Efektivitas E-Modul Berbasis RADEC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab Wujud Zat dan Perubahannya
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59281Kata Kunci:
E-Modul, RADEC, IPASAbstrak
Kesediaan media pembelajaran IPAS masih terbatas yang berdampak pada hasil belajar iswa kurang, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan bangun dan menghasilkan E-Modul Berbasis RADEC pada Pembelajaran IPAS BAB Wujud Zat dan Perubahannya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektivitasnya terhadap hasil belajar IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini penelitian dan pengembangan dengan metode pengumpulan data kuesioner dan tes, subjek penelitian e-modul sebagai media, ahli, dan siwa. Instrument penelitian berupa kuisioner validitas, kuesioner kepraktisan, dan tes hasil belajar IPAS. Analisis data menggunakan uji-t yaitu paired samples test. Hasil penelitian adalah validitas E-Modul melalui ahli materi 95,00% sangat valid, validitas ahli media 98,76 % sangat valid, dan validitas ahli bahasa 97,14% sangat valid. Kepraktisan oleh guru 97,67 % digunakan serta kepraktisan oleh siswa 96,54% dengan kategori sangat praktis dan layak dugunakan. Simpulan modul berbasis RADEC pada pembelajaran IPAS BAB Wujud Zat dan Perubahannya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar efektif meningkatkan rata-rata hasil belajar IPAS. Implikasi dari adanya penelitian ini e-modul meningkatkan hasil belajar IPAS serta siswa gemar membaca.
Referensi
Alwahid, A., & Suryana, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Model Addie di SMA Citra Nusa Cibinong Bogor. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 20(2), 151. https://doi.org/10.47467/mk.v20i2.513.
Angraini, N., & Masykur, R. (2018). Modul Matematika Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Pokok Trigonometri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 217–228. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2558.
Arrohman, D. A., Wahyuni, A. L. E., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2022). Implementasi Penggunaan LKPD Pencemaran Air Berbasis STEM dan Model Learning Cycle 6E Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 279–293. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23584.
Asrial, A., Syahrial, S., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism e-module to improve perception, interest, and motivation of students in Class V Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 30–41. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222.
Atmaji, R. D., & Maryani, I. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SD. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), 28–34. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.687.
Benešová, A., & Tupa, J. (2017). Requirements for education and qualification of people in Industry 4.0. Procedia Manufacturing, 11, 2195–2202. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2017.07.366.
Bilotta, E., Bertacchini, F., Gabriele, L., Giglio, S., Pantano, P. S., & Romita, T. (2021). Industry 4.0 technologies in tourism education: Nurturing students to think with technology. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 25, 100275. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2020.100275.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dianawati, I. A., & Suputra, I. N. (2022). Pengembangan e-modul berbasis flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas XII SMK. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9), 3816. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i9.1557.
Feriyanti, N. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika untuk Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1–12.
Halim, A. (2022). Pengaruh Model Read Answer Discussion Explain and Create (Radec) Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Dimoderasi Motivasi Belajar. Sosioedukasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 11(1), 121. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v11i1.1950.
Hamid, M. A., Yuliawati, L., & Aribowo, D. (2020). Feasibility of electromechanical basic work e-module as a new learning media for vocational students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 199–211. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15923.
Kumalasani, M. P., & Eilmelda, Y. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook Pada Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(1), 43. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.20175.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.
Latip, A. (2022). Penerapan Model Addie dalam Pengembangan. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 102. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.102-108.
Lestari, W. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Andragogi Pada Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Muhammadiyah Palembang A . Pendahuluan strategi pembelajaran yang harus diarahkan pada keefektifan mahasiswa , sedangkan pembelajaran ES. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 171–177. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.114.
Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564.
Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain e-module tematik berbasis kesantunan berbahasa anak usia dini di taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217.
Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11406.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 253. https://doi.org/10.36088/bintang.v3i2.1337.
Permana, I., Zulhijatiningsih, & Kurniasih, S. (2021). Efektivitas E-Modul Sistem Pencernaan Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 5(1), 36–47. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.18372.
Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18–32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2). https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653.
Pratama, Y., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss_ Explain And Create): The Importance of Build Critical Thinking Skills In Indonesian Context. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 109–115. https://doi.org/https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i1.99.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(2), 604. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653.
Rindiana, T., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 89 – 100. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.186.
Rohman, M. A., Hasanah, F. N., & Untari, R. S. (2020). Development of Interactive Learning Videos to Increase Learning Motivation in Graphic Design Lessons in Vocational Schools: Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pelajaran Desain Grafis Di SMK. Procedings of The Icecrs, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21070/icecrs2020485.
Sadimin, S., Hardyanto, W., & ... (2017). Developing an E-Module-Based Classroom Action Research Training Model. The Journal of Educational …, 5(3), 353–364. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jed/article/view/18123%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jed/article/download/18123/8851.
Samiasih, R., & Sulton. (2017). Pegembangan E-Module Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Edcomtech, 2(2), 119–124. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3133.
Satria Dewi Pendit, S., Amelia, C., Pilok, N. A., & Sari Sitepu, M. (2022). Pengembangan E-Modul Discon Berbasis Android (E-Modul Disroid) Materi Bunyi Bagi Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 179. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1941.
Sukardi, R., Sopandi, W., & Riandi, R. (2021). Repackaging RADEC Learning Model Into The Online Mode in Science Class. Journal of Physics : Conference Series. https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1806/1/012142.
Sutantri, N., Sopandi, W., Wahyu, W., & Latip, A. (2023). Model Pembelajaran Radec Ditinjau Dari Perspektif Pembentukan Profil Pelajar Pancasila. EduMatSains, 7(2), 256. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i2.4045.
Tilova, S. N., Amini, R., Guru, P., Dasar, S., Ilmu, F., Universitas, P., & Padang, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate Berbasis RADEC di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 1110.
Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5510. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1680.
Umachandran, K., Jurcic, I., Ferdinand-James, D., Said, M. M. T., & Abd Rashid, A. (2018). Gearing up education towards Industry 4.0. International Journal, 17(2), 7305–7311. https://doi.org/10.24297/ijct.v17i2.7754 .
W.Pratama, S., & Handayani, H. (2017). Profil Perubahan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Dasar Dan Menengah Melalui Sosialisasi Dan Workshop Read_Answer-Discuss Explain-And Create (RADEC). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i1.99.
Wahyuni, C., Sudin, A., & Sujana, A. (2020). Nilai Integritas dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Radec Berbasis Grup Whatsapp Pada Materi Siklus Air. Jurnal Pena Ilmiah, 3(2), 121–130. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpi.v3i2.27969.
Wibisana, I. M. A. P., Suardana, I. N., & Sastrawidana, D. K. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA SMP Kelas VII Berbasis Komik Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 701. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.632.
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3729. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265.
Widianingrum, R., Suranto, S., Hermanto, F. Y., & Sholikah, M. (2020). Office Communication Competencies for Vocational High School in Industri 4.0. Dinamika Pendidikan, 15(1), 77–86. https://doi.org/10.15294/dp.v15i1.24348.
Widiastuti, K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435–445. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974.
Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974.
Wiratama, G. N. K., & Margunyasa, I. G. (2021). E-Modul Interaktif Muatan IPA Pada Sub Tema 1 Tema 5. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 158–267. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34805.
Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76.
Yulisdiva, A., Sodikin, C., Anggraeni, P., Info, A., Tingkat, K. B., & Pembelajaran, M. (2023). Perbandingan Model Radec Dengan Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi gaya. Jesa, 7(1), 17. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.960.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Luh Eka Ratna Widiari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)