Model Pembelajaran Think Pair Share berbantuan PPT Interaktif: Solusi Meningkatkan Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Nengah Suyani Pranithi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Model Think Pair Share, PPT Interaktif

Abstract

Dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif dalam menggali informasi dan memberikan pendapatnya terhadap suatu masalah yang diberikan. Hal tersebut berpengaruh terhadap rendahnya kompetensi pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share berbantuan PPT Interaktif terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Non-equivalent Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini melibatkan 205 siswa, dan sampel sebanyak 58 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda. Metode analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial teknik uji-t (polled varians). Diperoleh hasil thitung = 8,890 lebih besar daripada ttabel = 2,003 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan db = 56, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA anatara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan PPT Interaktif dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan PPT Interaktif. Model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD.

References

Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2022). Statistika Inferensial Untuk Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Ariyantini, K. Y., & Tegeh, I. M. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Powerpoint Pada Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Tema 8. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 250–259. https://doi.org/10.23887/JP2.V5I2.47146

Atmajaya, Y. T. (2021, May). Microsoft PowerPoint Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Interaktif. Pusdiklat Perpusnas RI.

Azhari, P. S., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197.

Dwianti, I. N., Rekha, R. ulianti dan, & Rahayu, E. T. (2021). Pengaruh Media Power point dalam pembelajaran jarak jauh terhadap aktivitas Kebugaran jasmani siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.5335922

Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint dan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Retensi Memori Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V Sd. Jurnal Tematik, 9(1), 19–27.

Harianja, J. K., Subakti, H., Avicenna, A., Rambe, S. A., Hasan, M., Ramadhani, Y. R., Sartika, S. H., Nirbita, B. N., Chamidam, D., Rahmawati, I., Lestari, H., & Panjaitan, M. M. J. (2022). Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif (J. S. Abdul Karim (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Hetika, Farida, I., & Sari, Y. P. (2017). Think Pair Share (TPS) as Method to Improve Student’s Learning Motivation and Learning Achievement. Dinamika Pendidikan, 12(2).

Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549.

Lisa, N. W., & Yasinta. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Y. Wedyawati, Nelly; Lisa (ed.); Pertama). CV Budi Utama.

Maladerita, W., Septiana, V. W., Gistituati, N., & Betri, A. (2021). Peran Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4771–4776. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1507

Masana, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 153–159.

Puspitasari, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share. Global Edukasi, 3(1), 55–60.

Putra, L. V. (2021). Media Ultanum Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN Susukan 04. Penerbit Lakeisha.

Rohani, R., Ahmad, M., Lubis, I. S., & Nasution, D. P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 504. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4408

Sembiring, M. E., Simarmata, E. J., & Tanjung, D. S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Tema Praja Muda Karana Di Kelas Iii Sd Swasta Advent Timbang Deli. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 78. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8517

Suryaningsih, N. K. E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Untung Surapati 2016/2017. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).

Published

2024-03-01

How to Cite

Pranithi, N. N. S., Wiyasa, I. K. N. ., & Ganing, N. N. (2024). Model Pembelajaran Think Pair Share berbantuan PPT Interaktif: Solusi Meningkatkan Pengetahuan IPA . Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/67029

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)