Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
Keywords:
Model Problem Based Learning, Media Lingkungan, Kompetensi Pengetahuan IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian adalah seluruh kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar sebanyak 10 kelas dengan 368 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas IV SD Negeri 1 Peguyangan sebagai kelas eksperimen sebanyak 46 orang menerapkan model PBL berbantuan media lingkungan dan kelas IV SD Negeri 5 Peguyangan sebagai kelas kontrol sebanyak 38 orang Metode pengumpulan data dengan metode tes yaitu tes objektif pilihan ganda biasa. Rata-rata gain skor ternormalisasi siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media lingkungan yaitu 0,525 dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yaitu 0,236. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji-t jenis polled varians. Hasil analisis data pada taraf signifikansi 5% (df = 82 dengan thitung = 11,049 dan harga ttabel = 1,989) diperoleh keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kedua kelompok sampel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020.
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Christiana, P.P. 2014. “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD Gugus VIII Sukawati”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 2. Nomor-(hlm.--). Tersedia pada : https://scholar.google.com
Junaidi. 2010. “Titik Persentase Distribusi t”. Tersedia pada: http://junaidichaniago.wordpress.com
Rivaldi, Okta. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 2, Nomor 2 (hlm. --). Tersedia pada:
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/viewFile/15494/9583
Sastriani. 2017.” Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. UNNES. Tersedia pada : https://lib.unnes.ac.id/29920/1/1401413620.pdf
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Suarjana dan Japa. 2017. Pendidikan Matematika III Berpendekatan PMRI & Perubahan Konseptual. Singaraja: Undiksha.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiarta, S. M. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran TTW Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 5, Nomor-(hlm.--). Tersedia pada: https://scholar.google.com
Mahardika, Budi. 2013. “Pengaruh Model Problem Solving Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Sartika”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 5, Nomor - (hlm. --). Tersedia pada
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5043