Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44973Keywords:
Hasil Belajar Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi dan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Gugus 5 Kecamatan Tabanan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah ex post facto korelasional. Populasi dari Penelitian ini adalah seluruh kelas V yang ada di SD Negeri Gugus 5 Kecamatan Tabananyang berjumlah 130 orang siswa. Sampel ditentukan dari populasi menggunakan teknik proporsional random sampling dan jumlah sampel dari populasi adalah 97 orang siswa. Metode pungumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes. Data motivasi berprestasi dan minat baca diperoleh dari menyebarkan kuisioner dan data hasil belajar Bahasa Indonesia diperoleh melalui pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia berdasarkann nilai Fhiting = 4,26 > Ftabel = 3,96 dan pengaruhnya sebesar 12,1%. Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia berdasarkan nilai Fhitung = 5,82 > Ftabel = 3,96 dan pengaruhnya sebesar 6,7%. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi dan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia berdasarkan Fhitung = 9,04 > Ftabel = 3,09 dan pengaruhnya sebesar 16,1%. Adapun saran bagi guru untuk lebih meningkatkan motivasi berprestasi dan minat baca siswa agar mendapatkan hasil belajar Bahasa Indonesia yang lebih maksimal.
References
Abidin, Y. (2018). Pembelajaan Literasi. Bumi Angkasa.
Aisyah, S. (2015). Perkembngan Peserta Didik Dan Bimbingan Belajar. Deepublish.
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Angkasa.
Ghufron, M. N., & Rini, R. S. (2012). Teori-Toeri Psikologi. Ar-Ruzz Media.
Marhaeni, A. A. I. W. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Santrock, J. . (2004). Pendidikan Psikologi (Keempat). Prenadamedia Group
Suryaningsih. (2015). Korelasi Motivasi Berprestasi dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Se-Gugus 4 Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo Tahun Pelajaran 2014/2015. E-Joernal Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.
Susanto, A. (2018). Bimbingan Dan Konsling Di sekolah. Kencana Prenadamedia Group.
Tarigan, G., & Henry. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV Angkasa.
Trisnowali, A. (2017). Pengatuh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada siswa SMA N 2 Watampore. Jurnal Matematikan Dan Pembelajaran, 5(2), 259–278. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a8
Widarto. (2013). Penelitian Ex Post Facto. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Widodo, H. (2019). Cara Meningkatkan Minat Baca. Mutiara Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.