Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Permainan Edukasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V

Authors

  • I Gede Darma Susila Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44976

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Permainan Edukasi, Matematika

Abstract

Hasil belajar matematika masih belum semuanya mencapai KKM karena pemahaman tentang matematika belum dijelaskan dengan mudah. Sehingga perlu memaksimalkan penggunaan model dan media yang disenangi dan mudah dipahami dalam penerapan konsep-konsep pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi terhadap hasil belajar kelas V SD.  Jenis  penelitian  yakni eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yakni kelas V SD sebagai kelompok eksperimen serta kelas V SD sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain skor kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial uj-t. Nilai rerata gain skor hasil belajar matematika kelompok eksperimen adalah 0,580 lebih dari nilai rerata gain skor hasil belajar matematika kelompok kontrol yaitu 0,350. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung sama dengan 38,92742 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% sama dengan 1,99547, sehingga thitung lebih dari ttabel, maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Simpulan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas V SD.

Author Biographies

I Wayan Wiarta, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, FIP

Gusti Ngurah Sastra Agustika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, FIP

References

Amami, S. (2018). Desai Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(2). DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919

Azura, F. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Teori Kinetik Gas. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 9(1), 55–58.

Budiasih. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD, 2(2).

Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. PT. Raja Grafindo Persada.

Eka, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Basicedu, 4(2), 288–294. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.345

Fahradina, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Hajrin, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas X IPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1). DOI: https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.80

Hariani, N. R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-Modul Terhadap Pemahaman Konsep Inkuiri Garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2561–2571.

Indrayani, K. (2018). Pengaruh Strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar Matematika. E-Journal PGSD, 6(2). DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.959

Juniarti, N. K. R., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273

Krisnayanti, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V. E-Journal PGSD, 5(2).

Kurnia, R. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Alat Peraga “Dulok Kumisan” Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(1), 23–32. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1687

Leni, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika. E-Journal PGSD, 4(1). DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v4i1.203

Lukman. (2020). Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Hukum-Hukum Dasar Kimia Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah AR-RAZI, 8(1). DOI: https://doi.org/10.29406/ar-r.v8i1.1875

Maghfiroh, S. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat. Pelita: Jurnal Pendidikan Dan Karya Ilmiah, 20(1). DOI: https://doi.org/10.33592/pelita.Vol10.Iss1.373

Mishbah, U., Putri, S. ., & Zakirman. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Internasional Journal of Elementary Education, 4(1), 130–138. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.23050. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.23050

Nofitasari, R. K. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Puzzle. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(3). DOI: https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i2.49

Pramuditya, S. (2017). Game Edukasi RPG Matematika. Jurnal Eduma, 6(1). DOI: https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1701

Purwadi. (2020). Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dari Teman Sejawat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 63–72.

Putra, E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Di Gugus 4 Kecamatan Busungbiu. Journal Mimbar PGSD, 2(1).

Rahayu, R. (2016). Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Muria Kudus.

Rais, A. A. (2020). Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. Physics Education Research Journal, 2(1). DOI: https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.1.5074

Santoso, G. M. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Menggunakan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2).

Saraswati, L. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Di Gugus I Kecamatan Buleleng. Journal Mimbar PGSD.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Kencana.

Sugiyadnya, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT Terhadap Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(4). DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21314

Wahyuni, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus IV Blahbatuh Tahun Ajaran 2017/2018. E-Journal PGSD, 6(1).

Widiastuti, N. (2012). Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(2). DOI: https://doi.org/10.34010/komputa.v1i2.60

Widyani, S. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di SD N 3 Banjar Jawa. Journal of Education Action Research, 2(1), 49–57. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.12286

Widyawati, T. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pertanyaan Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya di Kelas VII Di SMP Negeri 3 Banjar. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2).

Winursiti. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Reinforcement Simbolik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 17(2), 270–275. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

I Gede Darma Susila, Wiarta, I. W., & Agustika, G. N. S. (2023). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Permainan Edukasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 42–50. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44976

Issue

Section

Articles