Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40183Keywords:
Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPSAbstract
Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, dua diantaranya adalah gaya belajar dan motivasi. Kurangnya pemahaman terhadap gaya belajar dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mempengaruhi hasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS, hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, dan hubungan antara gaya belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD dengan sampel 154 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS dengan besar koefisien korelasi Rx1y = 4,514 > Ftabel = 3,06 dan kontribusinya sebesar 2,9%. 2) terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS dengan besar koefisien korelasi Rx2y =12,739 > Ftabel = 3,06 dan kontribusinya sebesar 7,7%. 3) terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS dengan besar koefisien korelasi Ry.1.2 = 8,057> Ftabel = 3,06 dan kontribusinya sebesar 9,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa gaya belajar dan motivasi belajar berhubungan secara signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian. Aditya Merdika Publishing.
Agustina, G. H. & L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.
Aprilliarose Taurina Rizqi, M. S. (2019). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145–154. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916
Arylien Ludji Bire, Uda Geradus, dan J. B. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa, 44(2). https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307.
Bhattacharjee, S., & Ghosh, S. (2013). Usefulness Of Role-Playing Teaching In Construction Education: A Systematic Review. Annual International Conference Proceedings.
Cahyani, A. R. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Joyful Learning Journal, 7(1), 48–54. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS. Alfabeta.
I Made Tegeh, Ni Luh Ariesti Pratiwi, A. H. S. (2019). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 17(2), 150–170. DOI: https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19850
Jeanete Ophilia Papilaya, N. H. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56–63. DOI: https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63
Jihad & Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.
Khalida Rozana Ulfah, Anang Santoso, S. U. (2016). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1607–1611. https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6678.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Rosda Karya.
Mukhlisa, A. M. T. dan N. (2015). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature, 16(1), 8–16. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i3.2669
Nasution, T. & M. A. L. (2018). Konsep Dasar IPS. Samudera Biru. https://doi.org/10.21067/press.7.7 DOI: https://doi.org/10.21067/press.7.7
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. (2006). Depdiknas. https://doi.org/10.16258/j.cnki.1674-5906.2006.01.022.
Pratiwi, M. E. (2014). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Kateguhan Sawit Boyolali Tahun 2013/2014. Disertasi (Diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
S.Winataputra, U. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Belajar Dan Pembelajaran, 9.
Sadirman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.
Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. In Notes and Queries. Bumi Aksara. https://doi.org/10.1093/nq/21.1.15-b.
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Kencana.
Saputra, T. A. (2009). Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2). https://doi.org/10.17509/eh.v1i2.2736. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v1i2.2736
Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Garudhawaca.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262
Supardi. (2011). DasarDasar Ilmu Sosial. Ombak.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144 DOI: https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Syamsu Rijal, S., & Bachtiar. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15–20. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149. DOI: https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149
Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. (2012). Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1). https://doi.org/10.18551/erudio.2-1.2 DOI: https://doi.org/10.18551/erudio.2-1.2
Wiedarti, P. (2018). Pentingnya Memahami Gaya Belajar. In Seri Manual Gls Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
Yen Chania, M. Haviz, D. S. (2016). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek, 8(1). DOI: https://doi.org/10.31958/js.v8i1.443
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.