Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35695Abstract
Rendahnya hasil belajar IPA siswa disebabkan oleh kurangnya kegiatan ilmiah pada pembelajaran yang terkait dengan kehidupan nyata. Maka tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang, terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode nontes berupa observasi dan metode tes dengan memberikan tes pilihan ganda terdiri dari 15 butir soal. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, dengan menggunakan indikator keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Terjadi peningkatan hasil belajar IPA dari pra siklus adalah 64,1 kategori rendah dan meningkat menjadi 78,43 kategori sedang pada siklus I. Dilanjutkan pada siklus II menjadi 85,93 kategori tinggi. Persentase hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
References
Anjelina, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Mimbar Ilmu, 23(1), 21–32. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407
Ariyanto, S. R., Lestari, I. W. P., Hasanah, S. U., Rahmah, L., & Purwanto, D. V. (2020). Problem Based Learning dan Argumentation Sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 197. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2522. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2522
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10. 31004/basicedu.v2i2.137. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.41
Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 141–148. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.
Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article /view/26525.
Dewi, N. M. J., Putra, K. N. S., & Ganing, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 2017. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10657.
Emrisena, A., & Suyanto, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 205. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i2.1306.
Fatma, A. N., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 5(Desember), 23–29. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/cjipf.v5i1.4141.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
Fitriani, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA kelas III Pada Materi Perubahan cuaca di SDN 02 Manisrejo Kota Madiun Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Konferensi Ilmiah Dasar, 2(3), 44–52. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1467.
Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325
Kartika, N. W. B., Murda, I. N., & Putu Ari Dharmayanti. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/11005/7056.
Larasati, A. (2020). Improving The Quality Of Learning Through Implementation Of The Problem Based Learning Model For Social Interaction. Jurnal Diklat Keagamaan, 18(1), 68–78. https://doi.org/https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.202.
Marwati, I., Amiruddin, & Kaimuddin, L. O. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 7 Konda. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v4i1.14397. DOI: https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v1i3.14375
Nisa, N. C., Nadiroh, N., & Siswono, E. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 19(02), 1–14. https://doi.org/10.21009 /PLPB.192.01. DOI: https://doi.org/10.21009/PLPB.192.01
Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan PBL. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/ naturalistic.v3i2.391. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391
Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63
Putri, R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Gunung Malelo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 14–25. https://doi.org/10.31004/jrpp. v1i1.152. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.152
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3. p241-250. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250
Rosyid, H. N., Wahyono, U., & Darmadi, I. W. (2017). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Kit IPA Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMPN 1 Tomini. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 5(2), 30. https://doi.org/10.22487/j25805924.2017.v5.i2.8407. DOI: https://doi.org/10.22487/j25805924.2017.v5.i2.8407
Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problembased Learning (Pbl) Untukmeningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway Xvi. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 53–65. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/433.
Septya, E., Febriana, R., & Hafizah, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Penalaran Komunikasi Matematis Siswa. Letters of Matemahics Education, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22202/jl.2018.v4i2.2738. DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i2.2738
Setiyadi, M. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 22. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3710. DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3710
Shofiah, I. R., Bektiarso, S., & Supriadi, B. (2017). Penerapan Model POE ( Predict-Observe-Explain ) dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA & Retensi Siswa di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 356–363. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ JPF/article/download/6227/4621.
Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138
Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997
Suartika, I. K. A., Ardana, I. K., & Wiarta, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Word Square Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 3(1), 53. https://doi.org/10.23887 /ijee.v3i1.17656. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17656
Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.395. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.395
Sufiani, S., & Marzuki, M. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 121. https://doi.org/10.31332/ zjpi.v7i1.2892. DOI: https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2892
Suriasa, S. (2019). Melatih Karakter Siswa dan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 28. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5661. DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5661
Surya, D. G. W., Suranata, K., & Arini, N. W. (2020). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis untuk Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 492. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29435. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29435
Syafriana, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sdn 63 Surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7932. DOI: https://doi.org/10.24036/02017117932-0-00
Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8677. DOI: https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8677
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4c (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp. v4i2.179. DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179
Widayanti, R., & Nur’aini, K. dwi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1. 480. DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480
Wijayama, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas Vi. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 190–198. https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i2.23612.
Zahro, U. S., Ellianawati, & Wahyuni, S. (2019). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa. Unnes Physic Education Journal, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29488.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.