PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

Authors

  • Ni Kadek Sudiarni Jurusan PGSD, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Made Sumantri Jurusan PGSD, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18087

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan penilaian portopolio dan kelompok siswa yang dibelajarkan tidak menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan penilaian portopolio pada siswa kelas V di Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk eksperimen semu. Desain penelitian ini yaitu non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SD Gugus XV Kecamatan Buleleng berjumlah 203 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V SDN 2 Kalibukbuk yang berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 2 Anturan yang berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu dengan instrumen tes objektif (pilihan ganda). Data  yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji-t. Hasil analisis menunjukkan rata-rata skor keterampilan membaca pemahaman siswa yang menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan penilaian portofolio sebesar 23,47 dan siswa yang dibelajarkan tidak menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan portofolio sebesar 16,09. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (thitung = 7,73 > ttabel =1,99714). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran (CIRC) berbantuan penilaian portofolio dan siswa yang dibelajarkan tidak menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan penilaian portopolio pada kelas V di SD Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, CIRC, penilaian portofolio.

References

Amirono dan Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: GAVA MADIA

Jihad, Asep. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Presindo.

Kartika Istri. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbasis Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas II SD Gugus II Kecamatan Sukawati MIMBAR PGSD Undiksha Vol1, No 1 (2013).

Kurniasih dan Sani. 2015. Ragam pengembangan model pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

Nasution, S . 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prabawati Chandra. 2013. Pengaruh Model Circ Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Rendang. MIMBAR PGSD Undiksha Vol1, No 1 (2013).

Shoimin, Aris. 2014. Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Suantini, Ni L. P. Yuni. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV di Gugus II Kecamatan Gerokgak”. Jurnal. Jurusan PGSD Undiksha

Sudiana, I Nyoman. 2007. Membaca. Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS)

Sumantri, Mulyani dan Johar Permana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Singaraja: Undiksha

Tarigan, Henry Guntur. 1985. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: ANGKASA

Wedayanti, Ni Wyn. Anggun. 2013. “pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan gambar berseri terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas IV SDN 18 pemecutan”. Journal. Jirisan PGSD Undiksha.

Downloads

Published

2019-07-03

How to Cite

Sudiarni, N. K., & Sumantri, M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18087

Issue

Section

Articles