Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ni Nyoman Saras Kamala Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Putu Arnyana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59857

Keywords:

PjBL, IPA, STEM, Berpikir Kritis

Abstract

Kecenderungan penggunaan model konvensional dalam pembelajaran mengakibatkan kurangnya aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PjBL berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah 436 siswa kelas V. Sedangkan, sampel penelitian yaitu 120 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes berupa tes uraian dan pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan Manova berbantuan SPSS 26.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh model PjBL berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2) terdapat pengaruh model PjBL berbasis STEM terhadap hasil belajar IPA. (3) terdapat pengaruh model PjBL berbasis STEM secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA. Dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbasis STEM berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA. Model ini dapat digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang bervariasi.

References

Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 73–78. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1910. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1910

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea Jurnal Biologi Dan Pembelajaran, 6(1), 45–53. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369. DOI: https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Agusti, N. M., & Aslam. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah DasarJurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Annisa, R., Hsb, M. H. E., & Damris, M. (2018). Improving Students` Creative Thinking Skills by Using Project Based Learning Models with STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) on the Acid-base Subject Matter In 11 Senior High School at Jambi, Indonesia. Jurnal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), 42–46. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i2.6517. DOI: https://doi.org/10.22437/jisic.v10i2.6517

Astuti, I. D., Toto, & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93–98. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915

Bahtiar, Maimun, & W, B. L. A. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Melalui Kegiatan Praktikum IPA Terpadu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 134–142. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.564. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.564

Elpridha, S., Supriati, Y., & Bagaskorowati, R. (2020). Effect of method of learning and the ability to think of critical of learning outcomes IPA (Experiment Student Class V SDN Limbangan Central III District of Bl Limbangan Garut 2017). Technium Social Sciences Journal, 9(7), 69–78. https://doi.org/10.47577/tssj.v9i1.1050. DOI: https://doi.org/10.47577/tssj.v9i1.1050

Fahrurrozi, Sari, Y., Hasanah, U., & Utami, A. D. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Pada Mata Pelajaran SBdP Materi Kerajinan Ikat Celup Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 870–879. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8928. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8928

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54. DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54

Haerani, R. P. R., Meli, N., & Kusdar. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Kompetensi, 14(1), 102–110. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.71. DOI: https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.71

Herlina, L., Remana, M. T., Nurcahya, M. A., & Prihantini. (2022). Pembelajaran Project-Based Learning dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Bidayatuna, 10(10), 162–172. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v5i2.1660. DOI: https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v5i2.1660

Kahar, L., & Ili, L. (2022). Implementasi Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8129. DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8129

Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning dengan Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71–77. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955

Kertih, I. W., & Widiana, I. W. (2022). Tri Hita Karana Based Subak in Strengthening Character and Social Studies Learning Outcomes Keywords. Educational Sciences: Theory and Practice, 22(2), 250–259. https://doi.org/10.12738/jestp.2022.2.0018.

Khoiriyyah, N., Qomaria, N., Ahied, M., Putera, D. B. R. A., & Sutarja, M. C. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 3(2), 55–66. https://doi.org/10.35719/vektor.v3i2.61.

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning ( PJBL ). Mimbar Ilmu, 25(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468

Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272–279. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243

Lestarii, D. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi PTK pada Pelajaran Matematika Materi Lingkaran). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 3372–3381. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7124.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasarl basicedu. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM ( PjBL-STEM ) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan, 5(9), 1284–1289. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14034. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14034

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Narut, Y. F., Wahyu, Y., & Herlinda, S. M. (2022). Implementasi Pendekatan STEM dan Dampaknya Terhadap Proses dan Hasil Belajar IPA Bagi Siswa SD. Jurnal Literasi Pendidikan, 3(2), 103–110. https://doi.org/10.36928/jlpd.v3i2.1787.

Ningsih, M. Y., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains ( JIPS ), 2(2), 42–51. https://doi.org/10.37729/jips.v2i2.1403. DOI: https://doi.org/10.37729/jips.v2i2.1403

Niswara, R., Muhajir, & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2), 85–90. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17493.

Novitasari, Febriyanti, R., & Wulandari, I. A. (2022). Students’ Worksheet Effectivity Ethnomathematics-Based with STEM Approach to Critical Thinking Ability. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.521. DOI: https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.521

Nugraha, D. M. D. P. (2022). Hubungan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Elementary, 5(2), 153–158. https://doi.org/10.31764/elementary.51i2.8874. DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i4.36522

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en. DOI: https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Priantari, I., Prafitasari, A. N., Kusumawardhani, D. R., & Susanti, S. (2020). Improving Students Critical Thinking through STEAM-PjBL Learning. Bioeducation Journal, 4(2), 94–102. https://doi.org/10.24036/bioedu.v4i2.283.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Rachamatika, T., Sumantri, M. S., Purwanto, A., Wicaksono, J. W., Arif, A., & Iasha, V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Di Jakarta Timur Tiara. Buana Pendidikan, 17(1), 59–69. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162. DOI: https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162

Rachmawati, A., & Erwin. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637–7643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3613. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3613

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. 21. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues (SSI). Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 107–117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development, 10(1), 207–212. https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382.

Santoso, F. A., & Airlanda, G. S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3783–3791. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2715. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2715

Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332

Susilowati, A. T., & Winanto, A. (2022). Meta Analisis Komparasi Model Discovery Learning dengan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7716–7723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3582. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3582

Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113–120. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561

Yuhelman, N., Puspita, V., & Rifandi, R. (2020). Dampak Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. JUSTEK: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 20–25. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3735. DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3735

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Dewi, N. N. S. K., Arnyana, I. B. P. ., & Margunayasa, I. G. . (2023). Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 133–143. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59857

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)