme guru dalam kegiatan pembelajaran daring pada masa pandemi covid -19 di PAUD. Penelitian ini menggunakan survey deskriptif dengan subjek yang diteliti adalah 179 Guru PAUD. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode nontes dengan instrument penelitian berupa kuesioner yang dikemas dalam bentu google form. Hasil penelitian ini menggambarkan penelitian pada aspek strategi mengajar guru PAUD masuk ke dalam kategori baik yaitu dengan persentase paling besar 51,96% dan frekuensi absolut sebanyak 93. Sedangkan pada aspek konsep professional guru juga masuk ke dalam kategori baik yaitu dengan persentase paling besar 53,07% dan frekuensi absolut sebanyak 95, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi mengajar guru PAUD dan konsep professional guru dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran daring secara keseluruhan dalam kondisi baik. Implikasi dari penelitian ini yaitu hasil penelitian yang telah dilakukan dapat digunakan sebagai tambahan informasi mengenai strategi dan konsep professional guru dalam kegiatan pembelajaran yang dihadapi oleh para guru pada jenjang pendidikan dasar yaitu pendidikan anak usia dini dalam pelaksanaan pembelajaran daring khususnya pada masa pandemi covid-19.

References

Alami, Y. (2020). Media Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 49–56. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/71.

Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 72–79. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11796.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Botutihe, S. N., Smith, M. Bin, Kasan, I. A., & Hilala, R. (2020). Strategi Pembelajaran Physical Distancing Guru PAUD dalam Menghadapi Pandemi Covid19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1536–1543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.919.

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051–1059. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465.

Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36-42. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373–384. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530.

Huda, M. N., & Priyanto. (2018). Strategi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Sikap Kemandirian Siswa di PAUD. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 49–76. http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/tadibi/article/view/40.

Jalal, M. (2020). Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Covid-19. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i1.61.

Kurniawati, Agatha, T., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Pofesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. In: Seminar Nasional "Implementasi Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid 19: Peluang Dan Tantangan, 397–402. http://journal.staislantaboer.ac.id/index.php/medikom/article/view/19.

Lestari, K., Harun, H., & Fauziah, P. (2021). Strategi Taman Kanak-Kanak dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Masa Pandemi di Kecamatan Nanga Pinoh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1951–1959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1014.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.

Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2020). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik AUD Pada Era Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1313–1324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.849.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686–697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699.

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557.

Rahmatunnisa, S., Mujtaba, I., & Rizky Alfiany, A. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Kelompok B KB / TK Al-IKHLAS. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8. website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit%0AE-ISSN:

Rambe, R. N. K. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah, 25(1), 93–124. https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.237.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.

Samuelsson, I. P., Wagner, J. T., & Ødegaard, E. E. (2020). The Coronavirus Pandemic and Lessons Learned in Preschools in Norway, Sweden and the United States: OMEP Policy Forum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 129–144. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00267-3.

Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394.

Siregar, J., & Murniarti, E. (2020). Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Mengelola Strategi Pembelajaran Home Learning Masa Pandemi Covid-19 di PAUD Kasih Efrata Jatiasih Bekasi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 245–254. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i3.1295.

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1–5. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100–110. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434.

Suko, Lewo, Y. P., & Efriani. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Katolik Mengajar dari Rumah Selama Pandemi COVID-19. Jurnal BASICEDU, 5(3), 1450–1461. https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Yao, J., Rao, J., Jiang, T., & Xiong, C. (2020). What Role Should Teachers Play in Online Teaching during the COVID-19 Pandemic? Evidence from China. Science Insights Education Frontiers, 5(2), 517–524. https://doi.org/10.15354/sief.20.ar035.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Downloads

Published

2021-07-10

How to Cite

Feby, K. C., Agung, A. A. G., & Agustika, G. N. S. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring . Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 22–32. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.36963

Issue

Section

Articles