E-Book Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Untuk Siswa Kelas IV

Authors

  • Cindy Fruth Novi Situmorang Universitas Pendidikan Ganesha
  • Alexander Hamonangan Simamora
  • I Made Tegeh

Keywords:

E-book, Problem Based Learning, ADDIE

Abstract

Rendahnya keterampilan dan pengetahuan tenaga pendidik dalam mengembangkan bahan ajar digital yang kreatif dan inovatif membuat proses pembelajaran di kelas menjadi monoton sehingga mengakibatkan peserta didik kurang antusias dan kurang bersemangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-book berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPAS. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penleitian ini adalah model ADDIE. Ada tiga subjek dalam penelitian ini yaitu, 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, dan 1 ahli media pembelajaran. Sedangkan subjek uji coba dalam penelitian ini terdapat 3 siswa untuk uji coba perorangan dan dan 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, kuesioner, dan tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitaif. Adapun hasil penelitian dari penelitian yakni, hasil penilaian yang diberikan oleh ahli isi pembelajaran yaitu 96,36% (sangat baik). Hasil penilaian yang diberikan oleh ahli desain pembelajaran yaitu 92% (sangat baik). Hasil penilaian yang diberikan oleh ahli media pembelajaran yaitu 93,85% (sangat baik). Hasil penilaian oleh uji coba perorangan 95,83% (sangat baik). Hasil uji coba kelompok kecil yaitu 98,33% (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-book berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPAS layak digunakan dalam pembelajaran. E-bo

References

Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776.

Asmi, A. R., Dhita Surbakti, A. N., & Hudaidah. (2018). E-Module Development Based Flip Book Maker forCharacter Building in Pancasila Coursework Sriwijaya University. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial , 27 (1), 1–10.https://doi.org/10.17509/jpis.v27i1.9395.

Asrial, Syahrial, Maison, M., Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module toImprove Perception, Interest, and Motivation of Students in Class V Elementary School. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 30–41. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222.

Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital Pada Mater Gerak. Vox Edokasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829.

Balan, L., Yuen, T., & Mehrtash, M. (2019). Problem Based Learning Strategy for CAD Software Using Free-Choice and Open-Ended Group Projects. Procedia Manufacturing, 32. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.02.223.

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/3015.

Boyd, L. (2019). Using Technology-Enabled Learning Networks to Drive Module Improvements in the UK OpenUniversity. Journal of Interactive Media in Education, 2019(1), 1–7. https://doi.org/10.5334/jime.529.

Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 28–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.70.

Darwanto, D., & Meilasari, V. (2022). Bahan Ajar Digital Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh dan Mandiri (Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Graf). Jurnal Basicedu, 6(1), 1055–1063. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2119.

Darwanto, D., & Meilasari, V. (2022). Bahan Ajar Digital Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh dan Mandiri (Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Graf). Jurnal Basicedu, 6(1), 1055–1063. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2119.

Dewi, K., Sumarmi, & Putra, A. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM dengan Pendekatan Eco-Spatial Behavior Materi Kependudukan Development of STEM-Based Digital Teaching Materials with an Eco- Spatial Behavior Approach for Population Materials. JPIPS : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 92–102. https://doi.org/10.15548/jpips.v7i2.11960.

Ditsmp Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran. Retrieved from ditsmp.kemdikbud.go.id: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 31–52. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/115/110.

Dwi, I. M., Arif, H., & Sentot, K. (2013). Pengaruh strategi problem based learning berbasis ICT terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 8–17. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2575.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977.

Fransiska, M., Kesumawati, N., & Nurmilasari, N. 2022. Pengembangan E- Book Berbasis PMRI Materi Perkalian Bilangan Bulat Kelas V SD. Research & Learning in Primary Education.4, 8–22. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.2800.

Hadaya, A., Asrowi, & Sunardi. (2018). Perception of Junior High School Students about the Use of E-booksas Learning Sources. Jurnal of Educational Science and Technology ,4(1), 55–61. https://doi.org/10.26858/est.v4i1.5219.

Hae, Y., Tantu, Y. R. P., & Widiastuti, W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Visual Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1177–1184. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/522.

I Kadek. Atmaja, I. Komang Sukendra, I. W. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika SMA Kelas X Berorientasi HOTS. Widyadari, 22(2), 459–468. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368.

Indariani, A., Amami Pramuditya, S., & Firmasari, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pembelajaran Matematika (Bahan Ajar Digital Interaktif pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(2), 89–98. https://doi.org/10.24235/eduma.v7i2.3670.

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformasi, 1. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69.

Khamidah, N.,Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770.

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828.

Liana, L., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP), 8(3), 289-298. DOI: 10.17977/um031v8i32021p289.

Lilis. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Digital pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 156–168. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/viewFile/7423/5155.

Majid, M. S. Z. B. A., Ali, M. M. B. A., Rahim, A. A. B. A., & Khamis, N. Y. B. (2012). The Development of Technical English Multimedia Interactive Module to Enhance Student Centered Learning (SCL). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 67 , 345–348. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.337.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375.

Mella, B., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 127–136. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. Https://Doi.Org/10.36312/E-Saintika.V3i2.12.

Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187. https://pps.iiq.ac.id/jurnal/index.php/MISYKAT/article/view/52.

Nurzazili, N., Irma, A., & Rahmi, D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sma Negeri 10 Pekanbaru. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 172–179. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.43.

Ozturk, G., & Hill, S. (2020). Mother–Child Interactions During Shared Reading with Digital and PrintBooks. Early Child Development and Care,190(9), 1425–1440. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1538977.

Puspoko Jati, D. H., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2019). The Development of Local Wisdom BasedCharacter Education Training Module. Journal of Education Research and Evaluation,3(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jere.v3i1.17763.

Rosdianto, H., Sulistri, E., & Munandar, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran ADDIE Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(1), 53. https://doi.org/10.25273/jpfk.v5i1.2947.

Safitri, E. R., & Nurkamilah, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Android untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 296–304. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1612.

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dan Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719.

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012.

Suartama, I. K. (2016). Materi 4 Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran Oleh : I Kadek Suartama Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2016. Ubiquitous Learning Environment Based on Moodle Learning Management System, Januari 2016, 1–17. https://www.researchgate.net/publication/335541585%0AEvaluasi.

Sudjana, N & Rivai , A 2012 Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Aglesindo

Ulum, M. K., S, E. E., & Ysh, A. S. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Addie Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 98. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24774.

Winatha, K. R., Naswan, S., & Ketut, A. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238.

Williams, J.M. 2014. Is student knowledge of anatomy affected by a problem based learning approach? A review. Journal of Education and Training Studies, 2(4), 108-113. https://doi.org/10.11114/jets.v2i4.509.

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238.

Wulandari, I. G. A. A. M., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blendedpada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha,8(1), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459.

Yustianingsih, R., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563.

Zulfiati, H. M. (2020). Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Ict (Information And Communications Technology) Dengan Aplikasi Lectora Inspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 1(1), 39–58. DOI:10.21831/jipsindo.v1i1.2878.

Published

2024-08-30

How to Cite

Situmorang, C. F. N., Simamora, A. H. ., & Tegeh, I. M. (2024). E-Book Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Untuk Siswa Kelas IV. Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/82415

Issue

Section

Articles