Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery learning Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29450Abstract
Perangkat pembelajaran IPA di sekolah dasar belum menggunakan model pembelajaran dan belum menerapkan lingkungan sebagai sumber belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran Discovery Learning berbasis lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah development research dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Populasi dalam penelitian pengembangan ini adalah 133 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah non tes dengan memberikan kuesioner untuk memeroleh penilaian terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran yang dinilai oleh pakar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas rencana pelaksanaan pembelajaran pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan yakni validitas rencana pelaksanaan pembelajaran dinyatakan valid.
References
Ariani, P., & Wachidi, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ppkn Siswa Kelas Vii Smp N 8 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 78–87.
Azura, A. R., Kamariyah, N., & Taufiq, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V Di Sd Al-Islah Surabaya. Journal of Natural Science Education Research, 1(2), 171–180.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.321.8
Dewi, L. V., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Pengaruh Aktifitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Scaffolding Lus. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 299–213. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630
Ertikanto, C., Rosidin, U., Distrik, I. W., Yuberti, Y., & Rahayu, T. (2018). Comparison of mathematical representation skill and science learning result in classes with problem-based and discovery learning model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 106–113. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.9512
Fahmawidiarti, M., Kusdiana, A., & Ganda, N. (2018). Analisis Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Cikoneng Ciamis. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 260–268.
Hamzah, Mu’arifin, Heynoek, F. P., Kurniawan, R., & Kurniawan, A. W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Materi Gerak Lokomotor Kelas Rendah Sekolah Dasar. 2(8), 384–394.
Jalil, M., Ngabekti, S., & Susilowati, S. M. E. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Refleksi Edukatika, 6(2), 130–137. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604
Litay, T., Mataheru, W., & Tamalene, H. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Materi Kesebangunan Segitiga di Kelas IX SMP Kristen YPKPM Ambon. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H. M., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi Phet Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 95. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2461
Payuyasa, I. N. (2017). Analisis Wacana Kritis Model Van Dijk Dalam Program Acara Mata Najwa di Metro TV. 5(November), 14–24.
Pratiwi, F. A. (2014). Pengaruh Pengggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma, 6, 10.
Pujihastuti, I. (2010). Prinsip penulisian kuesioner penelitian. CEFARS: Jurnal Agribisnis Dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43–56.
Purboningsih, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMK Kelas X. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 467–474.
Purohita, I. G. A. A. M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang. 3(April), 12–20.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3087
Ratnadewi, I. D. A., & Arini, N. W. (2018). Penerapan Discovery Learning Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14210
Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3043
Syamsir, M., Danial, M., & Syahrir, M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Discovery Learning Berorientasi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13315
Syaputra, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jesbio, V(2), 34–39.
Tena, S., Dominikus, W. S., Sukarjita, I. W., & Sains, F. (2019). Peningkatan Kompetensi Para Guru Sdi Permunas 2 Kupang Melalui Diklat Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( Tik ) Serta Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dan Sains Berbasis K-13. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Utami, D. (2015). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 232. https://doi.org/10.21009/jpd.062.05
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.