Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia) Siswa Kelas III

Penulis

  • I Ketut Somoarta Cahyono Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35753

Abstrak

Rendahnya hasil belajar tematik siswa sekolah dasar kususnya pada muatan bahasa Indonesia cenderung disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) siswa kelas III dengan menerapkan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian, dimana masing-masing siklus memiliki 4 tahap pelaksanaan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun subjek penelitian yang diteliti adalah siswa kelas III Sekolah Dasar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif, dengan menggunakan indikator keberhasilan. Hasil analisis siklus I diperoleh bahwa, hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) siswa masih berada di kategori rendah, dimana persentase rata- rata kelas yang diperoleh sebesar 68,1% dengan ketuntasan klasikal sebesar 51,6%. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa dalam tindakan siklus I masih terdapat kendala atau hambatan, sehingga belum mencapai keberhasilan, maka dari itu penelitian dilanjutkan ke siklus II, dengan memperhatikan hasil refleksi siklus I. Pada siklus II penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) siswa, dimana persentase rata- rata kelas yang diperoleh sebesar 77,6%. Setelah dikonversikan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II berada pada kriteria sedang. Persentase ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus II mencapai 80,6% dan telah melampaui kriteria ketuntasan belajar siswa secara klasikal minimal 70% dari seluruh siswa telah mencapai nilai ≥ 70.  Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) siswa.

Biografi Penulis

I Ketut Somoarta Cahyono, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ni Wayan Rati, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580.

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957. DOI: https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789

Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/25.

Arnidha, Y. (2018). Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran Propinsi Lampung. International Journal of Community Service Learning, 2(1), 16. https://doi.org/10.23887 /ijcsl.v2i1.12904. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i1.12904

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Auliyana, S. N., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Christiana, P. P., Suniasih, N. W., & Suadnyana, I. N. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD Gugus VIII Sukawati. Mimbar PGSD, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887 /jjpgsd.v2i1.2031.

Defiyanti, & Sumarni, W. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Setelah Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 206–218. https://doi.org/10.21580 /phen.2019.9.2.4200. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4200

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/ view/26525.

Dewi, T. A., & Wardani, N. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 234–242. https://media.neliti.com/media/publications/266996-peningkatan-hasil-belajar-tematik-melalu-91eb4ac6.pdf. DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.8-14

Dharwisesa, M. W., Widiana, I. W., & Tegeh, I. M. (2020). Penerapan Model TTW Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 227. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28257. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28257

Fatmawati, E. T., & Sujatmika, S. (2018). Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 163. https://doi.org/10.30738/ wa.v2i2.2786. DOI: https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.2786

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 1(1). http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8404.

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp51-70

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/ jg.v5i1.1609. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Hazanah, & Zuryanty. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(4). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/9069.

Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh problem-based learning (pbl) terhadap keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10446.

Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10–22. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558. DOI: https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558

Ladimiyanto, A. (2014). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model TAI dan TPS terhadap Hasil Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 110–125. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9073.

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Lucya, C., & Anis, A. (2019). Pengaruh Teknologi Dan Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/jkep.v1i2.6261. DOI: https://doi.org/10.24036/jkep.v1i2.6261

Muchib, M. (2018). Penerapan Model PBL dengan Video untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 25. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356. DOI: https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356

Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 5(2), 165–170. https://doi.org/10.23887/ jear.v5i2.33269. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33269

Nasukah, B. (2018). Urgensi Dan Prinsip Penerapan Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis Pada Institusi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(1). http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3436.

Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Putri, R. E., & Zuryanty. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Studi Pendidikan Dasar, 3(2), 2656–6702. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php /JLLS/article/view/36995.

Ramawati, I. (2016). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 66. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3469. DOI: https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3469

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. https://ojs.unm.ac.id/index/index.

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501

Sartika, dewi. (2019). Pentingnya Pendidikan Berbasis Stem Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3). http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v3i3.797.

Somodana, W., & Sutresna, I. B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887 /jjpbs.v3i1.4773.

Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Sumardi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III A SDN 219 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(2). https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/68.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.7. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.150

Ulva, N., & Ahmad, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(5). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd /article/view/9954. DOI: https://doi.org/10.24036/bmp.v8i2.105545

Wicaksono, A. (2017). Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek. SHAHIH : Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(1), 67. https://doi.org/10.22515/shahih.v2i1.670. DOI: https://doi.org/10.22515/shahih.v2i1.670

Wulandari, N. I., Wijayanti, A., & Budhi, W. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 51. https://doi.org/10.29303/ jpm.v13i1.538. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.538

Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31186/jpmr.v2i2.3696.

Diterbitkan

2021-07-17

Cara Mengutip

Cahyono, I. K. S., & Rati, N. W. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia) Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 209–218. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35753

Terbitan

Bagian

Articles