Make A Match Berorientasi Masalah Kontekstual Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Authors

  • Kadek Ferna Sulistianingsih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40185

Keywords:

Make a Match, Masalah Kontekstual, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Make A Match Berorientasi Masalah Kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih bersifat (teacher center), guru lebih sering mengajar menggunakan metode ceramah, siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, Hasil belajar IPA yang masih berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Dengan model pembelajaran make a match berorientasi masalah kontekstual dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah melalui kartu soal dan kartu jawaban yang sudah disediakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperimen). Populasi pada penelitian ini berjumlah 198 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 67 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode tes dalam bentuk tes objektif. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji-t. hasil penelitian ini menunjukan perubahan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran make a match berorientasi masalah kontekstual dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukan dengan nilai thitung > ttabel (3,68 > 2,00) dengan taraf signifikansi 5% sehingga H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match berorientasi masalah kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.

References

Al, S. (1995). Karakteristika IPA dan Konsekuensi Pembelajarannya Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 109–120.

Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 237–244.

Apriliyani, F. (2020). Identifikasi Motivasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Video Animasi Tentang Sumber Daya Alam. Integrated Science Education Journal, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.37251/isej.v1i1.28. DOI: https://doi.org/10.37251/isej.v1i1.28

Arifa, S., Ardi, A., Yogica, R., & Sumarmin, R. (2019). The Effect of Make A Match Learning Model on Students’ Science Cognitive Competency of Junior High School Students In Payakumbuh City. ATRIUM Pendidikan Biologi, 4(2). https://doi.org/10.24036/apb.v4i2.5685. DOI: https://doi.org/10.24036/apb.v4i2.5685

Astra, Wahyuni, C., & Nasbey, H. (2015). Improvement of Learning Process and Learning Outcomes in Physics Learning by using Collaborative Learning Model of Group Investigation at High School (grade X, SMAN 14 Jakarta). Journal of Education and Practice, 6(11).

Baroroh, H. R., & Muyasaroh. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pai Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Muhammadiyah Sidayu Gresik. Tamaddun, 21(1), 091. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1380. DOI: https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1380

Budiana, Sudana, & Suwatra. (2013). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), 1–25. https://doi.org/doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.816.

Fidiyanti, H. H. N., Ruhimat, M., & Winarti, M. (2017). Effect of Implementation of Cooperative Learning Model Make A Match Technique On Student Learning Motivation In Social Science Learning (Quasi Experimental Class VIII SMP Negeri 40 Bandung). International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 1–6. DOI: https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8667

Handayani, I. N. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2).

Hapryantini, Sudarma, K., & Riastini, I. P. N. (2016). Hapryantini, N. L. H., Sudarma, K., & Riastini, I. P. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–12. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–12.

Harapan, S. (2020). Identifikasi Kreativitas Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA. Integrated Science Education Journal (ISEJ), 1(1), 16–22. DOI: https://doi.org/10.37251/isej.v1i1.21

Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18. https://core.ac.uk/download/pdf/327097093.pdf.

Irawati, Hamizi, & Erlisnawati. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VA SD Negeri 126 Pekanbaru. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 62–70. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.30. DOI: https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.30

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180. DOI: https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1), 17–38. http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/20.

Kesumaningrum, C. N., & Syachruroji, A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Ekspositori Pada Konsep Energi. JPSD, 2(2), 181–191.

Lawe, Y. U. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal of Education Technology, 2(1), 26–34. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13803

Mulyadi, D., & Syafitri, A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Bank BJB Syariah Cabang Bogor. Jurnal Ilmiah Binaniaga, 11(2), 33–38. DOI: https://doi.org/10.33062/jib.v11i2.265

Nurdyansyah, & Riananda, L. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo. Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology, 1, 929–940.

Putra, I. P. A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Tri Kaya Parisuda Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Pada Siswa Kelas V Di Gugus X Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. MIMBAR PGSD.

Rodykara, I. K., Dibia, I. K., & Renda, N. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Penilaian Kinerja terhadap Hasil Belajar IPA. Journal of Education Technology, 3(3). DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22362

Royani, Y. K. dkk. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaning pada Pembelajaran IPA. 757–763.

Sediasih. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make a Match pada Mata Pelajaran PKN di Kelas V SDN Karyawangi 2. JPSD. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1331

Sulumin, H. H. (2015). Pertanggungjawaban penggunaan alokasi dana desa pada pemerintahan desa di kabupaten Donggala. E-Jurnal Katalogis, 3(1), 43–53. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/4246/3161.

Suparya, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasr.

Syofyan, H., MS, Z., & Sumantri, M. S. (2019). Pengembangan Awal Bahan Ajar IPA Di Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 52–67. DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11266

Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 56–62.

Widani, Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Yuliatii, Y. (2015). Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Pembelajaran. Cakrawala Pendas, I(1). https://doi.org/10.1145/3452144.3452248. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.346

Yuliawati, E. P. T., Abadi, I. B. G. S., & Suniasih, N. W. (2022). Flipbook sebagai Media Pembelajaran Fleksibel pada Muatan IPA Materi Daur Hidup Hewan untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3).

Downloads

Published

2022-02-20

How to Cite

Sulistianingsih, K. F., Wibawa, I. M. C., & Suarjana, I. M. (2022). Make A Match Berorientasi Masalah Kontekstual Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 108–119. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40185

Issue

Section

Articles