Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Model Pembelajaran Quantum
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.36069Keywords:
Quantum, keterampilan menulis permulaanAbstract
Kegiatan menulis masih sering kali dianggap sebagai kegiatan yang melelahkan. Kesulitan yang kerap muncul berkenaan keterampilan menulis permulaan adalah siswa belum bisa menulis huruf, kata dan kalimat dengan benar, jelas, dan rapi. Hal ini menyebabkan banyak siswa memiliki keterampilan menulis yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa melalui model pembelajaran quantum. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yang terlibat berjumlah 33 siswa yan terdiri atas 20 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan tes tertulis berupa tes uraian dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan yang dimaksud adalah peningkatan keterampilan menulis permulaan, persentase ketuntasan klasikal, dan aktivitas belajar siswa. Rata-rata akhir keterampilan menulis permulaan mencapai 75,15 yang termasuk pada kategori tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa tercapainya salah satu indikator keberhasilan PTK, yakni keterampilan menulis permulaan mencapai kategori tinggi. Persentase ketuntasan klasikal mencapai 76% yang termasuk pada kategori tinggi. Walaupun tergolong pada kategori tinggi, hasil ini belum mencapai target indikator keberhasilan yakni 80%. Selanjutnya, rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai skor 49,67 yang termasuk kategori tinggi. Maka, penerapan Model Pembelajaran Quantum meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan peningkatan pada aktivitas belajar siswa serta keterampilan menulis siswa.
References
Aka, K. A. (2016). Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 35 – 46. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.87. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.87
Anggraeni, S. W., & Alpian, Y. (2019). Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 181. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086
Aristhi, N. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(3), 327–337. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26096.
Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 31. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338
Azis, M. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan PAUD Di Kelompok Bermain Fun Islamic School. AL-Athfaal, 2(2), 100 – 110. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5927. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5927
Aziza, A. N., & Samawi, A. (2015). Pengaruh Media Playdough terhadap Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Tunagrahita. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 2(1), 57 – 63. https://doi.org/10.17977/um029v2i12015p57-63.
Bay, R. R. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Pembelajaran Saintifik dengan Menggunaan Media Gambar Foto di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Boameze. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 083–092. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1466. DOI: https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1466
Cahyaningrum, A. D., Yahya, A., & Asyhari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 372–379. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4363. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4363
Cahyati, S. Y., & Rhosalia, D. R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. PENSA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.36088/pensa.v2i1.601.
Christianti, M. (2015). Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042
Deporter, B., Reardon, M., & Sarah Singer-Naurie. (2017). Quantum Teaching Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Kaifa.
Fauziah, H. (2018). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Mi. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 173. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1241. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1241
Febriyanti, C., & Seruni, S. (2015). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161
Ginting, T. B., Putra, I. K. A., & Negara, I. G. A. O. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Menggunakan Media Film Animasi Terhadap Perkembangan Kemampuan Kosakata Pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11558.
Ingkir, Y., Wondal, R., & Arfa, U. (2020). Kegiatan membatik dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2043. DOI: https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2043
Juniantoro, F. D., & Abbas, N. (2018). Hubungan Teman Sebaya Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Joyful Learning Journal, 7(3), 29–38. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i1.25484.
Khoridah, F., Prasetiyawati, D., & Baedowi, S. (2019). Analisis Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Kemampuan Menulis Permulaan. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 396–403. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899
Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.
Lydia Ersta Kusumaningtyas, A. F. (2018). Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun. JURNAL AUDI, 2(2), 70–75. https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1971. DOI: https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1971
Maghfuroh, L. (2020). Kolase Daun Kering Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Parasekolah. Jurnal Endurance, 5(2), 403–412. https://doi.org/10.22216/jen.v5i2.4480.
Malik, A., & Afandi, M. (2020). Peningkatan Disiplin Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Kelas VII Mts NU Al Ishlah Binabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 7(1), 60 – 67. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67
Masliani, S. (2018). Peningkatan Intelegensi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Fungsi Logaritma Menggunakan Model Quantum Learning. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 70 – 81. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a7. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a7
Mustiko, A. B., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru , Kesiapan Belajar dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(1), 42–52. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa/article/view/39344. DOI: https://doi.org/10.26740/joaep.v1n1.p42-52
Naitili, C. A., Suardana, I. M., & Ramli, M. (2019). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(5), 660—667. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12463.
