Model Experiential Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26432Kata Kunci:
model Eksperiental Learning, media konkret, kompetensi pengetahuan IPAAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mengkaji pengaruh model Experiential Learning berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa sekolah dasar dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design (eksperimen semu). Subjek yang digunakan sebagai populasi yakni 6 kelas IV dari 6 sekolah dasar dengan jumlah 204 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda biasa, kemudian dilaksanakan perhitungan uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov serta uji homogenitas varians menggunakan rumus Fisher. Selanjutnya dianalisis dengan statistik parametrik menggunakan uji-t polled varians. Hasil perhitungan memperoleh rata – rata 69,421 pada kelompok eksperimen dan rata –rata 64.000 pada kelompok kontrol, serta dipeoleh thitung = 2,400 > ttabel 1,993 dengan taraf signifikansi = 5% dan dk = 36+38–2 = 72 , maka dari itu diperoleh keputusan Ho ditolak, , sehingga disimpulkan bahwa model Experiential Learning berbantuan media konkret berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa sekolah dasar.
Referensi
Afief Zuhryzal, M. F. (2019). Keefektifan Model Experiental Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal of Conservation, 2. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/22689
Agung A.A.G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Aprilia, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5((01)), 20–34. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/322
Ariasih, N. K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif SAVI Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1882
Aryuni, N. K. R. (2017). Pengaruh Modelexperiential Learning Bernuansa Visual, Auditori, Kinestetik Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10780
Beniasih, N. M. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Core Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5678
E. Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Edukasia, J. E., & Anggoro, S. (2019). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Rasa Ingin Tahu. 2(2), 154–163. http://jurnal.elementaria.edukasiana.ac.id
Fahmi, A. N., Pendidikan, P. T., Negeri, U., Maret, S., Videoscribe, S., Info, A., & Videoscribe, S. (2020). Vlog Experiental Learning Pada Materi Teknik Fermentasi Tempe Produk Bioteknologi. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(03), 229–238. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/20820
Fitriyani, S., Riswandi, R., & Mustakim, E. (2018). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pedagogi, 7(9). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16240
Garinalis, W., Nurasiah, & Lyesmaya, D. (2018). Winda Garina-Iis Nurasiah-Dyah Lyesmaya Attadib Journal Of Elementary Education, Vol. 2 (1), Juni 2018. Attadib Journal Of Elementary Education, 2(1). https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/249
Genitri, D. W. M. (2013). Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Relaksasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Gugus 6 Kecamatan Sawan. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Gilang Camilla Alamanda. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Experiental Learning Terhadap Perubahan Konseptual Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/6631
Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria, 8(1), 1–15. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1013
Haryanti, A., Suhartono Suhartono, & Moh Salimi. (2019). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Panas dan Perpindahannya di Sekolah Dasar. 14(1), 39915587. https://doi.org/10.29303/jpm.v14.i1.1046
Hilman, I., & Yusup, M. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Eksperiential Learning Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. http://www.ejurnal-stitpringsewu.ac.id
Kasni, N. W., Pudjawan, K., & Agustiana, I. G. A. T. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Kelas V SD Kelurahan Kaliuntu. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/718
Kastawaningtyas, A., & Martini, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 45–52. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa/article/view/3090
Komang, N., Aryuni, R., Manuaba, I. B. S., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Experiential Learning Bernuansa Visual , Auditori , Kinestetik Terhadap IPA Kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10780
M. Saleh Fathul Jannah. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Tipe Experiential Learning Model Di Kelas V SDN 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Paradigma, 8(1), 1–476. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munif, I. R. S. (2012). Penerapan Metode Experiential Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 1–1. https://doi.org/10.15294/jpfi.v5i2.1014
Prasetyo, T., & Andriatna, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Experential Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Ipa Kelas III SDN Bogor The Applicability Of Experiential Learning Models To Improve The Understanding Of Grade III Science In Parakanmuncang 02 Elementary School , Nanggung. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(4). https://www.unida.ac.id/ojs/skripsiunida/article/view/1682
Purwandari, N. A., Suardika, I. W. R., & Putra, I. (2014). Model Experiential Learning Bernuansa VAK ( Visual , Auditori , Kinestetik ) Berpengaruh Terhadap Hasil. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3007
Putu, N., Pramita, I., Raga, G., Riastini, P. N., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas V Kecamatan Sukadana. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2609/2219
Santiani, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10826
Silberman, M. (2016). Handbook Experiential Learning. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Supriani, Y. (2018). Pengaruh Experiential Learning Dan Kreativitas Siswa SDn Pel Amunan Kabupaten Serang Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Susanti, K. A., Suadnyana, I. N., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugusi Gusti Ngurah Rai Denpasar. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Ganesha, 2(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1924
Taung, R., & Tangkas, I. M. (2014). Penerapan Experiential Learning dalam Pembelajaran IPA pada Materi Ciri Khusus Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Inpres Mandok. 2(2), 1–11. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2817
Umi, R. (2017). Keefektifan Experiential Learning Model dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Literasi Sains di MI Sultan Agung Sleman Yogyakarta. Universitas Sunan Kalijaga, 1–14. http://digilib.uin-suka.ac.id
Utami, S., Gede Agung, a a, Sudiana, I. W., & Pgsd, J. (2013). Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Media Benda Asli Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus 1 Kecamatan Tabanan. 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/920
Wakhidiani, D., & Rochmiyati Rochmiyati, N. W. (2017). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Terpadu. Jurnal Pedagogi, 5(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12198
Wiandariyani, Y., Dantes, N., & Partadjaja, T. R. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn Banjar Tegal , Kecamatan Buleleng. 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1344
Widyasari, N. N., Ni Wayan Rati, S.Pd., M. P. ., & Dra. Nyoman Kusmariyatni, S. P. . (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tai Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10737
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)