PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19186Abstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah sebagai berikut. 1) Saat pembelajaran sedang berlangsung, siswa jarang memperhatikan guru. 2) Kurangnya pengetahuan guru tentang model-model pembelajaran. 3) Siswa jarang melakukan percobaan dan diberikan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV Gugus I Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 85 orang. Sampel penelitian ini adalah20 orang siswa kelas IV di SD Negeri 3 Kalianget dan 22 orang siswa kelas IV di SD Negeri 1 Joanyar. Data dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL)dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model project based learning (PjBL)adalah 22,15 tergolong kriteria sangat tinggi. Rata-rata hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional adalah 17,21 yang berada pada kategori tinggi, dan thitung = 6,31, ttabel = 2,021 pada taraf signifikan 5%. Hal ini berarti bahwa thitung>ttabel. Jadi model pembelajaran project based learning (PjBL)berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Gugus I Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: IPA, hasil belajar,PjBL
Referensi
Agustini, Eka dkk.2015.”Pengaruh Model Pembelajaran VCT Terhadap Hasil Belajar Ranah Afektif Mata Pelajaran PKn Siswa”.e-journal PGSD Undiksha. Vol.3 No. 1.
Chyntia Dewi, Ni Pt, dkk. 2017 “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V”.e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.Tersedia Pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10738/6844.(diakses tanggal 7 Desember 2017)
Edi Ananda, I Md. 2014.”Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Di Gugus V Kecamatan Tegallalang”.e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.Tersedia Padahttp://download.portalgaruda.org/article.php?article=105329&val=1342. (diakses tanggal 7 Desember 2017)
Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Rasana, I Dewa Putu Raka.(2009). Laporan Sabbatical Leave; Model-model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Rusman. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Penidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sudana, Dewa Nyoman dkk. 2016. Pendidikan IPA SD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajarn di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.