Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Powerpoint: Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • I Gede Agus Adi Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Power Point, IPA

Abstract

Kompetensi belajar IPA siswa yang masih tergolong rendah salah satunya dipicu oleh kurangnya motivasi siswa dalam belajar dan model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada siswa, sehingga belum mencapai hasil kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan media power point terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 206 orang siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yang memperoleh sampel kelompok eksperimen sebanyak 30 orang dan kelompok kontrol sebanyak 33 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode pilihan ganda (tes objektif) sebanyak 30 butir soal. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil uji-t, dengan rerata gain skor kelompok eksperimen (0,362) dan gain skor kelompok kontrol (0,130) menunjukkan t-hitung (4,22) lebih besar daripada t-tabel (1,99) pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 61, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan media power point terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V.

References

Apriliani, N. M. P. D., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 122–129. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i01.3281

Arafah, A. A., Sukriadi, & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946

Arief, M. M. (2021). Keterampilan Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) MI/SD dan Sikap Ilmiah. Jurnal Darussalam, 22(2), 1–18.

Asyhar, B. (2023). Kajian Analisis Model Pembelajaran Inkuiri-Infusi untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Focus ACTion Of Research Mathematic, 6(1), 1–20. https://doi.org/10.30762/f

Fa’idah, R. N., Supriyono, K. H., & Mahanal, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(12), 1704–1709.

Harahap, H. S., & Harahap, N. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Modified Free Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Kotapinang. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 119–128.

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I5.3650

Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal KONTEKSTUAL, 1(2), 49–57.

Jumrawarsi, & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. AoEJ: Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Ma’ruf, M. W., & Syaifin, R. A. (2021). Strategi Pengembangan Profesi Guru dalam Mewujudkan Suasana Pembelajaran yang Efektif. Al-Musannif: Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, 3(1), 27–44.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664

Prasetiyo, M. B. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120

Ragin, G., Magdalena, I., & Puspita, D. R. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Powerpoint dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8792–8799.

Sari, N., & Ratu, T. (2021). Pengembangan Media Komik Bermuatan IPA Berbasis Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6185–6195. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1793

Sundari, & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128–136. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206

Supadma, I. K., Kusmariyatni, N. N., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis Aktivitas HOT pada Tema 9 Subtema 1 Kelas IV SD. Jurnal Riset Pendidikan DAsar, 02(2), 106–115.

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual berbantu Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya Perkembangan Pendidikan di Era Modern. Prosiding Samasta: Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(4), 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7222

Published

2024-03-01

How to Cite

Adnyana, I. G. A. A., Wiyasa, I. K. N., & Ganing, N. N. . (2024). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Powerpoint: Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/69347

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)