PENERAPAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS III

Penulis

  • Ni Putu Tina Trisnawati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Rati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.16395

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn melalui penerapan quantum teaching berbantuan media audio-visual siswa kelas IIIA SD Lab Undiksha tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIA SD Lab Undiksha sebanyak 35 orang, yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 21 siswa laki – laki. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan persentase rerata hasil belajar PPKn sebesar 8% dari 83% berada pada kategori tinggi pada siklus I menjadi 91% berada pada kategori sangat tinggi pada siklus II. Selanjutnya peningkatan kuantitas siswa yang mendapat nilai minimal 85 mencapai 31,15% dari 22 siswa atau 62,85% pada siklus I menjadi 33 siswa atau 94% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model quantum teaching berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas IIIA SD Lab Undiksha tahun ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: audio-visual, hasil belajar PPKn,  quantum teaching

Referensi

Agung, A.A.Gede. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

-------. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

-------. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing

-------. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi Jakarta

DePotter, Bobby. 2014. Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka

Ratnadewi, I Dewa Ayu. 2016. Penerapan pendekatan Saintifik Dengan Seting Quantum Teaching Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Kelas IVB SDN 3 Ubung.

Rumapea,Goman. 2017. Application of Quantum Teaching Learning Model to Improve Student Learning Outcome. International Journal of Novel Research in Education and Learning. Vol. 4, Issue 2 (hlm.129)

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenanda Media Grup

Sugianto, 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta:Panitia Sertivikasi Guru (PSG) Raayon 13 Surakarta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Citra Umbara

Wena, Made. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Diterbitkan

2018-12-21

Cara Mengutip

Trisnawati, N. P. T., & Rati, N. W. (2018). PENERAPAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS III. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 145–154. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.16395

Terbitan

Bagian

Articles