Media Aplikasi Pembelajaran Matematika dengan Teori Belajar Ausubel Pada Materi KPK dan FPB
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40208Keywords:
Pengembangan, Aplikasi Pembelajaran, ADDIEAbstract
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan kesulitan guru dalam mengembangkan media pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, serta mengetahui validitas media aplikasi pembelajaran matematika berorientasi teori belajar ausubel materi KPK dan FPB. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian yang digunakan yaitu para ahli dan siswa. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode non tes dengan instrument berupa kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan iniberupa rancang bangun mediaaplikasi pembelajaran matematika berorientasi teori belajar ausubel materi KPK dan FPB dibuat berdasarkan tahapan model ADDIE yang terdiri dari (a) tahap Analyze, (b) tahap Design, (c) tahap Development, (d) tahap Implementation, (e) tahap Evaluation. Media aplikasi pembelajaran matematika berorientasi teori belajar ausubel materi KPK dan FPB dikatakan layak didasari oleh penilaian yang dilakukan oleh para ahli dan siswa. Hasil penilaian ahli isi mata pelajaran sebesar 86,36% dengan kualifikasi baik, hasil penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli media pembelajaran sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba perorangan sebesar 93,70% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 92,86% dengan kualifiikasi sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan aplikasi pembelajaran matematika berorientasi teori belajar ausubel materi KPK dan FPB layak digunakan.
References
Abdullah, A. (2018). Pendekatan dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. EDURELIGIA; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 45–62. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45. DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publish.
Ahmadi, F., Sutaryono, Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan media edukasi Multimedia Indonesian Culture (MIC) sebagai penguatan pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127–136. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i2.12368.
Arbianto, U. F., Widiyanti, & Nurhadi, D. (2019). Kesiapan Technological, Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Calon Guru Bidang Teknik di Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.17977/um054v1i2p1-9. DOI: https://doi.org/10.17977/um054v1i2p1-9
Az Zafi, A., & Partono, P. (2020). Desain Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran al-Quran Hadis. MATAN: Journal of Islam and Muslim Society, 2(1), 16–25. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.matan.2020.2.1.2292. DOI: https://doi.org/10.20884/1.matan.2020.2.1.2292
Faridah, S., Mustaji, M., & Subroto, W. T. (2019). Pengaruh Contextual Teaching and Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1092. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1092-1099. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1092-1099
Gazali, R. . (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Ilmiawan, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus pada Siswa Kelas X MAN 2 Kota Bima). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(3), 102–106. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v2i3.498
Irsyadiyah, A. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan Perpsektif Pendidikan Islam. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 16(1), 76–85. https://doi.org/10.31000/rf.v16i1.2459. DOI: https://doi.org/10.31000/rf.v16i1.2459
Karim, I., Mariani, A., & Tohopi, M. R. (2019). Aplikasi Pembelajaran Matematika Kelas III SD Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 1(1), 31–35. https://doi.org/10.30869/jtii.v1i1.298. DOI: https://doi.org/10.30869/jtii.v1i1.298
Kurniawati, J. (2020). Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Literasi, May.
Mimbadri, Y., Suharto, S., & Oktavianingtyas, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Online Classflow Berbantuan Software Geogebra pada Materi Integral Luas Daerah. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.36815/majamath.v2i2.410. DOI: https://doi.org/10.36815/majamath.v2i2.410
Nugraha, D. . (2020). Pembelajaran, Pengembangan Komik Kimia Sebagai Media (Chemo-Edutainment), Berbasis CET. Journal of Chemistry In Education, 9, 22–52.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Prayitno, S. H., & Faizah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 317–327. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5935. DOI: https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5935
Prihanto, D. . (2018). Pengembangan Media Komik Matematika Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 79–90.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027
Rosandi, A. K. F., Tjandrakirana, T., & Supardi, I. (2016). Pengembangan Multimedia IPA Berbasis Flash Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 4(1), 34–40. https://doi.org/10.33394/j-ps.v4i1.1138. DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v4i1.1138
Rukiyati. (2019). Tujuan Pendidikan Nasional dalam Perspektif Pancasila. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(1), 56–69. https://doi.org/10.21831/hum.v19i1.30160. DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v19i1.30160
Saputria, D. F., Syarifah Fadilah, & Wahyudi. (2016). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Inkuiri dalam Perkuliahan Fisika Matematika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 02(2), 7–14. https://doi.org/10.21009/1.02202. DOI: https://doi.org/10.21009/1.02202
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA.
Suratman, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Untuk Perolehan Keterampilan Menentukan Luas Daerah Yang Dibatasi Dua Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(2), 55. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.31026. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.31026
Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan dalam Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran;, 5, 26–37. https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56
Tamara, M. F., Tulenan, V., & Paturusi, S. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SD. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 377–385. https://doi.org/10.35793/jti.14.3.2019.27132.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan. (2014). Buku Ajar Model-Model Pengembangan. Graha Ilmu.
Tegeh, I. M., & Kirana, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Wahyudi, W. (2017). Pengembangan Aplikasi Math Mobile Bangun Datar Berbasis Android pada Materi Segitiga dan Segiempat Pelajaran Matematika di Tingkat SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–13.
Waskitoningtyas, R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24–32. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852. DOI: https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112
Widodo, S., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1).
Wulandari, I., & Agustika, G. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 94–98. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515
Yulianti, E., Agustri, S., Nur, E. L., & Sari, D. R. (2019). Sosialisasi Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada SD Negeri 39 Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.778. DOI: https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.778
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.