Dampak Dukungan Sosial, Optimisme, Religius, dan Harga Diri Terhadap Kesejahteraan Subyektif Guru

Authors

  • Komang Yuin Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Rihendra Dantes Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73524

Keywords:

Dukungan Social, Harga Diri, Optimisme, Religiusitas

Abstract

Seseorang yang mengalami kesejahteraan subjektif rendah akan mempersepsikan dan menafsirkan segala kejadian dalam hidupnya sebagai peristiwa yang tidak menguntungkan. Hal ini akan menimbulkan respons emosional yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan sosial, optimisme, religiusitas, serta harga diri berkontribusi pada kesejahteraan subjektif guru. Penelitian ini merupakan penelitian “ex-post facto” yang dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 164 orang. Metode pengumpulan data melalui penggunaan kuesioner serta dokumen. Instrumen pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan pendekatan regresi sederhana, regresi berganda, serta  korelasi parsial. Temuan penelitian menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan kontribusi penting antara dukungan sosial terhadap kesejahteraan subjektif guru. Kedua, terdapat perbedaan yang mencolok antara optimisme dan kesejahteraan subjektif guru. Ketiga, terdapat hubungan yang kuat antara sikap guru agama dengan kepuasan yang mereka rasakan di sekolah. Keempat, terdapat hubungan yang kuat antara harga diri dengan kesejahteraan subjektif guru yang menunjukkan adanya hubungan yang cukup besar. Disimpulkan bahwa adanya hubungan yang kuat antara dukungan sosial, optimisme, religiusitas, dan harga diri dengan kesejahteraan subjektif guru.

References

Aditya. (2023). Kesejahteraan Subjektif Pada Emerging Adulthood Ditinjau Dari Self Compassion Dan Religiusitas Pada Remaja Akhir. Psyche 165 Journal, 16(3), 189–194. Https://Doi.Org/10.35134/Jpsy165.V16i3.269.

Ahyani, Fani Kumalasari Dan Latifah Nur. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan Latifah Nur Ahyani. 1(1).

Aisyah. (2023). Mindfulness Sebagai Mediator Pengaruh Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pensiunan. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif, 3(1), 37–46.

Aminudin. (2020). Faktor Sosial Penentu Kesejahteraan Subjektif. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 12–26.

Anin. (2022). Pengaruh Optimisme Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Tugas Akhir. 4, 11–20.

Arifin. (2020). Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad 21. Indonesian Journal Of Instructional Technology, 1(2), 37–46. Http://Journal.Kurasinstitut.Com/Index.Php/Ijit

Ariyanto, M. S., Situmorang, N. Z., & Tentama, F. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Subjective Well-Being Pada Guru Perempuan Sekolah Menengah Kejuruan Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 0(0), 242–249.

Arum. (2022). Pengaruh Optimisme Terhadap Kesejahteraan Psikologis Dalam Menghadapi Covid-19 Siswa Kelas X SMAN 1 Gondang. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 1(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.24036/XXXXXXXXXX-X.

Desi. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 8(2), 30–44. Https://Doi.Org/10.47435/Mimbar.V8i2.1190.

Dewanti, A. D. P., & Ayriza, Y. (2021). Pengaruh Optimisme Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Tugas Akhir. Acta Psychologia, 3(2), 119–126.

Diener, E., Oishi, S., & Lucas, R. E. (2015). National Accounts Of Subjective Well-Being. American Psychologist, 70(3), 234–242. Https://Doi.Org/10.1037/A0038899.

Diener, R. B., & Dean, B. (2010). Positive Psychology Coaching: Putting The Science Of Happiness To Work For Your Clients (Google Ebook).

Fatimah. (2023). Dukungan Sosial : Sebagai Bantuan Menghadapi Stres Dalam Kalangan Remaja Yatim Di Panti Asuhan Fatimah Ibda. Journal Of Education Sciences And Teacher Training, 12(02), 153–172.

