Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Kelas V SD

Authors

  • Titin Rohana PGSD Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah PGSD Universitas PGRI Semarang
  • Intan Rahmawati PGSD Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29612

Abstract

Pola asuh orang tua yang berbeda-beda terhadap anaknya maka akan berdampak terhadap prestasi siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi siswa kelas V SD. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa, orang tua siswa dan guru kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pola asuh yang berbeda-beda yang diterapkan orang tua. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pola asuh demokratis lebih banyak diterapkan oleh orang tua, menyusul pola asuh permisif dan otoriter. Hasil dari penelitian  ini adalah siswa dengan pola asuh demokratis dan otoriter mempuyai prestasi belajar yang sangat baik dan baik. Sedangkan siswa dengan pola asuh permisif mempunyai prestasi belajar yang kurang. Berdasarkan penelitian. dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang baik antara pola asuh orang tua dengan prestasi siswa.

Author Biography

Titin Rohana, PGSD Universitas PGRI Semarang

student

References

Aminudin, B. (2016). Pengaruh Pola Asuh Otoritatif Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 25(5), 11, 26, 83. https://eprints.uny.ac.id/37886/ (Diakses 30 Januari 2019 Pukul 22:50 WIB)

Andriyani, P. I. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Pembelajaran Di Sd. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Apriastuti, D. A. (2013). Analisis Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia 48 – 60 Bulan. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 4(1), 1–14.

Dwi Wahyudi, A. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas Vi Sdn Kalipecabean Candi Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 577–580.

Indrawati, F. (2015). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 215–223. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.126

Jannah, H. (2012). Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek. Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angkek, 1, 257–258.

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23. www.journal.umsida.ac.id

MUSTOFA, A. (2020). Kebiasaan Belajar Dan Berlatih Siswa Kelas Olahraga. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(1), 151–155.

Pawestri, N. (2013). Tingkat Pendidikan Orang Tua Kaitannya Dengan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rabiatul, A. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.

Rahmawati, F., Sudarma, I. K., & Sulastri, M. (2014). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Jurnal: MIimbarPGSD Undiksha, 2(1), 1–11.

Riski Juniarti1, N. K., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273

Romdhani, A. (2016). Hubungan Bimbingan Keluarga dengan Prestasi Belajar Ips Siswa. X, 1–21.

Shaleh, M. (2016). Pengaruh Motivasi, Faktor Keluarga, Lingkungan Kampus Dan Aktif Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 4(2), 109. https://doi.org/10.21580/phen.2014.4.2.122

Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

Soraya, A. N., & Khafid, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pola Asuh Orang Tua, Cara Belajar Dan Peran Kelompok Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 560–560. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13661

Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

U.S., S. (2012). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika Supardi. 2(3), 248–262.

Vidya, H., & Mustikasari, S. (2018). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kemandirian Personal Hygiene Anak Usia Prasekolah Di Tkit Permata Mulia Desa Banjaragung Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto. Nurse and Health: Jurnal Keperawatan ORIGINAL, 7(1), 51–60. https://doi.org/https://doi.org/10.36720/nhjk.v7il.33

Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 555. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1526

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Rohana, T., Mushafanah, Q., & Rahmawati, I. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 501–511. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29612