Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Leadership Skill Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa Kelas V

Authors

  • Aulia Deviana Purnamayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ignatius I Wayan Suwatra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28412

Abstract

Kecerdasan emosional yang masih rendah dimiliki oleh pemimpin laki-laki di SD maka, dilakukan penelitian yang menyangkut hubungan kecerdasan emosional dengan leadership skill. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kecerdasan emosional dengan leadership skill ditinjau dari perbedaan gender pada siswa kelas V di SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto tipe korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD sebanyak 138 orang. Sampel ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling dan terpilih sebanyak 55 siswa laki-laki dan 55 siswa perempuan dengan total keseluruhan 110 siswa. Data yang dikumpulkan adalah kecerdasan emosional dan leadership skill siswa menggunakan instrument kuesioner. Data dianalisis dengan analisis regresi sederhana dan korelasi product moment. Hasil yang didapat menunjukkan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan leadership skill dengan koefisien determinasi sebesar 44.3% dan sisanya 55.7%.   sebesar 85.959 >   sebesar 3.079   yang berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan leadership skill ditinjau dari perbedaan gender pada siswa kelas V.

Author Biography

Aulia Deviana Purnamayani, Universitas Pendidikan Ganesha

UNDIKSHA

References

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Agustina, R., & Hariyadi, H. (2018). No Title. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 69–80.

Andreas, D. (2018). Masih Ada Kesenjangan Laki-laki & Perempuan di Ketenagakerjaan. Tirto.Id. https://tirto.id/bps-masih-ada-kesenjangan-laki-laki-perempuan-di-ketenagakerjaan-c9lR

Anggoro, B. S. (2016). Analisis Persepsi Siswa SMP terhadap Pembelajaran Matematika ditinjau dari Perbedaan Gender dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 153–166.

Arianti, S. E. Y. (2019). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Budiono, B., & Wibowo, U. B. (2014). Pengaruh komunikasi organisasi, kecerdasan emosi dan pengambilan keputusan terhadap implementasi peran kepemimpinan kepala SD. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(2), 147–158.

Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243–255.

Dimyati, A. H. (2014). Model Kepemimpinan dan Sistem Pengambilan Keputusan. : CV Pustaka Setia.

Farida, S. I., & Anjani, S. R. (2019). Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pada Mahasiswa di Lingkungan Universitas Pamulang. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen INOVASI, 6(2), 19–20.

Goleman, D. (2003). Kecerdasan Emosional Untuk Mencapai Puncak Prestasi (alih bahasa, Alex Tri Kantjono). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Handayani, E. (2020). Kepemimpinan Perempuan di Tangan Angka Survei. Timesindonesia. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/261110/kepemimpinan-perempuan-di-tangan-angka-survei

Herlina, H., & Muhyani, M. (2018). Hubungan Pembinaan Orang Tua dan Pembinaan Siswa dengan Jiwa Kepemimpinan Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Bogor. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 23–32.

Jati, G. W., & Yoenanto, N. H. (2013). Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau dari Faktor Demografi. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 2(2), 109–123.

Komarudin, R. R. (2016). Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan Melalui Diskusi Kelompok Kecil (Buzz-Group) Pada Siswa SMA Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 1 Pakem. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(1).

Kristianto, A. A., & Fitriana, W. (2019). Latihan Kepemimpinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka (Studi kasus aktivis pramuka penegak di SMK Budi Bakti Utama). Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 108–112.

Kuswara, R., Hartuti, P., & Sinthia, R. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Modelling Dalam Membentuk Keterampilan Kepemimpinan Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2).

Mahendra, E. I. W. 2017. (2017). Menemukan pengetahuan baru melalui penelitian ilmiah. Mengembangkan Kemampuar Research dalam Menghadapi Era SDGs. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IKIP PGRI Jember, Pp., 12–24.

Marpaung, M. (2014). Pengaruh kepemimpinan dan Team work Terhadap kinerja karyawan Di koperasi sekjen kemdikbud senayan jakarta. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(1).

Melianasari, D. (2016). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Permainan Simulasi Dan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Pedagogis : Jurnal Pendidikan.

Mumford, T. V., Campion, M. A., & Morgeson, F. P. (2007). The leadership skills strataplex: Leadership skill requirements across organizational levels. The Leadership Quarterly, 18(2), 154–166.

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7.

Oktiani, E., Hanifah, N., & Aeni, A. N. (2017). Penerapan Metode Sosiodrama Bermedia Bando Desa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Leadership Skill. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2041–2050.

Purwanti, K. L. (2013). Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Menggunakan Otak Kanan Pada Siswa Kelas I. Sawwa. Jurnal Studi Gender, 9(1), 107–122.

Puspitawati, H. (2013). Konsep, teori dan analisis gender. Bogor: Departe-Men Ilmu Keluarga Dan Kon-Sumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian.

Quamila, A. (2020). Siapa yang Lebih Baik Jadi Pemimpin: Pria atau Wanita? Hello Sehat. https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/pemimpin-yang-lebih-baik-pria-atau-wanita/

Rahmasari, L. (2012). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1).

Rivai, V. (2004). Kiat Kepemimpinan dalam Abad ke 21. Murai Kencana.

Saputra, M. H. (2010). Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Faktor Pendukung Kepemimpinan Transformasional dan Perubahan Organisasional. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1.

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(1).

Sulistiyawati, S., & Andriani, C. (2017). Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi berdasarkan perbedaan gender siswa. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2).

Supriyanto, A. S., & Troena, E. A. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Kinerja Manajer (Studi di Bank Syari’ah Kota Malang). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(4), 693–617.

Suryadi & Nasution, M. (2019). Konseling Individual Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Pada Perbedaan Gender Di MTs Negeri Sleman Maguwoharjo Yogyakarta. Jurnal Bimbingan & Konseling Islam, 9(1), 54–67.

Utami, S. P. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Budaya Organisasi Dengan Gaya Kepemimpinan Supervisi Produksi Di Pt. Faber Castell Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya, 1(1).

Downloads

Published

2020-10-24

How to Cite

Purnamayani, A. D., Suwatra, I. I. W., & Wibawa, I. M. C. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Leadership Skill Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 269–281. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28412