Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPS

Authors

  • Komang Agus Sripangjaya Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40188

Keywords:

Hasil Belajar, Group Investigation, Video

Abstract

Kurangnya penerapan model pembelajaran dan media dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media video terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan Non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 132 orang siswa. Sampel pada penelitian ini adalah SD 2 yang berjumlah 31 orang siswa (eksperimen) dan SD 4 yang berjumlah 20 orang siswa (kontrol). Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif yang berjumlah 25 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan rata-rata siswa pada kelompok eksperimen sebesar 22,61 dan skor rata-rata siswa pada kelompok kontrol sebesar 18,55. Berdasarkan hasil perhitungan analisis uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,02. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media video berpengaruh terhadap hasil beljar IPS siswa kelas V.

Author Biographies

Komang Agus Sripangjaya, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

 

 

I Made Citra Wibawa, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

 

 

References

Agung, A. A. G. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Singaraja.

Anshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos, 3(2), 59–76. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kontribusi+ilmu+pengetahuan+sosial+dalam+pendidikan+karakter&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DN6RFu2pmlPgJ.

Damayanti, E., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Video Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Kaliwungu 02 Semester II. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 361–366. DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.384

Dewi, N. L. P. G. K., Suardika, I. W. R., & Bgs Gd Surya Abadi, I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Media Video Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Di Sdn 2 Dangin Puri. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Dianawati, Herdhiana, & Lisnawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Video Powtoon Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidian Dan Pembelajaran, 16(2), 1689–1699.

Harahap, R. A., & Derlina, D. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Metode Know-Want-Learn (KWL): Dampak terhadap Hasil Belajar Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 149–158. DOI: https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1369

Hartoto, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah. Historia, 4(2), 131. https://doi.org/10.24127/hj.v4i2.553. DOI: https://doi.org/10.24127/hj.v4i2.553

Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Irwan, N., & Sani, R. A. (2015). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Teamwork Skills Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 41–48. DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2567

Istikomah, H., Hendratto, S., & Bambang, S. (2010). Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 40–43.

Kristin, F. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356

Kurniawati, L., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran IPS SD. PEDADIDAKTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 860–873. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna. DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41752

Lasfeto, A. R. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Group Investigation Berbantuan Video Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(3), 119–125. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12631. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12631

Mustamiin, M. Z. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Di Tinjau Dari Motivasi Berpretasi. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 65–76.

Nafsir, M. (2018). Model Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas V SDN 008 Sumber Jaya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(5), 769–775. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i5.6126

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34–38. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80

Putra, P. G. N., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 84. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19329. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19329

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna.

Rahmatiah, R., & Kusairi, S. (2017). Pengaruh Scaffolding Konseptual dalam Pembelajaran Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA dengan Pengetahuan Awal Berbeda. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 45–54. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.288

Rahmawati, E. D. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Pada Siswa Kelas X 3 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Sosialitas, 2(1).

Rasweda, V., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Group Investigation Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 87–93.

Ratna, M., Widodo, A. T., & Priatmoko, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).

Rifai, M. (2019). Meta-Analisis Keefektifan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (Stad) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 174–181. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7119

Sari, N. M., & Eurika, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Apllication of Group Investigation Learning. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 29–41.

Simanjuntak, S. L., & Siregar, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Inpafi, 2(2), 171–179.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.

Suandi, S. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar IPS Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jerowaru Lombok Timur. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 3.

Suardani, N. M., Marhaeni, & Lasmawan, W. (2013). e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar ( Volume 3 Tahun 2013 ) e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar ( Volume 3 Tahun 2013 ) PENDAHULUAN Tujuan pe. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Widia, I. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Berguling (Roll) Senam Lantai Pada Siswa Kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Melaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Sosioedukasi, 6(2).

Wirati, N. A., Sujana, I. W., & Asri, A. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SETS (Science Environment Technology and Society) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPS kelas V SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Downloads

Published

2022-02-20

How to Cite

Sripangjaya, K. A., & Wibawa, I. M. C. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 134–143. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40188

Issue

Section

Articles