Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Materi Wujud Zat dan Perubahannya
Keywords:
Discovery Learning, Power Point Interaktif, Hasil BelajarAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa materi wujud zat dan perubahannya akibat dari guru yang kurang menerapkan pembelajaran dan media pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hasil belajar muatan IPA materi wujud zat dan perubahannya antara siswa yang dibelajarkan dengan Discovery Learning berbantuan Power Point Interaktif dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Buleleng. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 6 Banyuning berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD Negeri 5 Banyuning berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol, diperoleh dengan teknik random sampling melalui cara undian kelas. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata skor hasil belajar kelas eksperimen (83) lebih besar dari kelas kontrol (71). Hasil uji Independent Samples T-Test dengan SPSS diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) menunjukkan bahwa nilainya adalah 0,000 yang menerangkan bahwa lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Discovery Learning berbantuan Power Point Interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD materi wujud zat dan perubahannya.
References
Abdjul, T. (2019). Buku Model Pembelajaran Ryleac. Gorontalo: Politeknik Gorontalo.
Amalia, N. I. (2021). Pengaruh Penggunaan PBL Berbantuan Media Interaktif PowerPoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 49–64. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/index
Annisa, & Sholeha, D. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 218–225.
Aprijal, Alfian, & Syarifudin. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Mitra PGMI, 6(1), 76–91. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125
Ariasanti, D., Akhbar, M. T., & Syaflin, S. L. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 125 Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 113. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.113353
Arifah, N. A., & Utami, R. D. (2023). Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–41. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.10990
Arukah, D. W., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Ledu. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–9. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17738/9401
Aryantini, N. K., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Model Discovery Learning Berbantuan Media Power Point Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 243. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193
Ermawati, D., Anisa, R. N., Saputro, R. W., Ummah, N., & Azura, F. N. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Dersalam. JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN HUMANIORA, 3(2), 82–92. https://doi.org/10.37289/kapasa.v3i2
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Jufrida, J., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Djati Prasetya, N. A. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ipa Dan Literasi Sains Di Smp Negeri 1 Muaro Jambi. EduFisika, 4(02), 31–38. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i02.6188
Juniantari, M., Setyosari, P., Wedi, A., & Utami, W. B. (2023). Analisis Kondisi Mengetahui Tentnag Pengetahuan Dan Implementasinya Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(3), 366–375. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/download/58735/27283
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821
Lehan, A. A. D., Lala, S. G. U., & Puay, Y. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Dan Perubahannya Kelas IV Sd Negeri 1 Naioni Kupang. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(2), 292–298. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i2.1402
Meliana, Dedy, A., & Budilaksana, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Rendahnya Hasil Belajar Siswa di SD Negeri Karang Ringin. Journal on Education, 05(03), 9356–9363. http://jonedu.org/index.php/joe
Meyanti, R., Bahari, Y., & Salim, I. (2019). Optimalisasi Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Solving. Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 2(2), 262. https://doi.org/10.26418/icote.v2i2.38239
Mutiasih, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Materi Vektor Melalui Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 187–200. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-07
Nuspita, D. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Melalui Model Problem Base Learning Siswa Kelas V Sekolah Dasar. DE Journal (Dharmas Education Journal ), 3(2), 270–281. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.775
Olii, S. S., & Pautina, A. R. (2020). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Siklus Makhluk Hidup. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 1(1), 73–89. https://doi.org/10.58176/edu.v1i1.71
Puspitasari, T. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.14018
Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986
Rahmi, N., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2715–2722. https://core.ac.uk/download/pdf/289717189.pdf
Rohmanurmeta, F. M. (2022). Pengaruh Media Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 39–46. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.825
Safira, C. A., Agung Setiawan, & Tyasmiani Citrawati. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277
Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 115–124. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk
Saragih, G., Thesalonika, E., & Sihombing, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Berbasis Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 7786–7796. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7928
Sari, W. N. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora Vol.1, 1(1), 10–14. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.101-107
Sarnoto, A. Z., Rahmawati, S. T., Ulimaz, A., Mahendika, D., & Prastawa, S. (2023). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Student Center Learning Terhadap Hasil Belajar: Studi Literatur Review. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 615–628. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.828
Sulhan, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Peredaran Darah dan Fungsinya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23735
Sulthon, S. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1), 38–54. http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969
Syah, M. N. F., Hidayatullah, R. S., Kurniawan, W. D., & Susanti, N. A. (2023). Pengaruh Media PowerPoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Generasi Z Siswa Kejuruan. Jmel: Journal of Mechanical Engineering Learning, 12(1), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jmel/article/view/40441
Tarigan, E. E. (2019). Pembelajaran Melalui Media Berbasis IT Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (Vol. 3). http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435x
Tariyanti, V. A., Gumay, O. P. U., & Arini, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri Purwodadi. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 480–485. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.194
Tristanti, S., & Nafiah. (2020). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SDN Losari Jombang. National Conference for Ummah (NCU), 1(1), 623–630. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/689
Wallangara, Y. Y., Manik, N. D. Y., Rismawati, N., & Jayadi, L. E. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara dan Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Karakter Anak Di Sekolah. Indonesia Journal of Religious, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.46362/ijr.v6i1.16
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Kadek Hera Wirawan, Kadek Yudiana, I Gede Margunayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.