Dampak Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Tingkat Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59272Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Tingkat Kecemasan Siswa, Hasil Belajar IPAAbstract
Kualitas pendidikan dalam bidang IPA di Indonesia masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran berbasis masalah dan tingkat kecemasan siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 356 siswa. Sampel penelitian berjumlah 93 siswa yang ditentukan melalui teknik random sampling, kemudian dilanjutkan dengan pengundian kelas untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dengan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model konvensional (nilai FA=9,45 dengan signifikansi 0,003). Terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dengan tingkat kecemasan dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA siswa (nilai FA*B sama dengan 41,56 dengan signifikansi 0,000. Hasil belajar IPA siswa yang memiliki tingkat kecemasan rendah lebih tinggi ketika mengikuti model pembelajaran berbasis masalah (Qhitung sama dengan 9,54 lebih dari Qtabel sama dengan 2,82). Hasil belajar IPA siswa yang memiliki tingkat kecemasan tinggi lebih tinggi ketika mengikuti model pembelajaran konvensional (Qhitung sama dengan 3,37 lebih dari Qtabel sama dengan 2,82). Simpulan penelitian menunjukkan model pembelajaran berbasis masalah dan tingkat kecemasan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.
References
Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD, 8(1), 111–122. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24547.
Aditomo, A., & Klieme, E. (2020). Forms of inquiry-based science instruction and their relations with learning outcomes: Evidence from high and low-performing education systems. International Journal of Science Education, 42(4), 504–525. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1716093. DOI: https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1716093
Ali, D., Syarifudin, M., & Bakhtiar, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang. Instructional Development Journal (IDJ), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.24014/idj.v3i1.8631. DOI: https://doi.org/10.24014/idj.v3i1.8631
Amris, F. K., & Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170
Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407
Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 244. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292 DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Asnur, L., & Ambiyar, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video Pada Mata Kuliah Tata Boga II. Mimbar Ilmu, 23(3). https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435
Bachtiar, S., Zubaidah, S., Corebima, A. D., & Indriwati, S. E. (2018). The spiritual and social attitudes of students towards integrated problem based learning models. Issues in Educational Research, 28(2), 254–270. https://doi.org/10.3316/ielapa.673071578795421.
Bakhri, S., Sari, A. F., & Ernawati, A. (2019). Kualitas Pembelajaran Kontekstual Siswa IPS Materi Program Linier yang Memiliki Kecemasan Belajar Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 186–192. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19061. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19061
Benbow, R. J., Lee, C., & Hora, M. T. (2021). Exploring college faculty development in 21st-century skill instruction: an analysis of teaching-focused personal networks. Journal of Further and Higher Education, 45(6), 818–835. https://doi.org/10.1080/0309877X.2020.1826032. DOI: https://doi.org/10.1080/0309877X.2020.1826032
Budiastra, A. A. K., Erlina, N., & Wicaksono, I. (2019). The Factors Affecting Teachers’ Readiness In Developing Science Concept Assessment Through Inquiry-Based Learning Process In Elementary Schools. Advances in Social Sciences Research Journal, 6(9), 355–366. https://doi.org/10.14738/assrj.610.7133. DOI: https://doi.org/10.14738/assrj.610.7133
Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791. DOI: https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791
Devirita, F., Neviyarni, N., & Daharnis, D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 469–478. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.680. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.680
Ekawati, N. M., & Kusumaningrum, D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo Tahun Pelajaran 2018/2019. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(2), 31. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2091. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2091
Fartina, Hizbi, T., & Syahidi, K. (2020). Development of Interactive Physics Learning Media Macromedia Flash 8 Based on Straight Motion Material. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012023. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012023
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8404.
