Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32878Kata Kunci:
Media Diorama, Siklus Air, IPAAbstrak
Permasalahan dalam proses pembelajaran menyebabkan kesulitan bagi siswa dalam memahami materi. Kurangnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa mengalami berbagai kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media diorama materi siklus air pada muatan IPA. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan metode kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data memperoleh presentase ahli isi muatan pelajaran IPA memperoleh skor 100 dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 100 dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 94,44 dengan kualifikasi baik, dan hasil uji coba perorangan memperoleh skor 95,33 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran) dan hasil uji coba perorangan, dapat disimpulkan bahwa produk media diorama ini layak digunakan pada pembelajaran muatan materi IPA kelas V. Implikasi penelitian ini dapat membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran IPA.
Referensi
Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Aditya Media Publishing.
Amalia, Miftah Devi, Ferina Agustini, and Joko Sulianto. 2018. “Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Paedagogia 20 (2): 185. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.9850.
Andriyani, N L, and N W Suniasih. 2021. “Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade.” Journal of Education 5 (1): 37–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.
Ardhani, Azizah Dwi, Mohammad Liwa Ilhamdi, and Siti Istiningsih. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran IPA Kelas IV SD.” Jurnal Pijar Mipa 16 (2): 170. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446.
Asyhari, Ardian, and Helda Silvia. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajran IPA Terpadu.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 5 (1): 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100.
Dudung, Agus. 2018. “Kompetensi Profesional Guru.” JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan) 5 (1): 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02.
Hanik, Elya Umi. 2020. “Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 8 (1): 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417.
Hasibuan, Nisar &. 2019. Kepemimpinan Pendidikan Dalam Perspektif Hadis Telaah Historis Filosofi. Jakarta: KENCANA.
Hazmiwati, Hazmiwati. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (1): 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359.
Ibrahim, Ibrahim, Kosim Kosim, and Gunawan Gunawan. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 3 (1): 14. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.318.
Johan, Artikel, and Andri Aka. 2020. “Plagiarism Detector v . 1678 - Originality Report 8 / 18 / 2020 2 : 52 : 41 PM Excluded Urls : Included Urls :,” 1–16.
Jumiati, Jumiati. 2017. “Penerapan Metode Karya Wisata Pada Konsep Dasar IPA MI/SD Materi Perkembangbiakan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI.” Muallimuna 2 (2): 19–27. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.765.
Kusumawati, Naniek. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Dengan Animasi Macromedia Flash Berbasis Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Di Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 5 (02): 263–71. https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.289.
Lailiyah. 2020. “Pengembangan Media Komik Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (1): 1–11.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian pgsd/article/view/33521/29990.
Lusidawaty, Vivi, Yanti Fitria, Yalvema Miaz, and Ahmad Zikri. 2020. “Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4 (1): 168–74. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333.
Maimunah, Maimunah. 2016. “Metode Penggunaan Media Pembelajaran.” Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban 5 (1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107.
Nadhliroh, Iin, Fitria Dwi Prasetyaningtyas, and Info Artikel. 2018. “Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual Pada Muatan Ips Kelas V.” Joyful Learning Journal 7 (4): 25–33. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i4.25877.
Nuri, Ramadhan, and Khairunnisa. 2021. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku” 8 (1): 49–60. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/twt.v8i1.3208.
Paramita, D. K., Garminah, and I Md. C. Wibawa. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Mimbar PGSD Undiksha 4 (1): 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6954.
Pendidikan, Gelar Sarjana. 2021. “Diajukan Untuk Memenuhi Kewajiban Dan Syarat Guna Memperoleh.” Implementasi Aplikasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Matematika Masa Pandemi Covid-19 19 (IMPLEMENTASI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA).
Prabowo, Dady Mukti. 2019. “Pegembangan Media Diorama 3 Dimensi Dalam Pembelajaran Ipa Materi Ekosistem Kelas V.” Joyful Learning Journal 6 (4): 234–42. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.17008.
Risma, Risma, Agustinus Toding Bua, and Muhsina Annisa. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Tema Ekosistem Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 3 (2): 92–100. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.301.
Riwahyudin, Arvi. 2015. “Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau.” Jurnal Pendidikan Dasar 6 (1): 11. https://doi.org/10.21009/jpd.061.02.
Robbayani, Annisa. 2016. “Pengembangan Media Diorama Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Perairan Laut Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Iis Di Man Tempursari Ngawi Tahun Ajaran 2015 / 2016.” Jurnal Swara Bhumi 1: 28–37.
Santhi, Ni Luh Komang Widya, I Gusti Ayu Agung Sri Asri, and Ida Bagus Surya Manuaba. 2020. “Social Studies Learning With Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Learning Model Assisted by Diorama Media Increases Student Knowledge Competence.” International Journal of Elementary Education 4 (3): 281. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.25853.
Sugianti, Riyanto &. 2020. Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2D2 : Teori Dan Praktek. pasuruan: lembaga academic & research institute perum sekar indah II.
Tegeh, I Made, and I Made Kirna. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model.” Jurnal Pendidikan 11 (1): 16.
Widiana, I Wayan. 2016. “Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5 (2): 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154.
Widodo, T R I Cahyo. 2019. “Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang Maret 2019.”
Yunidawati, Silviana, Bambang Eko Hari Cahyono Cahyono, and Asri Musandi Waraulia. 2019.“Implementasi Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Dalam Mencipta Puisi Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Ngebel Tahun Ajaran 2017/2018.” Widyabastra 07 (1): 26–36.
Zulfana, Firda, Purwadi, and Mudzanatun. 2020. “Pengaruh Model Nht Berbantu Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd N 02 Ujung Pandan Jepara.” Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 7 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i1.474.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)