Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini

Authors

  • Ni Komang Larasantika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Rahayu Ujianti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.35636

Keywords:

media pop-up book, kemampuan menyimak, anak usia dini

Abstract

Media Pop-Up book menjadi salah satu media yang menarik namun masih terkesan konvensional, sehingga perlu dilakukan pengembangan agar fungsi media dapat maksimal dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran Pop-up Book untuk meningkatkan kemampuan menyimak yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu: tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi dan media. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi ahli materi masuk ke dalam kategori baik dengan jumlah rata-rata keseluruhan 4,25. Hasil validasi ahli media masuk ke dalam kategori sangat baik dengan jumlah rata-rata keseluruhan 4,45. Hal ini artinya media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak. Dari hasil pengembangan ini diharapkan mampu memberikan referensi pengembangan media pop up book, dan dapat memaksimalkan fungsi media pop up book dalam pembelajaran anak usia dini.

References

Anies Solichah, L., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9), 1537–1547.

Budyawati, L. P. I., & Hartanto, W. (2017). Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Di Paud Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 24. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6331. DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6331

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan media pop-up book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakuaden kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1, 221–228.

Dewi, M. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11

Eri Karisma, I. K., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458

Fadzilah, F., Fatkhu Royana, I., & Endah Handayani, D. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 223. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19258. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19258

Fitri, N. A. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 226–239.

Hanifah, T. U. (2014a). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung). Belia: Early Childhood Education Papers, 3(2), 46–54.

Hanifah, T. U. (2014b). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung). Early Childhood Education Papers ( Belia), 3(2), 46–54. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/belia.v3i2.3727.

Hijriyah, U. (2016). Menyimak: Stategi dan Implikasinya dalam Kemahiran Berbahasa. In Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Raden Intan.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69.

JR, R. R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5

Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sdn 3 Junjung Kecamatan Suymbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495

Kokomaking, Y. O., & Usman, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Teknik Bisik Berantai. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(2), 78. https://doi.org/10.26858/interference.v2i2.20478. DOI: https://doi.org/10.26858/interference.v2i2.20478

Koukopoulos, Z., & Koukopoulos, D. (2019). Integrating educational theories into a feasible digital environment. Applied Computing and Informatics, 15(1), 19–26. https://doi.org/10.1016/j.aci.2017.09.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.aci.2017.09.004

Mahayani, S., Irwandani, I., Yuberti, Y., & Widayanti, W. (2018). Kotak Pop-Up Berbasis Problem Solving: Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Cahaya Dan Alat-Alat Optik Untuk Kelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 98. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25847. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25847

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech …, 6, 212–221.

Mercer, N., Hennessy, S., & Warwick, P. (2019). Dialogue, thinking together and digital technology in the classroom: Some educational implications of a continuing line of inquiry. International Journal of Educational Research, 97(October 2017), 187–199. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2017.08.007. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijer.2017.08.007

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(2), 95–105. DOI: https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7

Muchlisa, N., Anggereni, S., Dani, A. U., & Box, P. U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Box Berbasis Problem Solving Pada Mata Pelajaran Ipa Fisika Developing Pop Up Box Learning Media Based On Problem Solving In. 3(1), 97–109. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.21186

Permana, E. P., & Sari, Y. E. P. (2018). Development of Pop Up Book Media Material Distinguishing Characteristics of Healthy and Unfit Environments Class III Students Elementary School. International Journal of Elementary Education, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.13127. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.13127

Rahmawati, N. (2013). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Putera Harapan Surabaya. PAUD Teratai, 3(1), 5–6.

Rahmawati, N., & Komalasari, D. (2014). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pytera Harapan. Prodi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Uiversitas Negeri Surabaya, 3 No.1, 5–6.

Saodi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2021). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163–172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Siregar, A., & Rahmah, E. (2016). Model Pop Up Book Keluarga Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 5(1), 10–21.

Siti Rochmiyati, Purwadi, & Diyah, D. P. (2019). Pengaruh Media Pop-Up Terhadap Kemampuan. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 173–179. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4047

Ukhtinasari, F., Mosik, & Sugiyanto. (2017). Pop-up sebagai Media Pembelajaran Fisika Materi Alat-Alat Optik untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(2), 1–6.

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857

Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Preschool (Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini), 1(1), 53–59. DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8177

Downloads

Published

2021-07-10

How to Cite

Larasantika, N. K., Tegeh, I. M. ., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini . Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.35636

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)