Media Pembelajaran Komik Digital Bermuatan Kearifan Lokal Bali Pada Materi Teks Fiksi Tema 8 Subtema 1 Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50967Keywords:
Komik Digital, Kearifan Local, FiksiAbstract
Media yang digunakan oleh guru hanya sebatas gambar pada buku teks. Hal ini menimbulkan rasa bosan siswa dalam belajar dan berimbas pada kurang pemahaman siswa dalam mencermati unsur intrinsik dalam sebuah cerita legenda. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran komik digital bermuatan kearifan lokal Bali pada materi teks fiksi tema 8 subtema 1 itu kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media pembelajaran. Subjek uji coba yaitu siswa kelas IV sekolah dasar yang berjumlah 10 siswa dan praktisi yang berjumlah 2 orang guru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini melalui observasi, metode wawancara dan metode penyebaran angket. Instrumen pengumpulan data dilakukan yaitu melalui penyebaran angket (kuisioner). Teknik analisis data yaitu desktiptif kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil validtias ahli media memperoleh indeks validitas butir 0,92 (validitas tinggi). Hasil validitas materi yaitu 0,98 (validitas tinggi). Untuk ahli praktisi memperoleh total persentase 97% (sangat praktis) dan siswa yaitu 94% (sangat praktis). Disimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital bermuatan kearifan lokal Bali dinyatakan sangat praktis dan bisa digunakan tanpa direvisi dan layak digunakan dalam pembelajaran.
References
Abdurrohim, M., Tryanasari, D., & Hartini. (2020). Pengembangan E-Comic Berbasis Wayang Materi Perubahan Bentuk Energi dan Sumber Energi Alternatif Untuk Kelas IV SD. Pancar (Pendidikan Anak Cerdas Pintar), 4(2), 53–65. https://doi.org/10.52802/pancar.v4i2.4.
Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018a). Model Media Pembelajaran E-Komik untuk SMA. Jurnal Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 43–59. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43-59. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43--59
Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018b). Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk SMA. Jurnal Kwangsan, 6(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.66. DOI: https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.66
Alit, K., Adnyani, D., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2021). Alternative Energy Sources on Digital Comic Media. International Journal of Elementary Education, 5(1), 61–70. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34333. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34333
Ambaryani, & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektivitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1), 43–59. https://doi.org/10.37729/jpse.v3i1.3853.
Amil, A. J., Setyawan, A., & Dellia, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Berbasis Android Pokok Pembahasan Legenda Desa-Desa Di Madura Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Bangkalan. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 5(1). https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.8628. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.8628
Andriah, A., & Amir, M. F. (2021). Mobile Learning Based on Procedural and Conceptual Knowledge on Fractional for Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 567. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.40819. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.40819
Anggraini, R. D., Listyarini, I., & Huda, C. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Berbantuan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 3(1), 37. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282
Arianti, Wiarta, & Darsana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital Pada Mater Gerak. Vox Edokasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829. DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829
Basri, S. Q. (2019). Studi Ecocriticism dalam Film Doraemon & Nobita and The Green Giant Legend Karya Ayumu Watanabe. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(1), 89–101. https://doi.org/10.30738/sosio.v5i1.2862. DOI: https://doi.org/10.30738/sosio.v5i1.2862
Cahyani, N. L. P., & Jayanta, I. N. L. (2021). Digital Literacy-Based Learning Video on the Topic of Natural Resources and Technology for Grade IV Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37918. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37918
Dara Asshofi, M. P., & Damayani, A. T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881
Devi, M., Annamalai, M. A. R., & Veeramuthu, S. P. (2020). Literature education and industrial revolution 4.0. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1027–1036. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080337. DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080337
Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278–285. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364
Enteria, O., & Casumpang, P. F. H. (2019). Effectiveness of Developed Comic Strips as Intructional Materials in Teaching Specific Science Concepts. International Journal for Innovation Education and Research, 7(10), 876–882. https://doi.org/10.31686/ijier.vol7.iss10.1835. DOI: https://doi.org/10.31686/ijier.vol7.iss10.1835
Handayani, T. dan W. dan Z. (2015). Pembudayaan Nilai Kebangsaan Siswa Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Adiwiyata Mandiri. Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 95–105. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7815. DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7815
Hidayah, I. N., & Fathimatuzzahra. (2019). Development of Math Comic Learning Media on the Subject of Algebraic Expressions for Seventh Grade of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1227(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012029. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012029
Hidayah, Y. F., Siswandari, S., & Sudiyanto, S. (2017). Pengembangan Media Komik Digital Akuntansi Pada Materi Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 135–146. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.588. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.588
Hobri, Adeliyanti, S., Fatekurrahman, M., Wijaya, H. T., Oktavianingtyas, E., Putri, I. W. S., & Ridlo, Z. R. (2021). E-Comic Mathematics Based on STEAM-CC and its Effect on Students Creative Thinking Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012036. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012036
Indriyani, I., & Sulaiman, Z. (2020). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Cerita “Legenda Batu Pameungpeuk” Sebagai Media Pendidikan Karakter. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2). https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2389. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2389
Jannah, I. N., Prasetiyawati, D., Hariyanti, D., & Prasetyo, S. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. 4(1), 54–59. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135
Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X IPS Di Man 1 Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642. DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642
Karthika Devi, M. S., Fathima, S., & Baskaran, R. (2020). CBCS - Comic Book Cover Synopsis: Generating Synopsis of A Comic Book with Unsupervised Abstractive Dialogue. Procedia Computer Science, 172, 701–708. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.100. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.100
Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.
Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911
Lesmono, A. D., Bachtiar, R. W., Maryani, & Muzdalifah, A. (2018). The instructional-based andro-web comics on work and energy topic for senior high school students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 147–153. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14245. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14245
Lestari, F. P., Ahmadi, F., & Rochmad, R. (2021). The Implementation of Mathematics Comic Through Contextual Teaching and Learning to Improve Critical Thinking Ability and Character. European Journal of Educational Research, 10(1), 497–508. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.497. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.1.497
Maslina, A. S. A. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Dengan Media Audio Visual Pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Di Pendidikan Dasar. In Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.12928/jpsd.v7i1.14467.
Mazrekaj, D., & De Witte, K. (2020). The effect of modular education on school dropout. British Educational Research Journal, 46(1), 92–121. https://doi.org/10.1002/berj.3569. DOI: https://doi.org/10.1002/berj.3569
Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Belajar sumber daya alam melalui media komik digital. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 139–149. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251 DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251
Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279
Murti, D, K., Gunarhadi, & Winarno. (2020). Development of Educational Comic with Local Wisdom to Foster Morality of Elementary School Students: A Need Analysis. International Journal of Educational Methodology, 6(2). https://doi.org/10.12973/ijem.6.2.337. DOI: https://doi.org/10.12973/ijem.6.2.337
Novita, L., & Novianty, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 46. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1127. DOI: https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1127
Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The Development of Gravity Comic Learning Media Based on Gorontalo Culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, V(1), 19–31. https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3672.
Omundi, E., & Okendo, E. O. (2018). Evaluation of the Effectiveness of Civic Education on Acquisition of Social Cohesion Competency among Secondary School Students in Uasin Gishu County, Kenya. International Journal of Scientific Research and Management, 6(04), 249–265. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v6i4.el07. DOI: https://doi.org/10.18535/ijsrm/v6i4.el07
Palazón-Herrera, J., & Soria-Vílchez, A. (2021). Students’ perception and academic performance in a flipped classroom model within Early Childhood Education Degree. Heliyon, 7(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06702. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06702
Pinatih, S. A. C., Putra, D. B. K., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.
Pratama, G. H. A., Renda, N. T., & Pudjawan, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Crh Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. Mimbar Ilmu, 23(1), 128–136. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402
Priantini, D. A. M. M. O., & Widiastuti, N. L. G. K. (2021). How Effective is Learning Style Material with E-modules During The COVID-19 Pandemic? Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 307–314. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37687. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37687
Purnamasari, L. M., & Syambasril. (2015). Pembelajaran Menyimak Legenda Pada Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.26418/jppk.v4i12.13042.
Rahmata, A., Tuljannah, LaiRahmata, A., Tuljannah, L., Chotimah, S. C., & Fiangga, S. (2020). Validitas E-Comic Matematika Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Kesebangunan. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(1), 53–65. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.53-65. DOI: https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.53-65
Rahmayani, A., Siswanto, J., & Arief Budiman, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055
Retnawati, H. (2016). Proving Content Validity of Self-Regulated learning Scale (The Comparison of Aiken Index and Expanded Gregory Index). Research and Evaluation in Education, 2(2), 155–164. https://doi.org/10.21831/reid.v2i2.11029. DOI: https://doi.org/10.21831/reid.v2i2.11029
Rohati, Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. Edumatica, 08(02), 81–91. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5486. DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5486
Saputri, R. R., & Qohar, A. (2020). Development of Comic-Based Mathematics Learning Media on Social Arithmetic Topic. Journal of Physics: Conference Series, 1657, 012082. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012082. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012082
Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135
Swarastuti, A. (2019). The Impact Of Picture Series Towards Students’ Ability In Writing Narrative Text. Edukasi Lingua Sastra, 17(1). https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.108. DOI: https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.108
Tambunan, L. R., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2020). Implementasi E-book Berbasis Smartphone pada Materi Polinomial di Kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521. DOI: https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521
Taufiq, M., Wijayanti, A., & Fajriah, E. (2020). The implementation of e-comic earth layer to enhance students’ self-directed learning. Journal of Physics: Conference Series, 1567, 022070. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022070. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022070
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16.
Tekle-Haimanot, R., Pierre-Marie, P., Daniel, G., Worku, D. K., Belay, H. D., & Gebrewold, M. A. (2016). Impact of An Educational Comic Book on Epilepsy-Related Knowledge, Awareness, and Attitudes Among School Children in Ethiopia. Epilepsy and Behavior, 61, 218–223. https://doi.org/10.1016/j.yebeh.2016.05.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.yebeh.2016.05.002
Udayani, N. K. Ar. T. K., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2021). Development Of E-Comic Learning Media On The Topic Of The Human Digestive System. Journal of Education Technology, 5(3), 472–481. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.34732. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.34732
Wahyudin, A. Y., Jepri, D., Simamora, M. W., Pratiwi, I. W., & Rina, A. (2020). Penggunaan komik digital toondoo dalam pembelajaran Bahasa inggris tingkat Sekolah menengah. Jurnal of Social and Tevhnologi for Community Service, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.673. DOI: https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.673
Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154
Widana, I. N. S., Sumaryani, N. P., Ayuning, N. L. W., & Pradnyawati. (2018). Memicu Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Blended Learning Berbantuan Komik Digital. Emasains, 7(1), 38–48. https://doi.org/10.5281/zenodo.1407735.
Winatha, K. R., Naswan, S., & Ketut, A. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238. DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238
Yonanda, D. A., Yuliati, A., & Saputra, Y. S. (2019). Development Problem-Based Comic Book as Learning Media for Improving Students’ Critical Thinking Ability in Primary School. Mimbar Sekolah Dasar, 6(3), 341–348. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.22892. DOI: https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v6i3.22892
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.