Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Authors

  • I Dewa Gede Suta Widura Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Arca Aspini SD Negeri 2 Banyuning, Kabupaten Buleleng

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35695

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA siswa disebabkan oleh kurangnya kegiatan ilmiah pada pembelajaran yang terkait dengan kehidupan nyata. Maka tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang, terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode nontes berupa observasi dan metode tes dengan memberikan tes pilihan ganda terdiri dari 15 butir soal. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, dengan menggunakan indikator keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Terjadi peningkatan hasil belajar IPA dari pra siklus adalah 64,1 kategori rendah dan meningkat menjadi 78,43 kategori sedang pada siklus I. Dilanjutkan pada siklus II menjadi 85,93 kategori tinggi. Persentase hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Author Biographies

I Dewa Gede Suta Widura, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar

Gede Wira Bayu, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ni Nyoman Arca Aspini, SD Negeri 2 Banyuning, Kabupaten Buleleng

SD Negeri 3 Banyuning

References

Anjelina, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Mimbar Ilmu, 23(1), 21–32. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Ariyanto, S. R., Lestari, I. W. P., Hasanah, S. U., Rahmah, L., & Purwanto, D. V. (2020). Problem Based Learning dan Argumentation Sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 197. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2522. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2522

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10. 31004/basicedu.v2i2.137. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.41

Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 141–148. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article /view/26525.

Dewi, N. M. J., Putra, K. N. S., & Ganing, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 2017. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10657.

Emrisena, A., & Suyanto, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 205. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i2.1306.

Fatma, A. N., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 5(Desember), 23–29. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/cjipf.v5i1.4141.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Fitriani, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA kelas III Pada Materi Perubahan cuaca di SDN 02 Manisrejo Kota Madiun Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Konferensi Ilmiah Dasar, 2(3), 44–52. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1467.

Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325

Kartika, N. W. B., Murda, I. N., & Putu Ari Dharmayanti. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/11005/7056.

Larasati, A. (2020). Improving The Quality Of Learning Through Implementation Of The Problem Based Learning Model For Social Interaction. Jurnal Diklat Keagamaan, 18(1), 68–78. https://doi.org/https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.202.

Marwati, I., Amiruddin, & Kaimuddin, L. O. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 7 Konda. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v4i1.14397. DOI: https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v1i3.14375

Nisa, N. C., Nadiroh, N., & Siswono, E. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 19(02), 1–14. https://doi.org/10.21009 /PLPB.192.01. DOI: https://doi.org/10.21009/PLPB.192.01

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan PBL. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/ naturalistic.v3i2.391. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391

Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63

Putri, R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Gunung Malelo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 14–25. https://doi.org/10.31004/jrpp. v1i1.152. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.152

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3. p241-250. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250

Rosyid, H. N., Wahyono, U., & Darmadi, I. W. (2017). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Kit IPA Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMPN 1 Tomini. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 5(2), 30. https://doi.org/10.22487/j25805924.2017.v5.i2.8407. DOI: https://doi.org/10.22487/j25805924.2017.v5.i2.8407

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problembased Learning (Pbl) Untukmeningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway Xvi. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 53–65. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/433.

Septya, E., Febriana, R., & Hafizah, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Penalaran Komunikasi Matematis Siswa. Letters of Matemahics Education, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22202/jl.2018.v4i2.2738. DOI: https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i2.2738

Setiyadi, M. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 22. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3710. DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3710

Shofiah, I. R., Bektiarso, S., & Supriadi, B. (2017). Penerapan Model POE ( Predict-Observe-Explain ) dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA & Retensi Siswa di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 356–363. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ JPF/article/download/6227/4621.

Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997

Suartika, I. K. A., Ardana, I. K., & Wiarta, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Word Square Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 3(1), 53. https://doi.org/10.23887 /ijee.v3i1.17656. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17656

Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.395. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.395

Sufiani, S., & Marzuki, M. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 121. https://doi.org/10.31332/ zjpi.v7i1.2892. DOI: https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2892

Suriasa, S. (2019). Melatih Karakter Siswa dan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 28. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5661. DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5661

Surya, D. G. W., Suranata, K., & Arini, N. W. (2020). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis untuk Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 492. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29435. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29435

Syafriana, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sdn 63 Surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7932. DOI: https://doi.org/10.24036/02017117932-0-00

Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8677. DOI: https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8677

Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4c (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp. v4i2.179. DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179

Widayanti, R., & Nur’aini, K. dwi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1. 480. DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480

Wijayama, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas Vi. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 190–198. https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i2.23612.

Zahro, U. S., Ellianawati, & Wahyuni, S. (2019). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa. Unnes Physic Education Journal, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29488.

Downloads

Published

2021-07-13

How to Cite

Widura, I. D. G. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 190–199. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35695