Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35696Abstrak
Proses pembelajaran tematik (muatan IPA) di sekolah dasar cenderung masih kurang maksimal. Masih terdapat beberapa siswa yang tidak fokus saat belajar sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada tema 7 (muatan pelajaran IPA) siswa kelas V SD dengan menerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan II siklus pelaksanaan. Tiap-tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode non tes berupa observasi dan metode tes berupa lembar soal. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriftif, dengan menggunakan indikator keberhasilan. Hasil analisis siklus I diperoleh bahwa, hasil belajar IPA siswa masih berada di kategori rendah, dimana persentase rata- rata kelas yang diperoleh sebesar 63,7% dengan ketuntasan klasikal sebesar 45,7%. Pada siklus II, terdapat peningkatan hasil belajar IPA, dimana rata- rata kelas yang diperoleh sebesar 72,3. Setelah dikonversikan menunjukkan bahwa persentase hasil belajar siswa sebesar 72,3% berada pada kriteria sedang. Persentase ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus II mencapai 71,4%. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Referensi
Amalia, G. R., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 424–431. https://doi.org/10.5281/zenodo.3977422.
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.138
Anifa, R. tri, Zainil, M., & Pusra, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Kelas IV SD Negeri 20 Indarung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3278–3283. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1384. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1384
Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19389. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17279
Badria, S. H., Bennu, S., & Sukayasa. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Senilai. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 7(1). https://jurnal.fkip.untad.ac.id/ index.php/jpmt/article/view/446. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.105
Dewi, A. D. Y. rara, & Kristiantari, M. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(1), 75. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24479. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24479
Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i2.8605. DOI: https://doi.org/10.24036/02017128605-0-00
Fitriyanti, F., F, F., & Zikri, A. (2020). Peningkatan Sikap dan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Melalui Model PBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 491–497. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.376. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.376
Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34. http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i1p27-34. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p1-6
Fransiska, F., Sulistyarini, S., & Atmaja, T. S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Ppkn Kelas Vii Smp Santa Tarsisia Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(10). https://jurnal.untan.ac.id /index.php/jpdpb/article/view/29382.
Gray, M. R., Banerjee, D. K., Dudas, M. J., & Pickard, M. A. (2000). Protocols To Enhance Biodegradation of Hydrocarbon Contaminants in Soil. Bioremediation Journal, 4(4), 249–257. https://doi.org/10.1080/10889860091114220. DOI: https://doi.org/10.1080/10889860091114220
Haryati, N., Sudaryanto, & Dian, D. (2021). Discovery Learning Berbantuan Lkpd Interaktif Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri Banyuurip 1 Turi. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 1332–1343. http://eprints.uad.ac.id/21479/1/22.
Hazanah, & Zuryanty. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(4). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/9069. DOI: https://doi.org/10.24036/bmp.v8i2.105545
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 33–49. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280.
Irwan, V., & Mansurdin. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2097–2107. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.686. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107576
Islam, F. M., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan hasil Belajar IPA dalam Tema 8 Kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 613–628. https://e-jurnalmitrapendidikan. com/index.php/e-jmp/article/view/351.
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js. 2020.v10.i2.p103-111. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111
Kisworo, D. A., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2019). Perbedaan Efektivitas Group Investigation Dengan Problem Based Learning Terhadap Kerjasama Siswa Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas 5 Sd Gugus Joko Tingkir. Jurnal Basicedu, 3(1), 66–75. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.77. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.77
Mairina, V., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan pendekatan keterampilan proses di sekolah dasar. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 6(1), 34–39. http://dx.doi.org/10.29210 /3003720000. DOI: https://doi.org/10.29210/3003720000
Manobe, S. M., & Wardani, K. W. (2018). Peningkatan Kreativitas Belajar IPA Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 6(8). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo /article/view/12003.
Mariani, L. J., Suwatra, I. I. W., & Garminah, N. N. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus VI. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7235.
Mursid, K. B., Suryana, A., & Sugiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MI Al-Mursyid Citeureup-Bogor. Journal of Basic Educational Studies, 1(1). http://www.journal. laaroiba.ac.id/index.php/eduinovasi/article/view/242. DOI: https://doi.org/10.47467/edui.v1i1.242
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/ tarbawi.v4i01.1769. DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Nurzaenah, E., & Pratama, D. F. (2021). Pembelajaran Ipa Materi Sumber Energi Dan Kegunaannya Pada Siswa SD Kelas III Dengan Menggunakan Metode CTL. Creative of Learning Students Elementary Education, 4(4). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index. php/collase/article/view/5509.
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298
Sumardi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III A SDN 219 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(2). https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/68.
Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2). http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p116.
Wardani, N. S., & Putri, R. hapsari. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33195. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33195
Watipah, Y. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501
Yunitasari, I., Tyas, A., & Hardini, A. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. 5(4), 1700–1708. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.