Genç, E., & Arslan, G. (2021). Optimism And Dispositional Hope To Promote College Students’ Subjective Well-Being In The Context Of The COVID-19 Pandemic. Journal Of Positive School Psychology.

Hariyanti. (2020). Dukungan Sosial Dan Kepuasan Kerja Pada Guru Kelompok Bermain (Kb). PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 15(1), 64. Https://Doi.Org/10.30587/Psikosains.V15i1.2002.

Hasanah. (2024). Pengaruh Kesejahteraan Guru Terhadap Kinerja Guru SD Muhammadiyah PK Kottabarat Dan SD Muhammadiyah 10 Tipes. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 902–908. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V9i2.992.

Hasibuan, M. A. I., Anindhita, N., Maulida, N. H., & Nashori, H. F. (2018). Hubungan Antara Amanah Dan Dukungan Sosial Dengan Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa Perantau. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 101. Https://Doi.Org/10.21580/Pjpp.V3i1.2214.

Hidayah. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Kesejahteraan Keuangan Guru Perempuan Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(7), 672. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2021.V10.I07.P03.

Hidayat. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Optimisme Terhadap Subjective Well-Being Pada Remaja Di Panti Asuhan At-Taqwa Tembalang. Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 5, 1, 136–144.

Hidayati. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Siswa (Definisi Kesejahteraan Subjektif). Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 177–185. Https://Doi.Org/10.54066/Jupendis-Itb.V1i3.

Huang, Z., Zhang, L., Wang, J., Xu, L., Liu, Z., Wang, T., Guo, M., Xu, X., & Lu, H. (2021). Social Support And Subjective Well-Being Among Postgraduate Medical Students: The Mediating Role Of Anxiety And The Moderating Role Of Alcohol And Tobacco Use. Heliyon, 7(12). Https://Doi.Org/10.1016/J.Heliyon.2021.E08621.

Irianti, S. (2020). Gambaran Optimisme Dan Kesejahteraan Subjektif Pada Ibu Tunggal Di Usia Dewasa Madya. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 107. Https://Doi.Org/10.30872/Psikoborneo.V8i1.4865.

Khairudin, K., & Mukhlis, M. (2019). Peran Religiusitas Dan Dukungan Sosial Terhadap Subjective Well-Being Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 15(1), 85. Https://Doi.Org/10.24014/Jp.V15i1.7128.

Khasanah, E. U., & Pratisti, W. D. (2022). Hubungan Antara Kebersyukuran, Dukungan Sosial Dan Iklim Sekolah Dengan Kesejahteraan Subjektif Pada Guru Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Https://Eprints.Ums.Ac.Id/Id/Eprint/104401%0Ahttps://Eprints.Ums.Ac.Id/104401/2/NASKAH PUBLIKASI.Pdf.

Khomaini. (2020). Dampak Program Bantuan Tunai (Cash Transfer) Terhadap Kesejahteraan Subyektif Di Indonesia. Indonesian Treasury Review Jurnal Perbendaharaan Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 5(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.33105/Itrev.V5i1.161.

Kurnianita, N. P. (2018). Hubungan Rasa Syukur Dan Harga Diri Dengan Kesejahteraan Subjektif Pada Pensiunan Pegawai Negeri Sipil. Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7(1), 2264–2276.

Laurita. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Online Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Remaja. Jurnal Riset Psikologi, 3(1), 1–12.

Laurita, A. De, & Rusli, D. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Online Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Remaja. Jurnal Riset Psikologi, 2021(3), 1–12.

Martadinata. (2020). Keseimbangan Kehidupan Kerja, Dukungan Sosial, Dan Kesejahteraan Subjektif Pada Guru Sekolah Luar Biasa (SLB). Psikologika : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 25(2), 245–256. Https://Doi.Org/10.20885/Psikologika.Vol25.Iss2.Art6.

Maslihah, S. (2011). Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Diri Di Lingkungan Sekolah Dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip, 10(2).

Maulinda. (N.D.). Dampak Isolasi Sosial Pada Kesehatan Mental Wawasan Dari Penelitian Psikologis. 1–12.