Halmuniati, H., Hasiati, H., Wui, L., & Awad, F. B. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Tingkat Kecemasan Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa MtsN. 2 Konawe Selatan. KULIDAWA, 1(2), 70. https://doi.org/10.31332/kd.v1i2.2028. DOI: https://doi.org/10.31332/kd.v1i2.2028
Hamdalah, M. A. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa. Jurnal Mendidik, 2, 67. https://www.researchgate.net/profile/Mokhammad-Yudhanegara/publication/318563149_Penerapan_Pembelajaran_Berbasis_Masalah_Terbuka_terhadap_Kemampuan_Representasi_Matematis_dan_Kecemasan_Siswa/links/597095800f7e9b44173e04cd/Penerapan-Pembelajaran-Berbasis-M.
Handayani, S. D. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.749. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.749
Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a
Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.2875. DOI: https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.2875
Hartini, S., & Ratnaningsih, N. (2016). Implementasi Model Problem Based Learning Pengaruhnya Terhadap Kecemasan Peserta Didik , Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 161–169. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21636.
Herlina, R., & Sibarani, C. G. G. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5016. DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5016
Hestiana, H., & Rosana, D. (2020). The Effect of Problem Based Learning Based Sosio-Scientific Issues on Scientific Literacy and Problem-Solving Skills of Junior High School Students. Journal of Science Education Research, 4(1), 15–21. https://doi.org/10.21831/jser.v4i1.34234. DOI: https://doi.org/10.21831/jser.v4i1.34234
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28. DOI: https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28
Irwanti, H., & Zetriuslita, Z. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Research in Mathematics Learning, 4(2), 103–112. https://doi.org/10.24014/juring.v4i2.12568. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v4i2.12568
Ismayawati, B., & Purwoko, A. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan GI terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik SMAN 1 Aikmel. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v2i1.33. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v2i1.33
Luthfiana, M., & Purwasi, L. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 126–134. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.413. DOI: https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.413
Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279
Nagge, J. J., Killeen, R., & Jennings, B. (2018). Using a course pilot in the development of an online problem-based learning (PBL) therapeutics course in a post-professional PharmD program. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 10(2), 231–234. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2017.10.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cptl.2017.10.005
Natalia, D. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 123–133. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12625. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12625
Nurqomariah, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 173. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.255. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.255
Pransisca, M. A., & Gazali, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus I Masbagik Selatan Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(5), 58–69. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.83. DOI: https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.83
Putra, Margunayasa, & Wibawa. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11773
Rahmadani, & Taufina. (2020). Jurnal basiceduPengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465
Rusydi, R. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Pada Materi Termodinamika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Kemampuan Kreatif (Kreativitas) Mahasiswa Ftk Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 192–202. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9694. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9694
Saputra, H. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 1–7. http://file.upi.edu/Direktori/KD-TASIKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LIDINILLAH_(KD-TASIKMALAYA)-197901132005011003/132313548 - dindin abdul muiz lidinillah/Problem Based Learning.pdf.
Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing critical-thinking skills through the collaboration of Jigsaw model with problem-based learning model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077–1094. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12169a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.12169a
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38
Siahaan, J. H., Sihombing, S., & Simamora, B. A. (2022). Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMPN 10 Pematangsiantar T.A. 2022/2023. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 188–195. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i2.3012.
Sriwahyuni, E., Wiryokusumo, I., & Karyono, H. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 80. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24101. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24101
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.7. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.150
Syaiful, S., Kamid, K., Kurniawan, D. A., & Pratama, W. A. (2021). Problem-based learning model on Mathematical Analytical Thinking Ability and Science Process Skills. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 385–398. https://doi.org/10.24042/ajpm.v12i2.9744. DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v12i2.9744
Tirka, W., & Kusumawati, N. M. (2017). Optimalisasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 1(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11443. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11443
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx
Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 13–25. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154
Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 49–55. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32676. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32676
Wicaksono, D., & Iswan, I. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Iv Sekolah …. Jurnal Holistika, 3(2), 111–126. https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.111-126.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nyoman Budhi Suryanti, I Gede Margunayasa, Diki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.