Accordion book Berorientasi Cerita Petualangan pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Keywords:
Media, Accordion Book, Hasil BelajarAbstract
Minimnya penggunaan media pembelajaran tentunya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengahasilkan media accordion book berorientasi cerita petualang dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD pada materi Wujud Zat dan Perubahannya yang teruji validitas, kepraktisan, dan keefektivitasannya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan metode observasi, wawancara, dan test Instrumen dalam pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini adalah accordion book berorientasi cerita petualang dan siswa kelas IV SD. Hasil dari penelitian ini (1) media accordion book dalam bentuk cetak yang memuat konten wujud zat dan perubahannya (2) hasil uji isi media dan isi materi didapatkan sebesar 0,96 dan 0,94 dengan kualifikansi validitas tinggi (3) tingkat kepraktisan media accordion book 95% oleh guru dan 97,64% oleh siswa dengan kualifikansi sangat baik (4) uji efektivitas dengan nilai signifikansi (2 tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,00 (< taraf signifikansi 5%). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa accordion book berorientasi cerita petualang ini layak, praktis, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Wujud Zat dan Perubahannya. Sebab accordion book ini mampu mengajak siswa ikut terlibat didalam cerita petualang yang ada didalamnya untuk memahami wujud zat dan perubahannya
References
Abdullah, D. S., Hadi, R. N., & Suryandari, M. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Modern. Cendekia Pendidikan, 4(1), 91–100. https://doi.org/https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i1.2933
Anjani, D., Novianti, D., & Sadikin Wear, A. (2021). Pelatihan Pemanfatan Quick Responde Code Technology dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 123–132. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.222
Antara, I. G. W. S., Suma, K., & Parmiti, D. P. (2022). E-Scrapbook: Konstruksi Media Pembelajaran Digital Bermuatan Soal-soal Higher Order Thinking Skills A R T I C L E I N F O. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47559
Ashari, M., Putra, M. J. A., & Mulyani, E. A. (2024). nalisis Kemampuan Komunikasi Verbal Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Media Permainan Monopoli. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 177–193. https://doi.org/http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Aurelia, G. (2022). Perancangan Buku Interaktif Paper Cutting Bertema Kisah Rakyat Indonesia Berjudul Paper Cutting: Kisah Rakyat Indonesia. Titik Imaji, 5(1), 31–45. https://doi.org/10.30813/.v5i1.3509
Ayuningsih, F. S., & Falah, I. F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas IV SDN 1 Cileuya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan. Jurnal Lensa Pendas, 5(2), 14–21. https://doi.org/10.33222/jlp.v5i2.1637
Candrasiwi, M. Y., Wiyasa, I. K. N., & Ayu, I. G. A. (2023). Video Kenampakan Alam Berbasis Kearifan Lokal sebagai Media Pembelajaran bagi Siswa Siswa Sekolah Dasar. 6, 434–447. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.60956
Desih, Taufik, M., & Setiawan, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Software Lectora Inspire Materi Wujud Zat Dan Perubahannya Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan, 15(2), 197–212. https://doi.org/https://doi.org/10.31603/edukasi.v15i2.10542
Eldiana, V., Saputra, D. S., & Susilo, S. V. (2022). Implementasi Media Virtual Reality Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4(2020), 309–316. https://doi.org/https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/811
Indra, C., & Fiqri, A. (2023). Pengembangan Buku Ajar Pada Mata Kuliah Statistika Berbasis Aplikasi SPSS Menggunakan Model ADDIE. 1(02), 141–152. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/CONSISTAN/article/view/1181
Maemonah, A. O. (2020). Filsafat Pendidikan Maria Montessori Dengan Teori Belajar Progresivisme Dalam Pendidikan Aud. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 64. https://doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7277
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 71(1), 63–71. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Mawardini, A., & Inayah, Y. (2024). Menghadapi Tantangan Belajar IPA di Kelas 4 SDIT Ibtidaiyah dengan Analisis dan Solusi yang Menginspirasi. Jurnal Pendidikan :SEROJA, 3, 91–99. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/seroja.v3i1.1735
Murti, I. G. W. P., & Handayani, D. A. P. (2022). Game Edukasi Robot Petualang Nusantara: Meningkatkan Literasi Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 403–414. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49598
Paradila, S. Y., M, N., & Lestari, E. S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Wujud Zat Dan Perubahannya Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL Pada Siswa Kelas 4 di SDN Junrejo 01. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 471–481. https://doi.org/https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/4427/3349
Putri, A. E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 533–540. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30523
Rakhmadina, N. L., & Suprayitno. (2020). Pengembangan bahan ajar handout materi karya seni kolase berbasis bahan alam untuk kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 407–417. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/34662/30813
Rambung, O. S., Sion, Bungamawelona, Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 598–612. https://doi.org/https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/issue/view/3
Salassa, A., Rombe, R., & Fani Parinding, J. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(6), 541–554. https://doi.org/https://jpk.joln.org/index.php/2/issue/view/6
Sari, D. T., Aula, A. W., Nugraheni, V. A., Dina, Z. K., & Romdhoni, W. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa SD Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 82–96. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.30
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Sudrajat, D. R., Dahlan, D., & Budiwati, N. (2023). Refleksi Mata Kuliah Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Model Baru Bidang Studi Ekonomi LPTK Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2022. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 716–725. https://doi.org/https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.187
Tarmizi, P., Setiono, P., Amaliyah, Y., & Agrian, A. (2021). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Sehat Itu Penting Kelas V SD Negeri 04 Kota Bengkulu. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 124. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.7090
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45
Wahyuni, R., & Nurhayati, N. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 76–81. https://doi.org/10.32505/v3i2.1367
Wardhani, D. A., & Pujiono, A. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Terhadap Kompetensi Mengajar Guru Sekolah Minggu. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 2(1), 10–21. https://doi.org/10.52960/jd.v2i1.109
Wuarlela, M. (2022). Model Pembelajaran 5I+1W Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menulis Teks Cerita Pendek Di Smp (Suatu Pengembangan Model Pembelajaran). ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 663–674. https://doi.org/10.30598/arbitrervol4no2hlm663-674
Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, (1) 2(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.34
Yanti, K. L., Suweta, I. M., & Dewi, N. P. C. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Konsiderasi berbantuan Media Accordion book terhadap Sikap Toleransi Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PPKN. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2, 116–125. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/wj.v2i2.2459
Zihniatul Ulya. (2024). Penerapan Teori Konstruktivisme Menurut Jean Piaget dan Teori Neuroscience Dalam Pendidikan. AL-MUDARRIS : Journal of Education, 7(1), 53–54. https://doi.org/https://doi.org/10.32478/m1778y41
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kadek Mona Qristyaningsih, Kadek Yudiana, I Gede Margunayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.