Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.35437Keywords:
ADDIE, Video ADDIE, IPA, Video., ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian merupakan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 45 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, pencatatan dokumen, dan koesioner/angket. Instrument yang digunakan adalah laporan pencatatan dokumen dan angket tanggapan serta angket validasi kelayakan media yang diberikan kepada 5 validator yang terdiri dari 1 guru mata pelajaran, 2 validator ahli dan 9 orang siswa. Teknik analisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA dikatakan valid dengan. Hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan media video pembelajaran sangat baik dengan persentase 100%. Hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan media video pembelajaran baik dengan persentase 85,71%. Hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan media video pembelajaran sangat baik dengan persentase 92,72%. Hasil uji coba perorangan menunjukkan media video pembelajaran sangat baik dengan persentase 95,41%. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan media video pembelajaran sangat baik dengan persentase 95,83%. Hal ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran Usaha Pelestarian Lingkungan layak untuk digunakan bagi guru dan peserta didik SD.
References
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149
Arsyad & Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 28–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.70. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.23
Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273 DOI: https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273
Fujiyanto, A. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576.
Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a
Ismawati, L. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Di Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.1, 91–104. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jpeka.v1n2.p091-104.
Jang, B. G., & Protacio, M. S. (2020). Use of Cognitive Interviews to Test the Validity of a Reading Motivation Instrument for English Learners. Reading Psychology, 1–21. https://doi.org/10.1080/02702711.2020.1813226. DOI: https://doi.org/10.1080/02702711.2020.1813226
Mahendra, I. W. A., Rati, N. W., & Riastini, P. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Permainan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–5. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10885. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14718
Rifai, M. H. (2018). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap pemahaman konsep mitigasi bencana pada mahasiswa pendidikan geografi. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 62–69. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.79.
Santriana Son, R. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 284–291. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p284-291 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p284-291
See, S., & Novianti, C. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurna Basicedu, 4(4), 1212 – 1218. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522
Syupriyanti, L., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Menggunakan Pendekatan Ctl Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Sd. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 237–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.