Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKN

Authors

  • I Gusti Ngurah Ketut Puja Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44972

Keywords:

Value Clarification Technique, Berbasis Nilai-Nilai Pancasila, Kompetensi Pengetahuan PKN

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran value clarification technique berbasis nilai-nilai Pancasila terhadap kompetensi pengetahuan PKN siswa kelas IV SD. Penelitian ini berjenis eksperimen semu yang berdesain nonequivalent control group. Pada populasi penelitian yang dilakukan meliputi seluruh siswa dikelas IV SD dengan total 130 siswa. Penelitian ini menentukan sampel dengan menggunakan teknik claster random sampling, sehingga memperoleh dua kelas yaitu kelas IV kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dari kompetensi pengetahuan PKn dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Hasil perhitungan data gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan PKn menunjukkan Rata-rata kompetensi pengetahuan PKn kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kompetensi pengetahuan PKn kelompok kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t polled varians diperoleh harga thitung sama dengan 2,646 lebih dari harga ttabel sama dengan 1,998. Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran value clarification technique berbasis nilai-nilai Pancasila dan kelompok yang dibelajarkan secara konvensional pada siswa kelas IV. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran value clarification technique berbasis nilai-nilai Pancasila berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SD.

Author Biographies

I Gusti Ngurah Ketut Puja Sudiana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,  FIP

I Komang Ngurah Wiyasa, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,  FIP

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Hariyanto, E. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan. Pena Salsabila.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Indah Pradnyani, G. A. M., Kristiantari, M. R., & Sri Asri, I. G. A. A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Quantum Berbasis Kearifan Lokal Tat Twam Asi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Pkn Siswa Kelas Iv Sd Gugus Pb. Sudirman Denpasar Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 281. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12959. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12959

Muchji, A., Subiyakto, G., Mugimin, H., & Sangabakti, M. R. S. (2007). Pendidikan Pancasila. Universitas Gunadarma.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Centre.

Purbasari, F., Rusnaini, R., & Winarno, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarifica Tion Technique (VCT) Tipe Analisis Nilai Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Penguasaan Kompetensi Dasar. Paedagogia. Paedagogia, 19(2), 156–169. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v19i2.36083.

Putriani, N. P. D., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. wayan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Masalah Sosial Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10887.

Raharja, M. (2007). Pendidikan Pancasila. Gunadarma.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Prenadamedia Group.

Sariani, M. D. (2016). Penggaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Kelas IV. Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Kencana.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhayati, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Meteri Hidup Rukun Dalam Perbedaan Dengan Penerapan Model Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Dan Metode Simulasi. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1(1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Puja Sudiana, I. G. N. K., & Wiyasa, I. K. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKN. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 51–56. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44972

Issue

Section

Articles