Pengembangan Video Pembelajaran IPS Bermuatan Tes untuk Siswa

Komang Rina Ariani, Made Sumantri, Desak Putu Parmiti

Abstract


Hasil belajar IPS siswa masih tergolong rendah diakibatkan oleh pembelajaran yang berpusat pada guru, kurangnya pemanfaatan media saat mengajar dan siswa terdorong untuk menghapal informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi materi, desain, media dan tes pilihan ganda pada  video pembelajaran IPS bermuatan tes untuk siswa  kelas V SD. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa video pembelajaran. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah development research dengan model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate.  Metode dalam penelitian ini adalah non tes dengan memberikan kuesioner untuk memperoleh penilaian terhadap video pembelajaran yang dilakukan  oleh pakar ahli isi materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain video pembelajaran, dan ahli evaluasi pembelajaran terhadap tes pilihan ganda tanpa melakukan uji coba lapangan dan hanya dilakukan penyebaran video kepada wali kelas. Hasil analisis Pengembangan Video Pembelajaran IPS Bermuatan Tes untuk Siswa Kelas V SD diperoleh hasil: validitas isi materi pembelajaran sebesar 1, validitas desain video pembelajaran sebesar 1, validitas media pembelajaran sebesar 1, dan validitas tes pilihan ganda sebesar 1, dengan perolehan uji validasi sebesar 1 artinya  video pembelajaran memperoleh kategori sangat tinggi, serta memperoleh uji reliabilitas isi materi pelajaran 0,99, uji desain video pembelajaran 0,98, dan uji media pembelajaran sebesar 0,99  Berdasarkan hasil  analisis diperoleh simpulan yakni Video Pembelajaran IPS Bermuatan Tes Untuk Siswa Kelas V SD dinyatakan valid dan reliabel.


Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Ahmad Susanto, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar,(Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013). (2015). Motif Sosial. In Biomass Chem Eng.

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Azhar, A. (2008). Media pembelajaran; Edisi revisi. In Repositori Riset Kesehatan Nasional. https://doi.org/http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=4667

Candiasa, I. M. (2017). Pengembangan Tes Bakat Terpadu Online. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi). https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v5i2.8270

Darmanta, G., Suwatra, I. W., & Parmiti, D. P. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vi Semester Genap Di Sd Negeri 2 Banyuning Tahun Pelajaran 2015-2016. Jurusan Teknologi Pendidikan, 5.

Darmayoga, I. W., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Siswa Kelas Iv Sd Sathya Sai Denpasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.

Diarsa, I. P. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa.” E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5.

Endayani, H. (2017). Pengembangan materi ajar ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 92–110. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/download/1158/922

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 24–29.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3, 34–44.

Gading, I. K., & Dian Kharisma, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11608

Herijanto, B. (2012). Pengembangan Cd Interaktif Pembelajaran Ips Materi Bencana Alam. JESS (Journal of Educational Social Studies), 1(1), 8–12. https://doi.org/10.15294/jess.v1i1.73

Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v3i2.198

Kadir, A. (2015). Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Al-Ta’dib.

Lee, W.-M. (2011). Using Eclipse for Android Development. Beginning Android Application Development. https://doi.org/10.1053/seiz.2002.0679

Melinda, V. A., Degeng, N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kratonkencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/UM031V3I22017P158

Munandar, U. (2002). Kreativitas dan Keterbakatan. In Kreativitas dan Keberbakatan.

Nomor 19 tahun 2005. (2005). Peraturan Pemerintahan Republik Indonesianomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-7990-1

Ose, L. (2017). No Title. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1, 101–108.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pratiwi Lanjar. (2018). Media Video: Solusi Pembelajaran Ips Bagi Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, 337–350.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Metode Penelitian.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Julnar Mimbar Ilmu.

Vindaswari, R. F., & Ulfah, A. (2018). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Berbasis Nilai-Nilai Kepedulian Bagi Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(Picture Children’s Story Book, Concern Values), 148–160.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. In Jakarta.

Yuanta, F. (2017). Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.36

Zendrato, J. (2016). Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28260

Article Metrics

Abstract view : 1453 times
PDF file view : 1318 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.