Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Organ Pencernaan untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.46195Kata Kunci:
LKPD, Guided Inquiry, IPAAbstrak
Kurang tersedianya LKPD yang menarik dan dapat membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujan untuk lembar kerja peserta didik berbasis guided inquiry pada materi organ pencernaan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji dalam penelitian ini meliputi ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 orang peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil review ahli isi pembelajaran menunjukkan kualifikasi baik (85,41%). Hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan kualifikasi sangat baik (93,75%). Hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan kualifikasi sangat baik (90,62%). Hasil uji coba perorangan menunjukkan kualifikasi sangat baik (95,23%). Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan kualifikasi sangat baik (91,66%). Jadi LKPD berbasis Guided Inquiry layak digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas V SD. Implikasi dari penelitian berupa mendukung proses pembelajaran yang lebih menarik dan tidak membosankan.
Referensi
Agung, A. A. G. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Ain, Q., & Mitarlis, M. (2020). Pengembangan Lkpd Berorientasi Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Materi Faktorfaktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 397–406. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p397-406.
Aldilha Yudha, S. F., Yulkifli, & Yohandri. (2019). Validity of student worksheet based on guided inquiry learning model assisted by digital practicum tool. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012058.
Ani, N. I., & Lazulva. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Nature Science and Integration, 3(1), 87–105. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161.
Annafi, N., Ashadi, & Mulyani, S. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri, 4(3), 21–28. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains.
Annuuru, T., A., Johan, R., C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Edutcehnologia, 3(2), 136–144. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9144.
Aprilia, A., Zuliani, R., Rini, C. P., & Unaenah, E. (2020). Aprilia, A., Zuliani, R., Rini, C. P., & Unaenah, E. (2020). Pengembangan LKSBerbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Pondok Pucung 01 Kota Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), 52–61. https://doi.org/10.31000ijoee.v1i2.2931.
Ashari, D., Bintartik, L., & Mudiono, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 27(2), 19–28. https://doi.org/10.17977/um035v27i22019p56-65.
Astari, J. I. R., & Sumarni, W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains Gunameningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Chemistry in Education, 9(2), 1–9. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/39582.
Atiya, H., Arifin, M. N., & Lailiyah, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Terhadap Prestasi Matematika Siswa SD di Era Pandemi Covid-19. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 141–152. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3019.
Budiyono, A., & Hartini, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2), 141–149. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149.
Damaianti, O., Mawardi, M., & Oktavia, B. (2019). Development of guided inquiry-based worksheets on colloidal material for chemistry learning grade XI in senior high school. International Jurnal of Progressive Sciences and Technologies (IJIPSAT), 14(1), 13–19.
Darmaji, Kurniawan, D. A., Astalini, & Heldalia. (2020). Analisis keterampilan proses sains siswa pada materi cermin datar. Jurnal Prndidikan, 5(7), 1013–1019. https://doi.org/10.17977jptpp.v5i7.13804.
Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undikhsa, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350.
Fadhil, A., Handoko, A., & Suherman, S. (2021). Lkdp-Guided Inquiry: Pengembangannya Pada Materi Organ Gerak Hewan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 138. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2339.
Fazriyah, N., Cartono, C., & Awangga, R. M. (2020). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Quizizz di Sekolah Dasar Kota Bandung. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 199–204. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5429.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574.
Ginting, L. B., Herlina, K., & Rosidin, U. (2019). Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 86. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.299.
Hisbullah, & Firman. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Juornal of PrimaryEducation, 2, 100–113. https://doi.org/10.30605cjpe.222019.231.
Istikharah, R. dan Z. S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) Kelas X SMA / MA Pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.24114/jpms.v12i1.9001.
Kuhlthau, C. C. (2010). Call for 21 st Century Skills Information Technology – The Easy Part and the Hard Part. School Libraries Worldwide, 16(1), 17–28.
Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 8–11. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2503.
Kusumasari, A., Herdini, & Susilawati. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 6(1), 20–29. https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v6i1.15133.
Kusumawati, O., & Nugroho, A. W. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Penjasorkes Melalui Aktivitas Jelajah Alam Sekitar Sekolah (Ajass) Bagi Anak Tunarungu Tingkat Sekolah Dasar Luar Biasa (Sdlb) Sekota Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 165–172. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4777.
Margayu, T., Yelianti, U., & Hamidah, A. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pokok Bahasan Klasifikasi Mahluk Hidup. Biodik, 6(2), 133–144. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8719.
Mariamah, Bagus Putrayasa, I., & Nyoman Sudiana, I. (2022). Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1), 733–739. https://doi.org/10.36312 jime.v8i1.2797.
Mirza, G. A., Ristiono, & Handayani, D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Bernuansa Emotional Spritual Quotient tentang Materi Sel , Jaringan , Organ dan Organisme untuk Peserta Didik Kelas VII SMP / MTs. Bioeducation Journal, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.24036bioedu.v3i1.108.
Misbah, Dewantara, D., Hasan, S. M., & Annur, S. (2018). The Development Of Student Worksheet By Using Guided Inquiry Learning Model To Train Student’s Scientific Attitude. Unnes Science Education Journal, 7(1), 19–26. https://doi.org/10.15294/USEJ.V7I1.15799.
Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 204–213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691.
Novariana, M. (2021). Interaksi edukatif guru kunjung sebagai strategi alternatif meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran masa pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 702–715. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562072.
Nurmalena, D. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPS Kelas VI SDN Bumi Dana Kecamatan Way Tuba. Jurnal Pedagogi, 2(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13328.
Oktariayani, O., Roza, M., & Remiswal, R. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD/MI. Jurnal Tarbiyah Al-Walad, 10(2), 123–132.
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151.
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32.
Purniasih, K. R., Pudjawan, K., & Mahadewi, L. P. P. (2017). Pengembangan LKS IPA Bermuatan Karakter dengan Setting Guided Inquiry di SD Negeri 1 Astina. Jurnal Edutech …, 5, 62–71.
Putra, G., & Agustiana, I. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran Daring. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813.
Riyani, A. F., Kusumo, E., & Harjito, H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berpendekatan Inkuiri Terbimbing pada Konsep Kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(1), 30–36. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i1.9415.
Rufaidah, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Dengan Media Lkpd Pada Materi Relasi Dan Fungsi Siswa Kelas Viii-B Mts Al-Ma’Arif Bocek Karangploso Tahun Pelajaran 2017/2018. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 95. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2621.
Sari, D. P., Caswita, & Bharata, H. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(11), 1–13. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21864.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran.
Suartama, I Kadek. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585_Evaluasi_dan_Kriteria_Kualitas_Multimedia_Pembeajaran.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.
Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154.
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis.
Wulandari, F. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 267–278. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.259.
Yuniati, N., Purnama, B. E., & Nurgoho, G. K. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1 Sragen. Jurnal Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 3(4), 25–29. http://speed.web.id/ejournal/index.php/speed/article/view/247.
Zuhra, P., Elisa, & Halim, A. (2021). Asian Journal of Science Education. Asian Journal of Science Education, 3(1), 81–89. https://doi.org/10.24815ajse.v1i1.14351.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 I Made Pande Adi Arimbawa, Ni Wayan Suniasih
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)