Mellinia. (2020). Peran Guru Pendidikan Inklusi: Menghadapi Tantangan Dan Menjawabnya Tria Mellinia Satya Pratiwi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Academia.Edu.

Mohd. (2020). Hubungan Di Antara Kepimpinan Kontekstual Pengetua Dengan Kesejahteraan Guru Di Tempat Kerja : Pengupayaan Guru Sebagai Mediator. International Journal Of Humanities Technology And Civilization, 5(1), 23–30. Https://Doi.Org/10.15282/Ijhtc.V5i1.4815.

Nita. (2023). Peran Dukungan Sosial Dan Optimisme Terhadap School Well Being Pada Remaja. Psychopedia Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 8(1), 65–76. Https://Doi.Org/10.36805/Psychopedia.V8i1.5545.

Nuraini. (2020). Pengaruh Self-Esteem, Perceived Sosial Support, Dan Sense Of Community Terhadap Subjective Well-Being Penggemar Anime. 7(2), 20–29.

Nurhasyimah. (2022). Intervensi Amalan Zikir Dan Analisis Kesejahteraan Subjektif Murid Berkeperluan Pendidikan Khas. Amalan Terbaik Dalam Pendidikan Khas Dan Inklusif (Negeri Melaka), 1, 248–259.

Nurjamaludin. (2021). Analisis Kesejahteraan Subjektif Guru Honorer Di Sekolah Dasar Dan Dampaknya Pada Pelaksanaan. Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 02(01), 19–24.

Nurul. (2021). Persepsi Terhadap Dukungan Sosial Ditinjau Dari Karakteristik Remaja Panti Asuhan. XVI, 65–80.

Pasya. (2022). Hubungan Antara Stress Akademik Dan Dukungan Sosial Dengan Kesejahteraan Sibjektif Mahasiswa. 1–19.

Pratiwi. (2023). Pengaruh Quality Of School Life And Burnout Terhadap Kesejahteraan Subjektif Anggota Himpaudi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1949–1960. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i2.3456.

Putri, D. R. (2016). Peran Dukungan Sosial Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kesejahteraan Subjektifpada Remaja Awal. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 12. Https://Doi.Org/10.23917/Indigenous.V1i1.1770.

Rahmawati. (2020). Pelatihan Mindfulness Teaching Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Guru Sekolah Inklusi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 49–60. Https://Doi.Org/10.15575/Psy.V7i1.8241.

Razak. (2021). Daya Tahan, Strategi Daya Tindak Serta Hubungannya Terhadap Tahap Kesejahteraan Psikologi Guru. Malaysian Journal Of Social Sciences And Humanities (MJSSH), 6(3), 171–179. Https://Doi.Org/10.47405/Mjssh.V6i3.713.

Rizkillah. (2021). Pengaruh Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Keluarga Ibu Bekerja Informal Selama Pandemi Covid-19. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 164–174. Https://Doi.Org/10.21009/Jkkp.082.05.

Rizkillah, R., & Anjar Wati, R. (2021). Pengaruh Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Keluarga Ibu Bekerja Informal Selama Pandemi Covid-19. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 164–174. Https://Doi.Org/10.21009/Jkkp.082.05.

Romdin. (2020). Kesejahteraan Subjektif Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri Di Gugus 02 Kecamatan Tiga Raksa. Tesis, Universitas Negeri Jakarta, 1–122.

Sabiq, Z., & Miftahuddin, M. (2018). Pengaruh Optimisme, Dukungan Sosial, Dan Faktor Demografis Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Perawat. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 6(2), 183–196. Https://Doi.Org/10.15408/Jp3i.V6i2.9174.

Sardi, L. N., & Ayriza, Y. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Subjective Well-Being Pada Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesantren. Acta Psychologia, 2(1), 41–48. Https://Doi.Org/10.21831/Ap.V1i1.34116.

Sari, F. I. P., & Maryatmi, A. S. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri (Dimensi Internal) Dan Optimisme Dengan Subjective Well-Being Siswa SMA Marsudirini Bekasi. Ikraith-Humaniora, 3(1), 23–29.

