Perangkat Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik Berpendekatan Steam-PJBL pada Muatan IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Nyoman Rudi Setiawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.37693

Keywords:

Perangkat pembelajaran STEAM-PjBL, lingkungan sahabat kita

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dan lembar kerja peserta didik berpendekatan STEAM-PjBL pada tema 8 lingkungan sahabat kita muatan ipa kelas V sekolah dasar yang teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, biaya, sumber daya, dan tenaga, pada penelitian ini tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksankan. perangkat pembelajaran dan lembar kerja peserta didik berpendekatan STEAM-PjBL dijadikan sebagai subjek pada penelitian ini, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas perangkat pembelajaran dan lembar kerja peserta didik berpendekatan STEAM-PjBL. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner. Untuk mengukur validitas perangkat pembelajaran dan lembar kerja peserta didik berpendekatan STEAM-PjBL, digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua orang dosen dan dua orang guru sebagai ahli. Data validitas media yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui skor rata-rata validitas media pop-up book. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran dan lembar kerja peserta didik berpendekatan STEAM-PjBL yang sudah teruji validitasnya dengan skor rata-rata 4,55-4,625 yang termasuk kategori “sangat baik”.

Author Biography

Nyoman Rudi Setiawan, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

A. Hasanah, A. Hikmayanti, N. N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 275–281. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3561.

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum 2013. Aspirasi, 4(1), 65–74. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/480.

Aprianti, N. P. C. D., Negara, I. G. A. O., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10738.

Bacotang, J., Mohamed Isa, Z., Mustafa, M. C., Arshad, M., & Omar, A. (2016). Aplikasi Model Addie Dalam Pembangunan Modul Literasi Awal (Modul Lit-A) Untuk Awal Kanak-Kanak. JPBU Edisi Khas, February, 1–10.

Dewi, N. P. L. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 222. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725

Elsa, F., Khairil, K., & Yunus, Y. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Metode Inkuiri Terhadap Sikap Dan Perilaku Siswa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Di SMP Negeri 6 Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(1), 28. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.232. DOI: https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.232

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Pemahaman Pembuatan RPP yang Kreatif dan Pengaplikasiannya dalam Pembelajaran. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(02), 48–60. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6. DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v1i02.6

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.

Hasan, K., & Alamsyah, H. (2022). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. 165–172.

Isya, M. A. (2017). Pengembangan model pembelajaran instruksional design dengan model Addie mata pelajaran PAI pada materi mengulangulang hafalan Surah Al Ma’un dan al Fil secara klasikal, kelompok dan individu kelas V SDN Gedongan 2 Kota Mojokerto. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 7(1), 71–80. DOI: https://doi.org/10.32616/tdb.v7i1.37

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111

Kosasih, A. (2021). Dengan Pengembangan Model Pembelajaran ( Arces Based of Motivational ). Jurnal STKIP Widya Yuwana, 1(5), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.34150/jpak.v21i1.303. DOI: https://doi.org/10.34150/jpak.v21i1.303

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94. DOI: https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Manurung, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-book di Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad, 10(2). https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8978. DOI: https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8978

Marbun, P. (2021). Disain Pembelajaran Online Pada Era Dan Pasca Covid-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(2), 129. https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142. DOI: https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 1, 52. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/viewFile/2933/2453.

Muh Zein. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3480.

Nawang Sari, R., Tri Riya Anggraini, D., Komering Ulu, O., & PGRI Bandar Lampung, S. (2021). Pendekatan Steam Dalam Project Based Learning (PjBL) Mewujudkan Merdeka Belajar Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pengajaran Dan Riset, 01(02), 1.

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41–50. DOI: https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508

Safitri, E., Kosim, K., & Harjono, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.825. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.825

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furmamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158-7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2106/1857.

Santosa, A. S. E., Santyadiputra, G. S., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas XII Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smk Ti Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 62. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9269. DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9269

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Sari, S. A. (2017). The Development of Pop-up Book on the Role of Buffer in the Living Body. European Journal of Social Sciences Education and Research, 10(2), 213. https://doi.org/10.26417/ejser.v10i2.p213-221. DOI: https://doi.org/10.26417/ejser.v10i2.p213-221

Siswanto, J. (2018). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 133–137. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3183. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3183

Syofyan, H., & Ismail, I. (2018). Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Dalam Pembelajaran Ipa. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 65. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1189. DOI: https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1189

Ukhtinasari, F., Mosik, & Sugiyanto. (2017). Pop-up sebagai Media Pembelajaran Fisika Materi Alat-Alat Optik untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(2), 1–6.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Yuristia, A. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. Journal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714.

Zamrodah, Y. (2016). Analisis Kebutuhan Media Dan Bahan Ajar Berbasis Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Pendekatan STEAM Keterampilan Abad 21 Guru Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs), 15(2), 1–23.

Downloads

Published

2021-07-26

How to Cite

Setiawan, N. R., Wibawa, I. M. C. ., & Margunayasa, I. G. . (2021). Perangkat Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik Berpendekatan Steam-PJBL pada Muatan IPA di Sekolah Dasar . Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 40–54. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.37693

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)