Natalita, R. K., Situngkir, N., & Rabbani, S. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas 1 SD. Journal of Elementary Education, 2(1), 18–25. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/download/3084/804.
Ndeot, F., Redy, P., Jaya, P., & Bali, E. N. (2020). Early Childhood Education and Development Studies (ECEDS) Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Selama Masa Pandemi Covid 19. ECEDS, 1(2), 1–8. http://journalecds.net/index.php/eceds.
Nevyanti, R. U., Hodidjah, & Respati, R. (2017). Media Puzzle Suku Kata dalam Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Kelas I Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 189–198. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2464
Ningrum, N. N. (2020). Pembelajaran Menggambar Melatih Motorik Halus Dan Sosial Bagi Anak. IRAMA, 2(2), 18–21. https://ejournal.upi.edu/index.php/irama/article/view/29974.
Pebriana, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD N 009 Bangkinang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.21. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.21
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
Putri, F. W., Hartati, T., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 155–166. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22916. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12463
R.L, M. A. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. TARBAWI, 9(2), 129–140. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v9i2.3201. DOI: https://doi.org/10.36781/tarbawi.v9i2.3201
Rahmadani, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas) Di Kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.586. DOI: https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.586
Ratnaningsih, S., & Nastiti, G. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 275. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3397. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3397
Riskayanti, S., & Suwardi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.567. DOI: https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.567
Sabaria R, A., Munir, A., & Metia, C. (2019). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Interaksi Teman Sebaya dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bebesen. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 1(2), 105–115. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v1i2.265. DOI: https://doi.org/10.31289/tabularasa.v1i2.265
Sapbrina, C. B., Bektiarso, S., & Prastowo, S. H. B. (2021). Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Aktivitas Dan Kesiapan Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Sukomoro. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 136. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4405. DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4405
Saragih, D. (2020). Stimulasi kemampuan menulis kata melalui media visual berupa gambar pada pelajaran bahsa Indonesia kelas II SD Negeri Kepahiang. Jurnal PGSD, 13(1), 1–8. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.13.1.1-8
Skaalvik, E. M., & Skaalvik, S. (2014). Teacher Self-Efficacy And Perceived Autonomy: Relations With Teacher Engagement, Job Satisfaction, And Emotional Exhaustion. Psychological Reports, 114(1), 68–77. https://doi.org/10.2466/14.02.PR0.114k14w0. DOI: https://doi.org/10.2466/14.02.PR0.114k14w0
Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905
Sulistyowati, T., Sugiharto, M. A., & Kumalasari, L. D. (2021). Pendampingan Pembelajaran Siswa Pada Era Pandemi Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Malang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 569–577. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.812.
Sunarti, S., Rahmawati, S., & Wardani, S. (2016). Pengembangan Game Petualangan “Si Bolang” Sebagai Media Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8365. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8365
Suttrisno, & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303.
Trisnayati, D., Suwatra, & Parmiti. (2013). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terpadu Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas II SD. Mimbar PGSD, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.815.
Utami, N. P. M. A., Ganing, N., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Suku Kata Berpegaruh Terhadap Keterampilan Menulis. Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 48–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27035. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27035
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
Widiyaningsih, E., & Pujiastuti, E. (2013). Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 98 – 104. https://doi.org/10.15294/kreano.v4i1.2886.
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019a). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) pada Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan, 8(2), 189 – 199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219.
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019b). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) pada Siswa Kelas II [ Study of Difficulty Learning to Read Beginning Writing (MMP) in Class II Students]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 189. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219
Widyaningrum, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Melalui contoh di Buku Halus dan Drill pada Peserta Didik Kelas 1 SDN Jajartunggal III Surabaya. Pendidikan Dasar, 1(1), 34–43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i01.722.
Yahya, H. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sms Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek, 5(1), 155–166.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.