Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Riska Kurniawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Kompetensi pengetahuan, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Scramble

Abstract

Pada saat ini masih banyak siswa merasa bosan dan kurang memahami materi pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas terutamanya pada pembelajaran IPA. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas membuat siswa merasa cepat bosan dan juga kurang bersemangat saat mengikut kegiatan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas VI SD. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 448. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode tes dengan menggunakan tes obyektif. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu tes objektif dalam bentuk pilihan ganda.Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis statistik deskripstif dan statistik inferensial. Hasil analisis data diperoleh THitung sebesar 3.966 dan nilai Ttabel sebesar 2.00 pada taraf signifikan 5%. Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble berdampak positif yang signifikan dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA pada siswa sekolah dasar.

References

Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Agung, A. A. G. 2015. Statistika Inferensial. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Agung, A. A. G. 2017. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A.G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang:

Aditya Media Publishing.

Aliyah, N. 2018. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Prestasi dan Pemahaman Materi Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas VII MTSN 9 Jember. Jurnal Edukasi, 5(1), 40-44.

Anggreini, I. G. A. 2014. Penerapan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Daiwi Widya, 1(2).

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Armimitika, A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Pembelajaran IPA Fisika Peserta Didik Kelas VIII MTSS Nagari Gantung Ciri Kabupaten Solok. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 3(1), 350-358.

Choiruddin, M. 2021. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fiqih melalui Metode Kooperatif. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(2), 57-62.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Emda, A. 2014. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Lantanida Journal, 2(1), 68-79.

Febriana, Rina. 2019. Kompetensi Guru. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Graika, Darmana. 2019. Metodologi Penelitian. Lampung Selatan: CV. Hira Tech. Prihatmojo, A., & Rohmani, R. (2020). Buku Ajar Pengembangan Model Pembelajaran" Who Am I".

Hamonangan Panjaitan, S. A. M. U. E. L. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division Pada Pelajaran Ipa. Jurnal Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division Pada Pelajaran Ipa.

Lestari, F. A. A. 2013. Penerapan Metode Cerita Berantai untuk Keterampilan Menyimak Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Tanjung Serang Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal FKIP.

Muttaqien, A. R., Suprijono, A., Purnomo, N. H., & AP, D. B. R. 2021. The influence of Kooperatif model types of teams games tournaments on students' critical thinking ability. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(6), 432-437.

Ningtyas, M. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Peningkatan Keterampilan Menyusun Kalimat Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Panjer. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 6(3).

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013.

Pasani, C. F., Kusumawati, E., & Imanisa, D. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membina Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).

Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Saridewi, N. P., & Kusmariyatni, N. N. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas. Journal of Education Action Research, 1(3), 230-239.

Setyosari, Punaji.2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi

ke Empat. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slavin, R. E. 1980. Kooperatif. Review of educational research, 50(2), 315-342.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syaikhoni, A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN Kepuh Kiriman II Waru Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4).

Syar, N. I. 2021. Modul kajian & pembelajaran IPA sd/mi.

Published

2023-02-03

How to Cite

Riska Kurniawati, N. P., Surya Abadi, I. B. G., & Agung, A. A. G. (2023). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/55974

Issue

Section

Articles