Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Abilitas Akademik pada Siswa Kelas V SD

Penulis

  • I Putu Aris Pramartha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Gunamantha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61576

Kata Kunci:

Hasil belajar IPA, Abilitas akademik, Numbered heads together

Abstrak

Hasil belajar IPA siswa rendah. penyebab dari rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V diduga oleh metode pembelajaran yang monoton. Guru yang aktif dalam menjelaskan materi, sehingga siswa terlihat pasif/ hanya mendengarkan materi yang dijelaskan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan abilitas akademik terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas V SD berjumlah 104. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 orang yang diambil secara random. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalan dan dilanjutkan dengan uji scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar IPA (p kurang dari 0,05). Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan abilitas akademik terhadap hasil belajar IPA (p kurang dari 0,05). Pada kelompok siswa yang memiliki abilitas akademik tinggi, tedapat pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT terhadap hasil belajar IPA (p kurang dari 0,05). Pada kelompok siswa yang memiliki abilitas akademik rendah, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT terhadap hasil belajar IPA (p kurang dari 0,05). Dengan demikian kombinasi model pembelajaran sangat menentukan hasil belajar siswa.

Referensi

Ace, A., Akbar, A., & Maulana, P. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Media KIP IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 492–499. https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2584.

Agrin, G. S., Arifuddin, M., & Miriam, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 86. https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1005.

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.

Antony, A., & Mudjiran, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Strategi Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 19–27. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8420.

Astra, I. K. B., & Putra, I. K. N. (2020). Implementasi Kooperatif NHTMeningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Kaki Bagian Dalam. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i1.27840.

Astuti, W. (2019). Pengaruh Model Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 605–610. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.45.

Bachtiar, S., Zubaidah, S., Corebima, A. D., & Indriwati, S. E. (2018). The spiritual and social attitudes of students towards integrated problem based learning models. Issues in Educational Research, 28(2), 254–270. https://doi.org/10.3316/ielapa.673071578795421.

Cesari, A. V., Imam, K., & Wahyuni, S. (2016). Penerapan Numbered Head Together Dengan Pendekatan Guided Note Taking Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 6(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/6538.

Dadri, P. C. W., & Putra, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517.

Darma, D. B., Arista, R., Kurnia, F. D., & Noviyanti, S. (2022). Penggunaan Video Blog pada Mata Pelajaran IPA materi Ciri Makhluk Hidup di Kelas VI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 723–727. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4455.

Diah Purwati, N. L. P., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 282. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275.

Diana, L. M. (2021). Model Numbered Head Together Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2). https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.18.

Dunbar, K., & Yadav, A. (2022). Shifting to student-centered learning: Influences of teaching a summer service learning program. Teaching and Teacher Education, 110, 103578. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103578.

Iskandar, A. P., & Leonard, L. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.801.

Johann, V. E., & Karbach, J. (2020). Effects of game‐based and standard executive control training on cognitive and academic abilities in elementary school children. Developmental Science, 23(4), e12866. https://doi.org/10.1111/desc.12866.

Kurniawan, A. R., Chan, F., Riski, R. D., Ismaini, E., & Utomo, A. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Bakat Siswa di Sekolah Dasar Negeri 34/I Teratai. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 166–173.

Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331.

Liu, S., Hallinger, P., & Feng, D. (2016). Supporting the professional learning of teachers in China: Does principal leadership make a difference? Teaching and Teacher Education, 59, 79–91. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.05.023.

Maman, M., & Rajab, A. A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model ‘Number Heads Together (NHT)’ in Improving the Students’ Ability in Reading Comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(2), 174–180. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i2.4536.

Manafe, M. H., Daniel, F., & Taneo, P. N. (2022). Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Jurnal Basicedu, 6(3), 3279–3284. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2544.

Mudana, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 5(1), 86–94. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31806.

Mujahida, M., & Rus’an, R. (2019). Analisis Perbandingan Teacher Centered Dan Learner Centered. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 323–331. https://doi.org/10.56488/scolae.v2i2.74.

Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered head together) terhadap hasil belajar matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132–140. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517.

Narayani1, N. N. W., Suwatra, I. I. W., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Karakter dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural, 1(2018), 62–72. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20785.

Paramita, D. K., Garminah, & Wibawa, I. M. C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6954.

Parwata, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Terhadap Hasil Belajar Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Siswa SD. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 291. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21368.

Pendy, A., & Mbagh, H. M. (2021). Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Materi Pokok Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542.

Prasetyo, G., Hidayatullah, M. F., Akhyar, M., Wiranto, & Perdana, R. (2020). Strengthening Students’ Character Through Multimedia Learning in Primary Schools Education: Systematic Literature Reviews. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(3), 268–277. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8328.

Priani, I., Manuaba, I. B. S., & Darsana, I. W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus III Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1), 8–14. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16972.

Putra, M., Darsana, I. W., & Darmayanti, N. K. A. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Reinforcement Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 1(2), 145–152. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11607.

Roloff, J., Klusmann, U., Lüdtke, O., & Trautwein, U. (2020). The Predictive Validity of Teachers’ Personality, Cognitive and Academic Abilities at the end of High School on Instructional Quality in Germany: A Longitudinal Study. Aera Open, 6(1), 2332858419897884. https://doi.org/10.1177/2332858419897884.

Sri Antari, N. L. G., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116–123. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512.

Sudewiputri, M. P., & Dharma, I. M. A. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193.

Sumardi, L., Rohman, A., & Wahyudiati, D. (2020). Does the teaching and learning process in primary schools correspond to the characteristics of the 21st century learning? International Journal of Instruction, 13(3), 357–370. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13325a.

Tullah, M. I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola. Indonesian Gender and Society Journal, 2(2). https://doi.org/10.23887/igsj.v2i2.39709.

Tusyana, E., & Luciana, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Pkn. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4812.

Utami, N. L. P. L. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Budaya Hidup Sehat Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal on Education, 05(03), 9506–9518. http://jonedu.org/index.php/joe.

Witari, I. G. A., Putri, M., & Rati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7445.

Workala, R. (2021). Implementasi Pendekatan Scientific Kooperatif NHT Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola. Journal of Education Action Research, 5(4). https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12351.

Yenni, R. F. (2016). Metode Numbered Head Together ( NHT ) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 263–267. https://doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1006.

Diterbitkan

2023-08-08

Cara Mengutip

Pramartha, I. P. A., Dantes, N. ., & Gunamantha, I. M. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Abilitas Akademik pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 247–256. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61576

Terbitan

Bagian

Articles