Sestiani. (2022). Pentingnya Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying: Literature Review. Jurnal Tematik, 3(2), 245–251. Https://Journals.Usm.Ac.Id/Index.Php/Tematik/Article/View/4568.

Setyawan. (2023). Pengaruh Pengelolaan Kelas Memalui Pendekatan Manajerial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(2), 41–49. Https://Doi.Org/10.37304/Sangkalemo.V2i2.8893.

Siregar. (2024). Keterkaitan Antara Lingkungan Dan Kesehatan Mental Faktor-Faktor Penentu. Tugas Mahasiswa Psikologi, 1–12. Https://Coursework.Uma.Ac.Id/Index.Php/Psikologi/Article/View/556%0Ahttps://Coursework.Uma.Ac.Id/Index.Php/Psikologi/Article/Download/556/559.

Solehuddin, D., Dukungan, P., Terhadap, S., Subjektif, K., Yatim, R., Psikologi, F., Surabaya, U. A., Subjektif, K., Piatu, R. Y., & Pustaka, D. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Subjektif Remaja Yatim Piatu. 59.

Sulastri, S., & Hartoyo. (2014). Effect Of Social Support And Livelihood Strategies On Subjective Well-Being Of Family At Retirement Age Abstract. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 7(2), 83–92.

Susilaningrum, H., & Wijono, S. (2023). Dukungan Sosial Dengan Work Life Balance Pada Pekerja Wanita Yang Telah Menikah Di PT. X Yogyakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(8), 7297–7306.

Thohiroh. (2019). Peranan Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Subjektif Di Sekolah Pada Siswa Pondok Pesantren Modern. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 131–144. Https://Doi.Org/10.15575/Psy.V6i2.5323.

Thohiroh, H., Novianti, L. E., & Yudiana, W. (2019). Peranan Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Subjektif Di Sekolah Pada Siswa Pondok Pesantren Modern. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 131–144. Https://Doi.Org/10.15575/Psy.V6i2.5323.

Tina, F. A., & Utami, M. S. (2018). Religiusitas Dan Kesejahteraan Subjektif Pada Pasien Jantung Koroner. Gadjah Mada Journal Of Psychology (Gamajop), 2(3), 162. Https://Doi.Org/10.22146/Gamajop.36938.

Weken, M. E., Mongan, A. E., & Kekenusa, J. S. (2020). Hubungan Antara Beban Kerja, Konflik Peran, Dan Dukungan Sosial Dengan Stres Kerja Pada Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Manado Pada Masa Pandemi Covid-19. Public Health And Community Medicine, 1(2016), 80–88.

Widarna. (2023). Pelatihan Regulasi Emosi Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Pada Guru Sekolah Luar Biasa. 13(2), 124–138.

Wijayanti. (2020). Peran Dukungan Sosial Dan Interaksi Ibu-Anak Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Remaja Pada Keluarga Orang Tua Bekerja. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(2), 125–136. Https://Doi.Org/10.24156/Jikk.2020.13.2.125.

Wijayanti, R., Sunarti, S., & Krisnatuti, D. (2020). Peran Dukungan Sosial Dan Interaksi Ibu-Anak Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Remaja Pada Keluarga Orang Tua Bekerja. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(2), 125–136. Https://Doi.Org/10.24156/Jikk.2020.13.2.125.

Wiwin. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial, Optimisme, Dan Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.

Yulfa. (2022). Tekanan Ekonomi, Coping Ekonomi, Dukungan Sosial, Dan Kesejahteraan Perempuan Kepala Keluarga. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 15(1), 14–26. Https://Doi.Org/10.24156/Jikk.2022.15.1.14.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Yuin, K., Anak Agung Gede Agung, & Kadek Rihendra Dantes. (2024). Dampak Dukungan Sosial, Optimisme, Religius, dan Harga Diri Terhadap Kesejahteraan Subyektif Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 95–109. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73524

Issue

Section

Articles