Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59857Keywords:
PjBL, IPA, STEM, Berpikir KritisAbstract
Kecenderungan penggunaan model konvensional dalam pembelajaran mengakibatkan kurangnya aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PjBL berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah 436 siswa kelas V. Sedangkan, sampel penelitian yaitu 120 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes berupa tes uraian dan pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan Manova berbantuan SPSS 26.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh model PjBL berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2) terdapat pengaruh model PjBL berbasis STEM terhadap hasil belajar IPA. (3) terdapat pengaruh model PjBL berbasis STEM secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA. Dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbasis STEM berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA. Model ini dapat digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang bervariasi.
References
Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 73–78. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1910. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1910
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea Jurnal Biologi Dan Pembelajaran, 6(1), 45–53. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369. DOI: https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369
Agusti, N. M., & Aslam. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah DasarJurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Annisa, R., Hsb, M. H. E., & Damris, M. (2018). Improving Students` Creative Thinking Skills by Using Project Based Learning Models with STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) on the Acid-base Subject Matter In 11 Senior High School at Jambi, Indonesia. Jurnal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), 42–46. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i2.6517. DOI: https://doi.org/10.22437/jisic.v10i2.6517
Astuti, I. D., Toto, & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93–98. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915
Bahtiar, Maimun, & W, B. L. A. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Melalui Kegiatan Praktikum IPA Terpadu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 134–142. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.564. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.564
Elpridha, S., Supriati, Y., & Bagaskorowati, R. (2020). Effect of method of learning and the ability to think of critical of learning outcomes IPA (Experiment Student Class V SDN Limbangan Central III District of Bl Limbangan Garut 2017). Technium Social Sciences Journal, 9(7), 69–78. https://doi.org/10.47577/tssj.v9i1.1050. DOI: https://doi.org/10.47577/tssj.v9i1.1050
Fahrurrozi, Sari, Y., Hasanah, U., & Utami, A. D. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Pada Mata Pelajaran SBdP Materi Kerajinan Ikat Celup Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 870–879. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8928. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8928
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54. DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54
Haerani, R. P. R., Meli, N., & Kusdar. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Kompetensi, 14(1), 102–110. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.71. DOI: https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.71
Herlina, L., Remana, M. T., Nurcahya, M. A., & Prihantini. (2022). Pembelajaran Project-Based Learning dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Bidayatuna, 10(10), 162–172. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v5i2.1660. DOI: https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v5i2.1660
Kahar, L., & Ili, L. (2022). Implementasi Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8129. DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8129
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning dengan Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71–77. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955
Kertih, I. W., & Widiana, I. W. (2022). Tri Hita Karana Based Subak in Strengthening Character and Social Studies Learning Outcomes Keywords. Educational Sciences: Theory and Practice, 22(2), 250–259. https://doi.org/10.12738/jestp.2022.2.0018.
Khoiriyyah, N., Qomaria, N., Ahied, M., Putera, D. B. R. A., & Sutarja, M. C. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 3(2), 55–66. https://doi.org/10.35719/vektor.v3i2.61.
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning ( PJBL ). Mimbar Ilmu, 25(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468
Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272–279. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243
Lestarii, D. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi PTK pada Pelajaran Matematika Materi Lingkaran). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 3372–3381. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7124.
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasarl basicedu. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333
Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM ( PjBL-STEM ) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan, 5(9), 1284–1289. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14034. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14034
Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401
Narut, Y. F., Wahyu, Y., & Herlinda, S. M. (2022). Implementasi Pendekatan STEM dan Dampaknya Terhadap Proses dan Hasil Belajar IPA Bagi Siswa SD. Jurnal Literasi Pendidikan, 3(2), 103–110. https://doi.org/10.36928/jlpd.v3i2.1787.
Ningsih, M. Y., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains ( JIPS ), 2(2), 42–51. https://doi.org/10.37729/jips.v2i2.1403. DOI: https://doi.org/10.37729/jips.v2i2.1403
Niswara, R., Muhajir, & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2), 85–90. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17493.
Novitasari, Febriyanti, R., & Wulandari, I. A. (2022). Students’ Worksheet Effectivity Ethnomathematics-Based with STEM Approach to Critical Thinking Ability. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.521. DOI: https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.521
Nugraha, D. M. D. P. (2022). Hubungan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Elementary, 5(2), 153–158. https://doi.org/10.31764/elementary.51i2.8874. DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i4.36522
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en. DOI: https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Priantari, I., Prafitasari, A. N., Kusumawardhani, D. R., & Susanti, S. (2020). Improving Students Critical Thinking through STEAM-PjBL Learning. Bioeducation Journal, 4(2), 94–102. https://doi.org/10.24036/bioedu.v4i2.283.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Rachamatika, T., Sumantri, M. S., Purwanto, A., Wicaksono, J. W., Arif, A., & Iasha, V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Di Jakarta Timur Tiara. Buana Pendidikan, 17(1), 59–69. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162. DOI: https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162
Rachmawati, A., & Erwin. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637–7643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3613. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3613
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. 21. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388
Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues (SSI). Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 107–117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development, 10(1), 207–212. https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382.
Santoso, F. A., & Airlanda, G. S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3783–3791. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2715. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2715
Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332
Susilowati, A. T., & Winanto, A. (2022). Meta Analisis Komparasi Model Discovery Learning dengan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7716–7723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3582. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3582
Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113–120. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561
Yuhelman, N., Puspita, V., & Rifandi, R. (2020). Dampak Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. JUSTEK: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 20–25. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3735. DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3735
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Nyoman Saras Kamala Dewi, Ida Bagus Putu Arnyana, I Gede Margunayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.