Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD

Penulis

  • Baiq Rohmi Khalida PPG PRAJAB UNDIKSHA 2020
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35552

Abstrak

Pembelajaran IPA masih cenderung dibelajarkan dengan menggunakan metode ceramah sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Metode Eksperimen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 20 orang siswa kelas VI SD. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tes dengan instrumen tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa dan observasi dengan instrumen berupa lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, siklus II, berturut-turut  adalah 74,6 dan 78,75 dengan ketuntasan klasikal 65% dan 90%. Presentase peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I sampai siklus II adalah 25%. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Referensi

Amalia, K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.33369/jip.3.2. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.3.2

Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Fitriani. (2019). Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA PADA Kelas IV SDN Topa Kota Baubau. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 122. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3111. DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3111

Fitrianingtyas, A., & Radia, A. H. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas iv SDN Gedanganak 02. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(6), 708–720. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/141.

Hastuti, E. S., & Hidayati, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Ditinjau Terhadap Hasil Belajar IPA Dari Kemampuan Komunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 25. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2562. DOI: https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2562

Hayuningtyas, N. E., Wijayanti, A., & Muhajir, M. (2018). Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar. Paedagogia, 20(2), 150. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.8906. DOI: https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.8906

Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik, 13(1). https://doi.org/10.17509/md.v13i1.7689. DOI: https://doi.org/10.17509/md.v13i1.7689

Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar : Masalah dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/1052.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Mariana, E. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Metode Eksperimen Dan Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlatul Quran Metro. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2). https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.1871. DOI: https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.1871

Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1). http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/214.

Nasihah, D., Banten, H., Gunawan, A., & Mastoah, I. (2020). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Motivasi Belajar IPA Di Kelas V Pada MI Sambilandak Mancak. Jurnal Kependidikan Dasar, 7(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/ibtidai.v7i02.3673.

Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135

Nurzaenah, E., & Pratama, D. F. (2021). Pembelajaran IPA Materi Sumber Energi Dan Kegunaannya Pada Siswa SD Kelas III Dengan Menggunakan Metode CTL. Creative of Learning Students Elementary Education, 4(4). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5509.

Oma. (2021). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Pengaruh Gaya Dalam Mengubah Gerak Suatu Benda. Jurnal Pedagogiana, 8(84). https://doi.org/10.47601/AJP.33. DOI: https://doi.org/10.47601/AJP.33

Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Publikasi Pendidikan, 8(1), 30. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4362. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4362

Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562

Pawero, D., & Vangino, A. M. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889. DOI: https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1). https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. https://ojs.unm.ac.id/index/index.

Rukinem, R. (2018). Penggunaan Metode Eksperimen untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Cahaya di Kelas V SDN 07 Silaut Kecamatan Silaut. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 34. https://doi.org/10.29210/02018189. DOI: https://doi.org/10.29210/02018189

Salamah, U., & Mursal. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menggunakan Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 59–65. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8408.

Sari, F. (2019). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 75. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i2.23. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i2.23

Sudrajat. (2018). Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Cia. Jurnal Petik, 4(1), 44. https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i1.6. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i1.6

Sunaiyah, S. (2018). Program Matrikulasi Pada Pembelajaran Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 1(1), 115–133. https://doi.org/10.33367/ijies.v1i1.525. DOI: https://doi.org/10.33367/ijies.v1i1.525

Suryani, S. (2018). Penerapan Metode Eksperimen dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(3), 529. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i3.520. DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i3.520

Susilo, A. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Pengukuran Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 542. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29861. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29861

Suwartini, sri. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan Penulis. Jurnal Pendidikan Ke-SD An, 4(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2119.

Warsiki, N. M. (2018). Implementasi Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15331. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15331

Widiyarti, G. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Metode Eksperimen. Jurnal Tarbiyah, 25(1). https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.236. DOI: https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.236

Wijayama, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(1), 190–198. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i2.23612.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614. DOI: https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Zulaekho, S. (2020). Penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi belajar IPA pada tema peristiwa dalam kehidupan bagi siswa kelas VA SD Negeri 2 Leteh kecamatan Rembang. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpd.v8i1.41027. DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v8i3.44678

Diterbitkan

2021-07-08

Cara Mengutip

Khalida, B. R., & Astawan, I. G. (2021). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 182–189. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35552

Terbitan

Bagian

Articles