PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.14275Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada muatan pembelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran STAD pada siswa kelas IIIA semester II di SDN4 Kampung Baru tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 2 (dua) siklus dengan alur penyusunan yakni; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan tiap siklus adalah dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIA tahun pelajaran 2017/2018 di SDN 4 Kampung Baru, yang berjumlah 25 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar pada muatan pembelajaran Matematika. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas IIIA di SDN 4 Kampung Baru. Berdasarkan tes hasil belajar, pada siklus I rata-rata hasil belajar Matematika siswa diperoleh sebesar 64,48, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 82,96. Selanjutnya, pada ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga terjadi peningkatan, terlihat dari perhitungan ketuntasan belajar klasikal siklus I yakni 40% dengan kategori sangat rendah dan pada siklus II meningkat menjadi 92% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan baik dari rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar klasikal siswa telah mencapai kriteria ketuntasan yaitu mencapai KKM 75 untuk rata-rata kelas dan mencapai minimal 80% atau berkategori baik untuk ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika dengan menerapkan model pembelajaran STAD pada siswa kelas IIIA SD Negeri 4 Kampung Baru meningkat.
Kata kunci: model STAD, hasil belajar matematika.
Abstract
This study aims to improve learning outcomes on mathematics learning content by applying STAD learning model to third grade students in the second semester of SDN4 Kampung Baru in the 2017/2018 academic year. This type of research is a classroom action research (PTK), which consists of 2 (two) cycles with a drafting path such as; action planning, action execution, evaluation, and reflection. The implementation of the action of each cycle is two meetings. The subjects of this study were the third graders of the 2017/2018 academic year at SDN 4 Kampung Baru, which amounted to 25 people, while the object of this study is the improvement of learning outcomes on the content of learning mathematics. In this research, data collected by test method. The instrument that used in this research is a test sheet. The results showed that there was an increase in Mathematics learning outcomes of third grade students at SDN 4 Kampung Baru. Based on the test of learning outcomes, the average Mathematics learning outcomes students on the first cycle obtained for 64.48, while in the second cycle the average learning outcomes increased to 82.96. Furthermore, the completeness of student learning is also increased in classical, it's seen from the calculation of classical learning completeness on the first cycle is 40% with very low category and on the second cycle increased to 92% with very good category. This shows that the class average as well as the completeness of the classical learning of students has reached the criteria of completeness that reaches KKM 75 for the class average and reaches at least 80% or categorized well for classical learning completeness. Based on the result of the research, it can be concluded that the learning result of Mathematics by applying STAD learning model to the third grade students of SD Negeri 4 Kampung Baru has increased.
Keywords: STAD learning model, learning result of mathematics
References
Agung, A.A. Gede. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Anderson dan Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Herry, Hermawan, Asep dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.
Hudojo, Herman. 2005. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
Kurniawan. 2011. Guru Professional. Bandung: Pers.
Mulyatiningsih, Endang. 2009. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta Bandung.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.
Runtukahu, Tombokan dan Kandou, Selpius. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sadiman, Arief S, dkk. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sanaky, Hujair. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Sudjana, Nana. 1987. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana Nana dan Rivai Ahmad. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Algensindo.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sukarnyana, I Wayan dan Kasihani Kasbolah E. S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Universitas Negeri Malang.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
………. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.