Video Pembelajaran berbasis Kontekstual Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V

Authors

  • Ocy Margaretha Tiala Pati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu` Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Pengembangan, Video Pembelajaran, Kontekstual, Matematika

Abstract

Pembelajaran Matematika kurang optimal disebabkan oleh proses pembelajaran yang hanya mengandalkan buku sebagai sumber belajar, sehingga pembelajaran cenderung membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas penggunaan video pembelajaran berbasis kontekstual. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Subjek penelitian: ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan 28 siswa kelas V. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis statistik deskriptif, dan teknik analisis statistik inferensial. Hasilnya media yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran dengan hasil uji ahli materi 95,59%, ahli desain pembelajaran 90,90%, ahli media pembelajaran 90,38%, uji perorangan 90,91%, uji kelompok kecil 91,48%, uji lapangan 90,34% dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung (15,761) lebih besar daripada ttabel (1,703) sehingga H1  diterima. Ada perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika sesudah menggunakan video pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada materi debit kelas V.

References

Agustyani, N. T., Abidin, Y., & Rakhmayanti. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 280–289. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.274

Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 173. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621

Arismunandar, Basti, Nuraeni, Fadlih, A. M., Salu, B., Masadi, Ratnawati, Subaedah, Angriawan, T., Zakaria, S., Marhani, Bahriaty, S., Sudirman, Salo, E. S., Rusmin, L., Amaliyah, N., Baru, Y., & Yuliyanti. (2021). Teori dan Inovasi Pendidikan. CV. Syahadah Creative Media (SCM).

Astika, R. T., Astra, I. M., Makmuri, Sumartini, S., Andika, W. D., & Wahyudi, A. (2020). Video Pembelajaran Kontekstual Mendukung Hasil Tes Matematika Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Bandar Lampung, 127–136.

Dewi, P. D. P., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar A R T I C L E I N F O. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775

Kusumayanti, N. M. T., Abadi, I. B. G. S., & Wulandari, I. G. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pembelajaran Kontekstual Muatan Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3).

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223

Safira Datu, Ellis Salsabila, & Vera Maya Santi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi Joyful Learning pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMP Negeri 97 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 53–60. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.06

Sapriyah. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Sari, D. M., Prasetyawati, R. D., Miyono, N., & Riskiyati, N. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(3).

Suantiani, N. M. A., & Wiarta, I. W. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 64–71. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45455

Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 45–52.

Yulianto, H., & Iryani. (2020). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Historis Peradaban Manusia: Tinjauan Inkuiri Filosofis. Cross-Border, 3(1), 153–168.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Published

2023-07-06

How to Cite

Pati, O. M. T., Agustika, G. N. S., & Wulandari, I. G. A. A. (2023). Video Pembelajaran berbasis Kontekstual Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/65391

Issue

Section

Articles