Penerapan Model Pembelajaran ICARE untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVB SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35571Abstract
Rendahnya hasil belajar IPS siswa disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa selama belajar daring di rumah, model pembelajaran yang kurang inovatif dan kurangnya keaktifan dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan penerapan model pembelajaran ICARE. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tigas siklus penelitian. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahapan yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dab refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 27 orang, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tes, dengan instrumen berupa tes objektif yang berjumlah 15 soal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22,23%, dan dari siklus II ke siklus III sebesar 7,4%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran ICARE dapat meningkatkan perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
References
Abdan, K. (2019). Pengaruh Model ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Materu Suhu dan Kalor. In Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. file:///c:/users/axioo/downloads/ documents/khoirulabdan-fitk_2.pdf.
Agung, G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Akina, A., Mufidah, M., & Wulan, S. (2020). Improving Student Learning Outcomes With The ICARE Learning Model Mathematics Lessonsin Class V SDN 9 Palu. Jurnal Dikdas, 8(2). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ESE/article/view/16827.
Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi. 2020.v13i2.3572. DOI: https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572
Anugrawati, N. (2016). Introduction, Connection, Application, Reflection and Extend (Icare) Model in Teaching Speaking. English and Literature Journal, 3(1), 67–73. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/elite/article/view/3411.
Ardiyani, N. K. D., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran ICARE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengolahan Citra Digital Siswa Kelas XI MM2 di SMK N 1 Klungkung Tahun Pelajaran 2016/2017. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(3), 338. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i3.11940. DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i3.11940
Arianti, N. N. S., Astawan, I. G., & Krisnaningsih, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran ICARE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVB SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2). http://dx.doi.org/10.23887/ jippg.v4i2.35571.
Ayuningsih, N. P. M., & Ciptahadi, K. G. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1, 152–155. https://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/422.
Dewi, N. P. R., Ardana, I. M., & Sariyasa, S. (2019). Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 109. https://doi.org/10.33603/ jnpm.v3i1.1762. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1762
Endayani, H. (2017). Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 92–110. http://jurnal.uinsu.ac.id/index .php/ijtimaiyah/article/view/1158.
Fatmawati, S., Amalia, A. R., & Nurasiah, I. (2020). Analisis Proses Pembelajaran IPS Melalui Media Whatsapp Di Sekolah Dasar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 215. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.663. DOI: https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.663
Hasibuan, E. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Icare Materi Peluang Siswa Kelas Xi Erwina Azizah Hasibuan. Jurnal Paidadogeo, 1(3). https://jurnal.ugn.ac.id/index .php/Paidagogeo/article/view/164.
Imania, K. A., & Bariyah, S. H. (2018). Pemanfaatan Program Pembelajaran Lovaas (ABA) Dengan Pendekatan ICARE Dalam Meningkatkan Kemampuan General Life Skill Anak Autis. Jurnal Petik, 4(1), 57. https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i1.7. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i1.7
Mahdian, M., Almubarak, A., & Hikmah, N. (2019). Implementasi Model Pembelajaran ICARE (Introduction-Connect-Apply-Reflect-Extend) Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.184. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.184
Maskur, A., Waluya, S. B., Dasar, P. P., Pascasarjana, P., & Semarang, U. N. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Strategi ICARE Beracuan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Dimensi Tiga. Journal of Primary Education, 1(2). https://doi.org/10.15294/jpe.v1i2.787.
Mazidah, N., Kartini, T., & Kantun, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Icare Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X AK 2 SMK Al Qodiri Jember Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Posting Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 246. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12426. DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12426
Mufidah, Akina, & Sumarniyati. (2020). Penerapan Model Pembelajaran ICARE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada SD Inpres 1 Lolu pada Materi Geometri. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 169–179. file:///C:/Users/Axioo/Downloads/Documents/15702-48376-1-PB.pdf.
Musri. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran ICARE di Materi Termodinamika dalam Upaya Mendukung Pengenalan Teknologi Hijau : Studi kasus di SMA Negeri 2 Pulau Punjung Kota Dharmasraya. The Indonesian Green Technology Journal, 33–41. https://doi.org/10.21776/ub.igtj.2020.009.02.02.
Noge, M. D. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Icare Berbasis Media Autentik “Berbabe” Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 4(2), 148–162. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/642.
Pamungkas, D. E., & Sukarman, S. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p211-219. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p211-219
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rahmat, A. S., Sumantri, M. S., & Deasyanti, D. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi SDA dan Pemanfaatannya melalui Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Games Book di Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11646. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11646
Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.
Rukoyah, N. (2016). Pererapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edukasi, 4(2), 189–192. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/je.v4i2.995. DOI: https://doi.org/10.29407/jse.v4i2.65
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Servitri, M. O., & Trisnawaty, W. (2018). The Development of Inquiry Science Worksheet to Facilitate the Process Skills. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4), 575–580. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.8937. DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.8937
Siahaan, P., Dewi, E., & Suhendi, E. (2020). Introduction, Connection, Application, Reflection, and Extension (ICARE) Learning Model: The Impact on Students’ Collaboration and Communication Skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(1), 109–119. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v9i1.5547. DOI: https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v9i1.5547
Suparno, P. (2008). Riset Tindakan untuk Pendidikan. PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660
Suryanita, N. P., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 258–269. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.14282. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.14282
Sutarna, N., & Kusdiana, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing (Tari Bambu) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sdn 1 Cipedes. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, II(2), 251–260. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.560. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.560
Talitha, R. I., & Sari, T. C. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Menghargai Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Pada Pembelajaran Ips Kelas V Sdn Cijati. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(2), 231–241. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i2.29. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i2.29
Utami, L., Rahmatan, H., Hasanuddin, H., Nurmaliah, C., & Khairil, K. (2021). Penerapan Model Introduction Connection Application Reflection Extention (ICARE) Dipadu Modul Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 471–481. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.21273. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.21273
Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student’s Responses on Learning in the Early Covid-19 Pandemic. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 141–153. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6153. DOI: https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6153
Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13894
Yasa, N. Y. P., Astawa, I. W. P., & Sudiarta, I. G. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Berbantuan Masalah Matematika Terbuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP laboratorium Undiksha Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(1), 84. https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19921. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19921
Yumiati, Y., & Wahyuningrum, E. (2015). Pembelajaran Icare (Inroduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) Dalam Tutorial Online Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Ut. Infinity Journal, 4(2), 182. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.81. DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.81
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.